Mengenal Berbagai Macam Genre Game

June 29, 2018
Suka main game? Kalau suka, sering main game yang bergenre apa? Tentu sebagai seorang yang doyan ngegame pasti tahu dong ada banyak sekali macam-macam genre game yang ada di dunia ini? Dan salah satunya yang sedang booming saat ini adalah MOBA dan FPS!

Tapi tahukah kamu bahwa sebelum MOBA merajalela seperti sekarang ini, genre yang cukup laris di pasaran adalah MMORPG dan Rhythm? Agar lebih mengerti lagi genre-genre game yang ada, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

MMORPG

MMORPG adalah singkatan dari Massive Multiplayer Online Role Playing Game. Bisa dilihat dari artinya bahwa di game ini pemain akan memiliki peran dari karakter tertentu dalam sebuah dunia virtual. Karakter ini akan tumbuh dan berkembang seiring dengan berjalannya permainan,

Lineage MMORPG Mobile

Pada jaman awal-awal berkembangnya game online dulu, game dengan genre MMORPG-lah yang paling laris. Sebut saja Ragnarok, RF Online, Perfect World, dan lain-lain. Bahkan Ragnarok yang menggunakan sistem pay to play pun memiliki jumlah pemain yang sangat banyak.

MMORPG biasanya memiliki gameplay yang cukup kompleks dan pemain harus sudah akrab dengan yang namanya grinding atau hunting dalam game. Seiring dengan naiknya level karakter, maka game akan semakin sulit.

FPS

FPS atau First Person Shooter merupakan game tembak menembak. Awalnya cukup populer dengan menggunakan sudut pandang orang pertama (mengingat kepanjangan FPS tadi), namun pada perkembangannya FPS bisa menggunakan sudut pandang orang ketiga dimana dikenal sebagai TPS atau Third Person Shooter. Perbedaannya adalah menggunakan TPS lebih miudah jika pemain bermain di handphone atau konsol.

Rules Of Survival FPS Mobile

Point Blank dan Counter Strike merupakan contoh game FPS yang cukup laris di masanya. Bahkan ada FPS yang digabungkan dengan genre MOBA seperti Overwatch. Dan di versi mobile, ada Free Fire atau PUBG yang menggabungkan genre shooting ini dengan Open World.

TCG

TCG atau biasa disebut Trading Card Game, merupakan permainan yang menggunakan kartu yang memiliki kekuatan dan kemampuan uniknya sendiri-sendiri. Mungkin pernah melihat Yu Gi Oh atau Duel Master? Ya, kedua permainan itu mengusung genre TCG.

Yu Gi Oh TCG Mobile

Sayangnya TCG biasanya menguras uang cukup besar, mengingat jika ingin mendapatkan kartu spesial, maka harus sering-sering membeli bundel kartu yang dijual di pasaran. Hal ini juga masih belum tentu pemain mendapatkan kartu yang bagus meskipun sudah membeli bundel dalam jumlah besar. Sehingga TCG tidak terlalu populer di kalangan masyarakat.

MOBA

MOBA (Massive Online Battle Arena) merupakan game yang dimainkan dengan jangka waktu pendek per permainannya. Para pemain akan dikumpulkan dalam satu arena dan diharuskan untuk menghancurkan markas musuh sambil mempertahankan markas miliknya.

MLBB MOBA Mobile

Pada awalnya, MOBA diciptakan sebagai pengganti genre-genre game lain yang mengutamakan uang untuk menang (kebanyakan game MMORPG) sehingga MOBA bisa dimainkan oleh siapapun asal memiliki kemampuan menyusun strategi yang baik. DotA adalah contoh MOBA yang cukup adil dan sangat mengutamakan skill dalam permainan.

Sayangnya, akhir-akhir ini mayoritas dari developer game memproduksi game MOBA yang berisi in app purchases atau Item Mall. Ini membuat game menjadi tidak seimbang dan terkesan Pay To Win.
Lebih lengkap tentang MOBA : Lika Liku, Sejarah Perjalanan, dan Pengertian Game MOBA

RTS

RTS atau Real Time Strategy merupakan game strategi yang mengharuskan pemain menggunakan kemampuannya untuk mengatur base atau markas miliknya sambil mengalahkan pemain lain dan mencari daerah kekuasaan sebanyak-banyaknya.

Ikariam RTS Mlobile

Travian dan Ikariam merupakan contoh game RTS yang sangat sederhana namun menarik. Elemen online dan multiplayer membuat game RTS semakin seru dan menyenangkan. Beberapa contoh game RTS jadul yang sangat terkenal di jamannya adalah Warcraft, StarCraft, dan Command and Conquer (CnC).

Rhythm

Rhythm merupakan game yang menggunakan irama lagu sebagai alur permainan. Audition AyoDance, Guitar Hero, dan VOS merupakan pelopor game Rhythm yang cukup sukses. Game rhythm biasanya juga digabungkan dengan dance, karaoke, atau dengan menggunakan alat musik asli.

Audition Ayodance Mobile

Cukup banyak bukan genre-genre game? Masih ada lagi contoh lain seperti Board Game, Arcade game, Sandbox, dan lain-lain. Namun karena terbatasnya waktu untuk genre lain akan dibahas di artikel selanjutnya. Ingat, bermain yang sehat dan tidak perlu bertikai di dalam game karena game diciptakan untuk bersenang senang!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *