Lika Liku, Sejarah Perjalanan, dan Pengertian Game MOBA

March 22, 2018
Game MOBA atau yang merupakan singkatan dari Massive Online Battle Arena, merupakan game yang sedang booming akhir-akhir ini. Game dengan konsep menjaga base sendiri dan menghancurkan base lawan ini memiliki keunikan dan keseruan tersendiri saat memainkannya. Namun, tahukah anda kalau game MOBA dulunya tidak seperti yang sekarang ini?

Pada awalnya MOBA dipopulerkan oleh Warcraft, yang merupakan game bergenre RTS (Real Time Strategy) di salah satu mode permainnya yang disebut DotA (Defense of the Ancients) yang pada akhirnya semua game dengan genre MOBA selalu diidentikan dengan DotA ini.

Menggunakan hero-hero yang tersedia di Warcraft dan konsep 3 lane 5 versus 5, DotA memberikan keseruan bermain yang lain dari yang lain. Keterampilan dalam menggunakan skill, menggunakan item, dan menguasai tipe hero membuat game DotA ini menjadi game yang murni menggunakan skill, tanpa uang sepeser pun. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa game bergenre MOBA banyak digandrungi oleh para pemain.

MOBA Game

Sejak pihak Blizzard (selaku developer dan publisher Warcraft) mendukung battle net, maka game DotA ini mulai bisa dimainkan secara online dengan pemain lain. Para pemain pun berlomba-lomba mematangkan skillnya dalam bermain game ini. Beberapa diantaranya bahkan rela membeli mouse gaming (di mana tombolnya bisa diatur sesuai dengan shortcut skill DotA yang berbeda-beda untuk tiap hero), sehingga tidak perlu menghafal lagi letak shortcut skill.

Seiring berjalannya waktu, beberapa developer dan publisher game pun mulai mengetahui bahwa MOBA memiliki pangsa pasar yang bagus. Beberapa pesaing DotA pun mulai bermunculan. Mulai dari Heroes of Newerth (HoN) dan League of Legends (LoL) dirilis dan menghiasi ragam game MOBA di dunia ini.

LYTO, yang merupakan salah satu publisher game terbesar di Indonesia merilis AVALON yang merupakan game online MOBA pertama yang dibawanya. Sayangnya, AVALON dinilai terlalu komersial sehingga menghilangkan esensi dan keunikan awal dari game genre MOBA itu, dimana game MOBA lebih mengutamakan skill dan bukannya uang. Maka, AVALON tidak terlalu laku di pasaran. Padahal dari segi grafis dan gameplay AVALON memiliki konsep yang cukup menarik.

Selama bertahun-tahun, pasar MOBA tetap dikuasai oleh Blizzard dan ia pun mulai merilis DotA secara independen (keluar dari Warcraft) yaitu DotA 2 untuk para pemain PC. Dimana DotA 2 sudah jauh lebih bagus grafis dan pilihan hero yang lebih beragam.

Nah, saat ini adalah era mobile gaming mulai booming. Sayangnya, Blizzard terkesan tutup mata terhadap pasar mobile gaming dan tak kunjung merilis DotA untuk mobile, sehingga beberapa developer game pun menyadari ini dan langsung mencuri start. MLBB (Mobile Legends Bang Bang) yang dirilis oleh Moontoon pun langsung meledak begitu dirilis secara official di Google Play Store. Mobile Legends Bang Bang pun mulai meramaikan pasar MOBA dalam ranah mobile game di berbagai belahan dunia.

Perlahan berbagai kompetitor pun bermunculan dengan inovasi yang lebih baik dari MLBB. MLBB ternyata memiliki banyak kekurangan, seperti grafis yang kurang bagus maupun kontrol analog yang dinilai tidak cocok untuk game MOBA (meskipun sebenarnya MOBA dengan kontrol analog sudah ada di versi konsol).

Salah satu kompetitor MLBB, Vainglory yang dirilis oleh Super Evil Megacorp ternyata menggunakan sistem point and click dimana sistem ini merupakan sistem kontrol yang sama dengan DotA. Sayangnya, pada awal rilis Vainglory hanya mendukung sistem battle 3 versus 3 dengan 1 lane yang membuat game ini menjadi tidak meledak.

Cukup panjang sejarah game genre MOBA ini sebelum akhirnya bisa meledak dan sukses di pasaran seperti sekarang. Dulunya, game dengan genre open world dan MMORPG-lah yang laku di pasaran. Saya tegaskan di artikel ini bahwa bagi para pemain MOBA, tidak ada gunanya anda saling menghina dan mengejek game lain. Ingat, esensi dalam game MOBA awalnya adalah mengedepankan skill bermain, bukannya saling ribut satu sama lain.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *