Pleco, Aplikasi Kamus Mandarin Elektronik Berlogo Ikan

November 20, 2015
Mencari arti kata baru Mandarin lewat kamus konvensional? Hmm.... mungkin hari ini mencari, tahun depan baru dapat artinya. Mengapa? Karena, pada Kamus Mandarin konvensional, daftar kata diatur berdasarkan radical dan ini berarti anda harus memelototi kamus anda untuk mencari arti kata tersebut. Belum lagi, kalau radical tersebut menyusun banyak huruf, mau berapa lama?

Tapi kalau mau pakai kamus elektronik, brand apa yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia? Pleco, adalah salah satu aplikasi kamus elektronik Mandarin - Inggris yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Selain fiturnya yang lengkap dan penggunaannya yang praktis, kamus ini juga tersedia untuk perangkat android dan iOS jenis apapun. Anda pun bisa mencari arti kata dengan mudah tanpa perlu banyak usaha.

Pleco Handwriting


Untuk metode pencariannya sendiri ada 3 jenis. Yaitu, handwriting, input keyboard (pinyin dan Bahasa Inggris), dan yang terakhir adalah radical seperti pada kamus konvensional. Untuk handwriting, pleco melihat karakter berdasarkan apa yang tertulis di layar anda, bukan berdasarkan jumlah dan urutan goresan (Seperti pada Hanzi Recognizer) sehingga anda tidak perlu menghafal urutan goresan terlebih dahulu.

Masuk ke dalam hasil pencarian, di dalam hasil pencarian terdapat hanzi, pinyin, zhuyin (harus diatur sendiri), lalu tentu saja ada artinya, contoh kalimat, karakter penyusun, radical, dan yang terakhir adalah contoh kata yang menggunakan hanzi tersebut. Sebagai tambahan, juga ada measure word (kata satuan) untuk hanzi yang bersangkutan (Misalnya jika kita mencari 米 maka akan muncul satuannya yaitu 碗).

Pleco Result

Kelebihan Pleco ini adalah fiturnya yang sangat lengkap dan ada juga sesi tes, dimana anda bisa menguji seberapa banyak anda menguasai kosakata mandarin. Tes ini dibuat beradasarkan standar daftar kosakata tingkatan HSK dari level 1 sampai 6. Cukup membantu bukan?

Tips : Anda bisa menggunakan huruf "v" untuk mewakili pinyin sheng mu "u smile"

Ada lagi fitur OCR (Download terpisah) atau Optical Character Recognizer yang juga sudah mendukung deteksi tulisan tangan sekalipun. Artinya, hanya dengan mengaktifkan kamera atau menggunakan gambar yang tersimpan, anda bisa langsung mencari arti dari hanzi. Namun, untuk versi demo hanya sebatas memperlihatkan hanzi dan pinyin saja, sedangkan untuk versi PRO baru ada artinya.

Jika anda tertarik anda bisa langsung mendownloadnya di https://www.pleco.com/ dan ikuti petunjuk disana. Atau bisa langsung lewat Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
Anggara Dwi
AUTHOR
November 22, 2015 at 9:55 PM delete

boleh dicoba nih kamus gan

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *