Cara Penggunaan 3 Macam Partikel de (的,得,dan, 地) Bahasa Mandarin

Penggunaan partikel "de", dalam Bahasa Mandarin biasanya menjadi hal yang ambigu terutama di kalangan orang yang baru mengenal "de" ini. Salah satu penyebabnya adalah "de" itu sendiri ada 3 macam. Yang pertama dan sering digunakan adalah 的 lalu ada 得 dan 地.

3 Partikel de

Kebingungan yang timbul, biasanya disebabkan dari kurang pahamnya aturan dalam penggunaan dari masing-masing "de" tadi. Nah, di sini saya akan membantu anda agar lebih memahami dalam membedakan penggunaan dari 3 macam "de" tadi, silahkan disimak.

的 (de) digunakan untuk bentuk  kepemilikan


Partikel 的 ini memiliki rumus umum 主词 (zhu ci = subjek) + 的 + 宾语 (objek) dan bisa ditambahkan kata keterangan tambahan seperti kata sifat (形容词) atau keterangan (定语). 的 ini juga bisa digunakan untuk menjelaskan sesuatu (misal menjelaskan kalau sepeda ini dibeli dari beijing). Berikut contoh kalimatnya:
这是我的自行车 (zhe shi wo de zi xing che) Ini adalah sepeda saya
atau
这辆自行车是从北京买的 (zhe liang zi xing che shi cong bei jing mai de) Sepeda ini belinya dari beijing

得 (de) digunakan untuk dijelaskan menjelaskan (DM)


Partikel 得, bisa dikatakan sebagai "dijelaskan menjelaskan" dalam Bahasa Indonesia. Mengapa? Karena 得 digunakan untuk menjelaskan kondisi terjadinya suatu kejadian. Contohnya, anda menjelaskan kalau dia larinya cepat (他跑得非常快 ta pao de fei chang kuai). Partikel 得 ini juga bisa diartikan sebagai "dei" (harus).

得 ini memiliki rumus umum 动词 (kata kerja) + 得 + 副词.(kata keterangan). Untuk mudahnya, 得 diletakkan di belakang kata kerja yang ingin dijelaskan.

地 (de) digunakan untuk menjelaskan dijelaskan (MD)


地 memiliki rumus kebalikan dari 得, namun fungsinya sama (hanya strukturnya saja yang dibalik). Misalnya:
学习得好好 (xue xi de hao hao) Belajar dengan baik
Bisa dibalik menjadi:
好好地学习 (hao hao de xue xi) Belajar dengan baik
Namun artinya tetap sama, tergantung dari frasa yang digunakan sebelumnya.  Sederhananya, 地 digunakan untuk menjelaskan 副词 (kata keterangan), namun jika dalam kondisi 副词 terletak di depan.

Mungkin untuk beberapa waktu akan terlihat membingungkan dan sering terbolak balik. Namun, kalau sering digunakan, pasti bisa dan terbiasa kok. Semoga lancar ya belajar Bahasa Mandarinnya.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Cara Penggunaan 3 Macam Partikel de (的,得,dan, 地) Bahasa Mandarin"