Punya Ilmu Lebih? Gunakan Fasilitas Ini Untuk Berbagi

August 20, 2015
Sebelumnya, saya sudah mempublikasi artikel tentang cara menggunakan internet untuk tujuan positif. Nah, sebagai tindak lanjutnya, saya akan memberi tahu anda fasilitas atau situs internet yang bisa anda manfaatkan demi mencapai internet sehat. Apa saja itu?

Ada beberapa cara untuk berbagi ilmu. Fasilitas yang ada biasanya berupa forum, CMS (Content Management System),  Wikia, atau online shop. Khusus wikia, sepertinya masih belum banyak orang yang menggunakan fasilitas ini karena memang belum terlalu familiar. Tahukah anda kalau anda bisa membuat situs sendiri yang nantinya memiliki subdomain wikia.com dan bisa diedit secara bebas oleh pengunjung? Simak terus jika anda ingin tahu yang lainnya.

1. Yahoo! Answers


yahoo answers

Yahoo! Answers merupakan situs forum tanya jawab terpopuler. Meskipun sekarang tidak terlalu ramai, tapi kebanyakan orang yang berkecimpung di sana adalah orang yang cukup berilmu. Jawaban yang diberikan biasanya juga cukup profesional, terlepas itu merupakan tautan ke sumber atau berupa jawaban langsung. Hal tersebut juga tergantung dari pertanyaannya. Situs ini juga mendukung berbagai bahasa internasional.

2. Baidu Zhidao (百度知道,你就知道)


baidu zhidao

Anda fasih dalam Bahasa Mandarin (Aksara Sederhana)? Mungkin anda bisa berbagi di ilmu di forum tanya jawab asal Tiongkok ini. Untuk sekedar informasi, Tiongkok merupakan negara yang agak tertutup dari dunia luar (buktinya banyak situs terkenal yang aksesnya dicekal oleh negara tersebut). Salah satu faktanya adalah banyak dari mereka yang tidak terlalu mengerti tentang dunia luar (bahkan blog pun ada yang tidak mengerti). Nah, jika anda ingin terlihat keren dihadapan mereka, anda bisa berbagi ilmu tentang dunia luar disana. Siapa tahu anda bisa terkenal.

3. Brainly.co.id


barinly

Ini adalah salah satu forum yang cukup unik. Mengapa? Karena forum ini ditujukan untuk para pelajar yang ingin menanyakan pekerjaan rumahnya. Forum ini dikhususkan untuk anak dengan tingkat pendidikan dari SD hingga SMA. Ada juga sistem poin yang berguna untuk menunjukkan siapa yang paling pintar. Uniknya, untuk menghindari jawaban nyampah, anda dilarang menjawab menggunakan teknik copy paste. Satu lagi, setiap pertanyaan bisa dijawab paling banyak hanya 2 orang, tapi anda bisa melapor ke moderator apabila jawaban yang ada dirasa tidak relevan (yang kemudian membuka kesempatan yang lain untuk menjawab) atau memberi terima kasih sebagai penghargaan kepada penjawab yang paling baik.

4. Situs Nitizen Journalist (VivaLog, Kompasiana, Citizen6)



Punya pengalaman atau ilmu yang bisa dibagikan? Cukup gunakan situs yang saya sebutkan tadi. Disana, anda akan berperan sebagai netizen (Internet Citizen) Journalist, dimana semua artikel yang ada di situs kompasiana ini berasal dari orang bebas bukan dari tim redaksi. Artikel yang ditulis juga harus minimal mengandung 100 kata. Dan jika artikel yang anda tulis memiliki nilai yang tinggi, maka kemungkinan artikel anda bisa bertengger di bagian popular.

5. Wikia


wikipedia wikia

Wikia yang paling terkenal adalah wikipedia. Situs yang berbasis wikia, semua artikelnya bisa disunting ataupun menambah artikel baru oleh para pengunjung. Tentunya yang menyunting juga harus berwawasan luas dan benar-benar tahu apa yang sedang ditulis karena jika anda sembarangan menyunting artikel di wikipedia, maka anda pasti kena banned. Oh ya, anda juga bisa membuat situs wikia sendiri secara gratis.

6. Blog


blogger blogspot

Kalau yang ini sepertinya semuanya sudah tahu ya. Yup, blog merupakan platform CMS yang mudah untuk digunakan. Apa maksud dari CMS? Maksudnya anda tidak perlu menguasai coding sampai tingkat tertinggi jika ingin mulai membuat situs. Hari ini membuat, hari ini juga anda bisa berbagi apapun. Blog merupakan media berbagi paling bebas jika dibandingkan dengan yang lain. Namun berbagi menggunakan blog juga memiliki resiko, yaitu ada kemungkinan artikel anda tidak akan ada yang membaca karena anda harus menguasai teknik SEO dan blog promote yang baik.

7. Online Shop


tokopedia

Ada barang yang ingin dijual? Jual saja di toko online. Toko online merupakan cara paling efektif dan mudah untuk mempromosikan barang dagangan. Anda bisa menjual barang menggunakan situs milik sendiri atau situs orang lain seperti tokopedia atau yang lainnya. Satu saran untuk anda semua yang berjualan di online shop, jaga kejujuran anda jika ingin usaha anda berkembang.

Peringatan untuk para webmaster maupun blogger, bahwa setiap situs memiliki kebijakan sendiri-sendiri dalam melakukan taut menaut. Harap perhatikan Terms Of Services sebelum menanamkan link pada situs yang saya sebutkan, atau anda akan dinilai sebagai pengunjung yang tidak berkualitas
Daripada internet buat update status galau melulu,  kan lebih baik berbagi ilmu. Karena berbagi itu indah, benar tidak sob?

Baca juga : Manfaatkan Internet Untuk Hal Positif

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
Wahyu Perwira
AUTHOR
August 21, 2015 at 1:17 PM delete

Brainly , yahoo answers kalau mandarin ga bisa saya :3
Jangan lupa bw balik ya gan

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *