Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia Ke 70

August 17, 2015
Sudah tanggal 17 Agustus nih! Sudah pada upacara belum? Bagaimana perilaku anda saat upacara? Sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya untuk menunjukkan sikap yang baik saat upacara bendera mengingat pada jaman dulu, mengibarkan bendera tidak semudah sekarang.

Dirgahayu Indonesia Ke 70

Saya sedikit berbagi pengalaman saya hari ini. Saya bersama siswa seluruh SMA sekomplek, merayakan upacara bersama dengan beberapa undangan di lapangan besar dekat sekolah saya. Upacara yang berlangsung (kalau menurut saya) tidak sesuai dengan yang diharapkan. Proses pengibaran bendera tidak berjalan lancar, dimana tali tiang bendera ternyata macet dan tidak bisa ditarik. Sebenarnya, itu bukan masalah yang utama karena itu hanyalah masalah teknis. Namun, yang saya sayangkan adalah peserta upacara yang tidak bisa menjaga dirinya.

Bayangkan saja, setiap kegiatan dalam upacara, hampir semuanya dikomentari. Karena pemimpin upacaranya adalah dari pihak TNI, maka suaranya pasti lantang dan keras. Sayangnya, hal tersebut malah diberi komentar yang tidak pantas. Banyak dari para peserta mengatakan kalau suara sang pemimpin upacara ngajak berantem. Apa maksudnya? Ada lagi masalah lain, saat berdoa, banyak yang celometan mengatakan "amin" padahal doanya belum selesai. Aneh kan? Padahal doa tersebut berisi permohonan agar kemerdekaan negara ini terus terjaga, namun mereka malah tidak menghargai doa yang maha mulia ini. 

Mungkin karena mereka belum pernah merasakan dijajah kali ya? Sehingga berani melakukan hal yang tidak pantas seperti yang disebutkan diatas. Jujur saja, negara ini merdeka atas pengorbanan nyawa dari pahlawan, tapi mengapa hanya upacara bendera saja tidak bisa menahan diri untuk tenang dan tertib selama 2 jam?

Kemerdekaan tidak mudah untuk didapatkan. Pengaruh budaya asing yang tidak terseleksi merusak nasionalisme negara kita. Mau sampai kapan seperti ini?

Yang paling miris adalah ketika tanggal 17 Agustus tapi ada sekolah yang libur, tidak mengadakan upacara. Bagaimana ini? Kalau kita yang cuma melanjutkan saja tidak mampu, bagaimana kalau kita yang mencarinya?

Mau dilanjut? Silahkan. Negeri ini akan berangsur angsur tergusur oleh perkembangan jaman. Jika tidak ingin, segera perbaiki sikap yang menginjak negara sendiri. Semoga kedepannya negeri ini bisa semakin baik dan bukannya terus terpuruk seperti sekarang. Ingat sekali lagi, mendapat kemerdekaan tidaklah mudah.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 Comments

Write Comments
Andik Channel
AUTHOR
August 17, 2015 at 9:51 AM delete

Iya,, gan jaman sekarang Anak muda/kecil banyak yg clometan kayak anak yg tidak berpendidikan,, kalo mau bilang ini itu,entar di sangka ngatur, gtu kan susah,,

Reply
avatar
adam sy
AUTHOR
August 17, 2015 at 10:13 AM delete

Sesungguhnya sekolah yg meliburkan itu tidak mempunyai jiwa kbangsaan gan..

Reply
avatar
August 17, 2015 at 10:52 AM delete

Selamat hari kemerdekaan indonesia bro he he , sangat bermanfaat nice info.

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *