Mengenal Liang Ci, Satuan Pada Bahasa Mandarin (Bagian Satu)

量词,bagi para pelajar bahasa mandarin, liang ci atau yang biasa disebut kata satuan ini juga bisa menjadi momok tersendiri. Mengapa? Selain karena jumlahnya yang banyak, beberapa kata satuan juga bisa berfungsi sebagai benda itu sendiri (contohnya pada 盘 yang berguna sebagai satuan 'piring' dan bisa juga diartikan sebagai piring apabila dituliskan 盘子).

Tidak terhitung berapa jumlah liang ci dalam Bahasa Mandarin. Memang kita bisa menggunakan 个 sebagai kata satuan universal, namun sayangnya kita tidak bisa melakukan hal tersebut di saat - saat tertentu (waktu ujian contohnya). Selain itu, terkadang liang ci juga memiliki arti lain dan penggunaan yang lain juga.

liang ci

Cara peletakkan liang ci adalah di depan subyek (jika itu adalah kalimat interogatif) atau di depan obyek (jika itu adalah kalimat imparatif atau deklaratif). Liang ci juga bisa dijadikan sebagai kata ganti. Berikut contohnya.
Interogratif : 你什么时候买这摩托车? ni shen me shi hou mai zhe liang mo tuo che? (Kamu kapan membeli sepeda motor ini?)
Imparatif : 我真的忘记带那书 wo zhen de wang ji dai na ben shu (Saya benar-benar lupa membawa buku itu!
Deklaratif : 明天我要去那商店 ming tian wo yao qu na jia shang dian (Besok saya mau pergi ke toko itu.
Kata ganti : 这书比那贵多了 zhe ben shu bi na ge gui duo le (Buku ini dibandingkan buku itu jauh lebih mahal

Disini saya akan memperkenalkan beberapa liang ci beserta contoh penggunaannya sekaligus fungsi lainnya.

1. 把 (ba)


把 digunakan untuk satuan tangkai (payung contohnya). 把 juga digunakan untuk mengindikasikan kalimat sebagai kalimat aktif. Terkadang. cara penggunaannya cukup membingungkan dan memiliki lawan yaitu 被 (bei) yang mengindikasikan kalimat sebagai kalimat pasif.
Contoh untuk liang ci : 我有一雨伞 wo you yi ba yv san (Saya memiliki 1 buah payung)
Contoh kalimat aktif : 请这张桌子擦一下 qing ba zhe zhang zhuo zi ca yi xia (Tolong lap meja ini sebentar)
把 menggunakan komponen tangan dan radical 巴 (ba) sebagai komponen bunyi.

2. 斤 (jin)


斤 digunakan untuk satuan ukuran berat. Setiap satu 斤 nilainya setara dengan 600 gram. Dalam Mandarin, kita juga bisa menggunakan satuan 公斤 untuk mendefinisikan 1 kilogram. Satuan 斤 digunakan untuk mengukur berat biasanya digunakan ketika kita akan membeli buah atau dumpling (饺子).
Contoh penggunaan : 草莓多少钱一?cao mei duo shao qian yi jin (Strawbery 600 gram berapa harganya?)
斤 juga berlaku sebagai radical (contohnya 近 (jin)) dimana dia berlaku sebagai komponen bunyi.

3. 壶 (hu)


壶 digunakan untuk satuan teko (biasanya teko teh). 壶 ini adalah ukuran teko teh standar yang biasa digunakan di restoran - restoran. Terdapat komponen tanah 土 (tu) yang mengindikasikan kalau teko pada jaman dahulu terbuat dari tanah.
Contoh penggunaan : 再来一花茶 (Minta satu teko teh bunga lagi)

4. 个(ge)


个 merupakan satuan universal dalam Bahasa Mandarin. Jika anda malas menghafalkan semua liang ci yang ada, maka anda bisa menggunakan 个 sebagai gantinya. Namun, sangat disarankan untuk tidak hanya menggunakan 个, karena 个 tidak bisa digunakan sebagai satuan panjang, berat, tinggi, dan pengukuran berstandar internasional lainnya. Selain itu, penggunaan luas 个 hanya bisa digunakan dalam bahasa sehari-hari dan nonformal. Dalam Bahasa Indonesia, 个 bisa didefinisikan sebagai sebuah.
Contoh penggunaan : 这手机真毛病! zhe ge shou ji zhen mao bing! (Telepon selular ini benar-benar bermasalah)

5. 张(zhang) 

张 adalah satuan untuk barang-barang yang terbuat dari kertas. 张 juga bisa berarti lembar, namun anehnya 张 juga bisa digunakan sebagai satuan untuk meja. Di Tiongkok, 张 merupakan salah satu dari 5 marga terbesar di Tiongkok.
Contoh penggunaan liang ci : 我要买一飞机票 (Saya mau membeli selembar tiket pesawat terbang)
Contoh penggunaan marga : 福来 zhang fu lai
di dalam karakter 张, terdapat radikal 长 (chang) sebagai komponen bunyi. Mengapa di komponennya menggunakan 长? Dalam deretan pinyin, ch dan zh masih berada dalam satu baris.

Masih banyak lagi kata satuan lainnya, namun karena keterbatasan waktu saya mengetik, maka akan saya publikasikan di artikel selanjutnya. Just stay tune! Salam!
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Mengenal Liang Ci, Satuan Pada Bahasa Mandarin (Bagian Satu)"