Pengertian Dan Jenis Visitor Website

Lalu lintas pengunjung (Visitor) dalam dunia maya tidak akan pernah berhenti bahkan satu detik pun. Ada saja yang dicari oleh mereka, dan para visitor ini adalah target utama dari para pembuat website saat menjajakan jasanya. Ternyata visitor-visitor yang berkunjung ke situs anda tersebut dibagi menjadi beberapa jenis. Secara gars besar jenis visitor dibagi menjadi 2 yaitu visitor organik dan anorganik. Visitor organik adalah visitor yang berasal dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, maupun Bing. Sedangkan visitor anorganik adalah visitor yang berasal dari situs yang kita tanamkan link maupun direct visitor.


visitor types

Jika ditilik dari sumbernya, secara khusus jenis visitor ini dibagi menjadi beberapa kategori lagi antara lain :
  1. Direct visitor : Visitor yang mengunjungi situs anda dengan menuliskan link web secara langsung, biasanya direct visitor mengunjungi situs anda dengan alasan situs anda unik, menarik, dan berkesan bagi mereka. Hal ini juga berlaku apabila seseorang melakukan Bookmark terhadap situs anda
  2. Referral visitor : Suka menanam backlink? Visitor jenis ini berasal dari situs lain yang tidak terkategori yang ditanami backlink. Entah itu iklan atau sekadar tukar link biasa. Jumlah referral visitor biasanya digunakan untuk penghitungan biaya iklan PPC (Pay Per Click) dimana biaya pemasangan iklan dihitung berdasarkan jumlah orang yang melakukan klik.
  3. Social Visitor : Visitor jenis ini adalah visitor yang berhasil menemukan situs anda di web yang berkategori sebagai social media. Jika sebuah situs memeliki jumlah kunjungan dari visitor jenis ini yang tergolong tinggi, maka situs tersebut akan memiliki peluang untuk menjadi Hot Topics di jejaring social tersebut.
  4. Organic Search Visitor : Inilah visitor dengan grade paling tinggi. Mengapa? Karena mereka mengunjungi situs anda berdasarkan kebutuhan mereka. Organic search visitor sangat diperlukan untuk penghasilan AdSense karena iklan yang muncul akan disesuaikan dengan kueri yang mengarah ke situs. Hal ini yang menjadikan mereka menjadi prioritas nomor satu bagi para pelaku SEO. Semakin banyak visitor organic semakin besar pula kemungkinan penghasilan anda meningkat.
  5. Bot Visitor : Ini adalah visitor paling tidak berguna yang pernah ada. Visitor ini asalnya dari software-software boting maupun auto visitor. Jika situs anda memiliki banyak bot visitor, maka bisa dipastikan bounce rate situs anda juga tinggi. Mengapa? Karena bot visitor ini tidak akan melakukan apa-apa di situs anda, dan berpotensi bisa menurunkan kualitas dan kredibilitas blog anda di mesin pencari.
Kebanyakan dari kita pasti memiliki visitor jenis direct dan social. Sedangkan paling jarang adalah organic search visitor. Karena untuk direct dan social sangat mudah mendapatkannya yaitu hanya dengan melakukan blogwalking atau memasang iklan, sedangkan visitor organic search baru bisa didapatkan apabila situs kita secara kebetulan ditemukan oleh orang yang sedang searching.

Berikut akan saya jabarkan jenis visitor berdasarkan kegiatannya. Apa gunanya saya sharing bagian ini? Bagian ini hanya berguna sebagai refleksi bagi kita, apakah kita melakukan aktivitas yang memiliki nilai tambah bagi si pemilik web dan kita sendiri.
  1. Spammer Visitor : Ini adalah jenis yang paling dibenci. Biasanya mereka akan meninggalkan link di kotak komentar yang disediakan dengan tujuan untuk meningkatkan PageRank situs yang mereka miliki. Jelas ini adalah tindakan egois karena situs yang mereka spam bisa mendapatkan pinalti dan ditendang dari SERP.
  2. Advertiser Visitor : Ini adalah pengunjung yang saya bilang memiliki keuangan yang parah, tapi ingin beriklan. Mereka akan berusaha meletakkan jasa mereka di manapun, entah di kotak chatting maupun komentar. Visitor jenis ini juga sering disebut "pengiklan nggak modal" (Source : Blog Kang ismet).
  3. Silent reader : Visitor jenis ini adalah yang paling mendominasi. Mereka hanya membaca artikel anda tanpa tindak lanjut apapun. Biasanya mereka hanya membutuhkan informasi saja, setelah mereka mendapatkannya, mereka menghilang tanpa memberi feedback apapun.
  4. Active Visitor : Inilah tipe visitor yang paling disukai. Mereka membaca informasi yang disediakan, memberi feedback, atau bahkan membantu anda mengoreksi kesalahan yang ada di situs anda. Visitor jenis ini memiliki jumlah paling sedikit, dan belum tentu selama setahun ada visitor jenis ini yang mengunjungi situs anda.
Bagaimana dengan perilaku anda saat mengunjungi situs tertentu? Kalau saya sih cenderung ke silent reader visitor meskipun akhir-akhir ini mencoba untuk menjadi Active Visitor.

Jumlah dan kualitas visitor biasanya berbanding lurus dengan kualitas situs. Pastikan kualitas situs anda tidak buruk agar visitor terus aktif mengunjungi situs anda. Terima kasih.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana

12 comments for "Pengertian Dan Jenis Visitor Website"

  1. hahaha ada juga visitor anorganik

    ReplyDelete
  2. bot visitor memang harus ditangani ya..

    ReplyDelete
  3. Jabarin dong gan, gimana untuk cara ngatasin bot visitor nya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau aman bisa pakai Setting robot.txt yang bisa mencegah bot masuk ke blog agan.

      Delete
  4. Yang paling bagus visitor yang mana gan.?

    ReplyDelete
  5. maunya dapet organic searh visitor terus..
    tapi susah

    ReplyDelete
  6. kalo blog saya sekitar 63 % dari google gan...35 % pengunjung kembali dan sisanya gak tau...heheheheh

    ReplyDelete
  7. Akhirnya tau juga apa saja visitor itu

    ReplyDelete
  8. Saya termasuk visitor organik dan viitor active...
    he,he,he,,,

    niceblog bor...

    ReplyDelete
  9. Kira-kira saya termasuk visitor apa ya? Ya mungkin informasi tentang jenis-jenis visitor ini membuat saya untuk berinstropeksi diri lagi. Makasih . . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau komen berarti masuk active visitor :D....terima kasih ya sudah menjadi pembaca aktif blog ini

      Delete

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.