Manfaatkan Internet Untuk Hal Positif

August 03, 2015
Jaman sekarang mana ada orang tidak kenal internet? Tapi kalau kenal kegiatan positif di internet, hmm... mungkin masih belum terlalu banyak ya? Mengingat durasi penggunaan internet di Indonesia cukup tinggi, maka saya ingin memberikan ide untuk para neters yang ingin menggunakan internet mereka untuk kegiatan positif. Daripada anda galau-galauan di sosial media, bener nggak?

internet positif

Ada banyak cara seru yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pengalaman berinternet yang positif. Beberapa diantaranya adalah:
  1. Menjadi partisipan di forum online. Mungkin anda bisa terkenal sebagai hot threader (Orang yang sering membuat topik yang kemudian menjadi tren).
  2. Membuat blog. Blog adalah salah satu cara untuk mengutarakan pendapat dan berbagi informasi dengan mudah dan aman, dan bukan tidak mungkin blog anda menjadi besar dan terkenal. Selain itu anda juga bisa mencari uang lewat blog anda.
  3. Membuat grup tertentu. Mungkin anda ingin mengumpulkan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dengan anda, nah anda bisa membuat satu grup dengan topik berupa hobi anda. Lumayan kan, bisa saling berbagi pengalaman atau pelajaran?
  4. Membuka ruang konsultasi online. Jika anda adalah pakar dari bidang tertentu, anda bisa membuka ruang konsultasi online yang mempermudah orang untuk meminta petunjuk pada anda. Siapa tahu anda adalah orang yang sedang dicari-cari oleh masyarakat.
  5. Menjadi netizen writer. Jika anda tidak memiliki ilmu blogging yang cukup baik, tenang saja, anda masih punya kesempatan untuk mengutarakan pendapat atau berbagi informasi kok. Anda bisa menjadi penulis sukarela di situs tertentu (Contoh : vivalog). Tapi anda harus tunduk pada peraturan situs tersebut agar artikel anda dipublikasikan. Kelebihannya dari blog adalah anda tidak perlu pusing soal SEO (Search Engine Optimation) tapi anda tidak bisa melakukan monetasi konten anda.
  6. Membuka toko online. Sudah tidak jamannya anda melakukan promosi barang jualan dari mulut ke mulut. Anda bisa mengombinasikan antara media sosial untuk kebutuhan promosi toko online anda. Dengan begitu, anda bisa membangun jaringan toko anda lebih cepat dan luas.
  7. Menjadi Youtuber. Punya video lucu, unik, atau motivasi tentang hidup anda? Jangan malu untuk membagikannya di Youtube! Jika memang video anda memiliki nilai tambah dan tidak melanggar kebijakan hak cipta, maka kemungkinan anda bisa mengeruk dolar dari sana.
  8. Menjadi penengah untuk transaksi online. Transaksi via online sangat rawan penipuan, sehingga dibutuhkan seorang penengah yang bisa dipercaya. Jika anda adalah seorang dengan mental dan tekad yang kuat serta dapat dipercaya, maka anda bisa menjadi penengah di berbagai transaksi online. Penengah ini sering disebut sebagai RekBer (Rekening Bersama). Tentunya anda bisa menetapkan fee sesuai dengan nilai transaksi yang berlangsung. Hitung-hitung anda ikut berpartisipasi dalam keamanan jual beli online.
Karena akses internet di Indonesia tidak gratis, sebaiknya anda mulai melakukan kegiatan positif dengan perangkat internet anda mulai sekarang, minimal gunakan perangkat internet anda untuk mencari informasi. Semua kegiatan diatas bisa dilakukan oleh orang dari kalangan manapun. Dengan begitu kualitas SDM negara ini juga semakin baik. 

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

6 Comments

Write Comments
Admin Ray
AUTHOR
August 3, 2015 at 4:54 AM delete

mantap gan, kebetulan ane sekarang lagi geluti dunia blogger ama youtube, nice info.

Reply
avatar
August 3, 2015 at 5:12 AM delete

betul tuh gan internet banyak manfaat positifnya malahan bisa ngehasilin fulus, ane sekarang lagi pengen buka jasa design smudge epic, sekarang lg survey survey kalo banyak yg suka ya ane jalanin :v

Reply
avatar
ary prastiya
AUTHOR
August 4, 2015 at 6:15 AM delete

kalo ane internet buat ngeblog aja gan

Reply
avatar
August 6, 2015 at 3:38 PM delete

wahhh sangat benar sekali gan, banyak sekali manfaat internet gan, tapi di balik positif ada negatifnya gan.

Reply
avatar
August 6, 2015 at 3:40 PM delete

Kalau gitu, jauhi negatifnya. Nggak sulit kan?

Reply
avatar
Ari Hamzah
AUTHOR
August 16, 2015 at 12:34 AM delete

Mantap sya juga udh memanfaatkan internet dgn membuat blog nice info gan

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *