Penyusunan Angka Dalam Mandarin

March 20, 2016
Sudah lama kita tidak membahas mandarin lagi, harap maklum karena saya akhir-akhir ini kekurangan waktu untuk mengurus blog, sehingga blog sedikit terbengkalai. Nah, sekarang saya akan membahas bagaimana penyusunan struktur angka dalam Bahasa Mandarin.

Dalam aturan Bahasa Indonesia, kita menggunakan aturan yang sama dengan aturan Bahasa Inggris, yaitu dengan berpatok pada angka ribuan sebagai satuan maksimal (contoh jika 1 adalah satu, 100 adalah seratus, 1000 adalah seribu, 10000 adalah sepuluh ribu, dan 1000000 adalah satu juta). Disini kita melakukan pelafalan angka pada setiap 3 digit atau setiap kelipatan seribu.

Shuzi atau angka

Nah, dalam mandarin, ternyata patokannya sedikit berbeda, yaitu dengan 10000 sebagai satuan maksimal. Dalam Bahasa Mandarin, pelafalan angka setiap 5 digit. Contohnya, 1 adalah 一 (yi), 100 adalah 百 (bai), 10000 adalah 万(wan), sedangkan 100000 adalah 十万(shi wan). Untuk lebih jelasnya silahkan melihat perbedaan di bawah ini:
1550000 : Satu juta lima ratus lima puluh ribu
Sedangkan dalam Bahasa Mandarin :
1550000 : 一百五十五万 (yi bai wu shi wu wan)
Terlihat bedanya kan? Salah satu kesulitan mempelajari angka dalam Mandarin adalah karena perbedaan aturan ini. Biasanya kita sering terjebak pada angka ratus ribu, banyak orang menuliskan 一百千 (yi bai qian jika diterjemahkan harafiah bisa berarti ratus ribu) dan tentu saja jika dalam bahasa tulisan, penulisan seperti itu tentu salah.

Namun memang agak berbeda dengan bahasa sehari-hari, kita masih boleh menggunakan susunan seperti itu jika dalam keadaan non formal. Mandarin sendiri juga menggunakan 条 (tiao) untuk menunjukkan ukuran jutaan. Untuk mempermudah pembelajaran, mungkin anda bisa melihat petunjuk dibawah ini:
10 : 十 (shi)
100 : 百 (bai)
1000 : 千 (qian)
10000 : 万 (wan)
100000 : 十万 (shi wan)
1000000 : 百万 (bai wan)
10000000 : 千万 (qian wan)
100000000 : 亿 (yi)

Lalu ada lagi aturan yang terkadang cukup membuat anda semua bingung. Yaitu aturan angka 2 dan penulisan satuan kosong (misalnya pada angka 105 atau 10502). Dalam mandarin, angka dua memiliki dua wujud yaitu 两 (liang) dan 二 (er). Wujud yang berbeda memiliki fungsi yang berbeda pula. 两 digunakan untuk satuan dan nominal angka diatas ratusan sedangkan 二 digunakan untuk bahasa sehari-hari.

Bagaimana dengan aturan satuan kosong? Untuk anda ketahui, jika dalam Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris, satuan kosong dilewati begitu saja, namun tidak dalam Bahasa Mandarin. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat contoh di bawah ini:
10502 : sepuluh ribu lima ratus dua
Bahasa Mandarin :
10502 : 一万零五百零二 (yi qian ling wu bai ling er)
Terlihat bedanya bukan? Pada Bahasa Mandarin, kita menggunakan 零 untuk menggantikan satuan kosong (pada contoh diatas tadi, satuan untuk ribuan dan puluhan tidak terisi angka). Namun sebanyak apapun jumlah nol yang berada di tengah, 零 tetap dituliskan satu kali, contoh:
1000502 : 一百万零五百零二 (yi bai wan ling wu bai ling er)
Cukup jelas bukan? Semoga penjelasan ini bisa membantu anda yang sedang belajar Bahasa Mandarin. Salam dan semoga sukses. 

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *