Telepon Ponsel Menjauhkan Yang Dekat Atau Mendekatkan Yang Jauh?

March 20, 2016
Lagi-lagi soal telepon ponsel. Sebelumnya, saya telah membahas contoh wajah ponsel pada jaman dahulu. Kelihatan banget bukan perbedaannya? Nah, pada artikel kali ini, saya akan mencoba melakukan analisis (sekaligus curhat) tentang hubungan antara telepon ponsel dengan hubungan sosial.

Secara teori, telepon ponsel diciptakan untuk mempermudah komunikasi yang terhalang oleh masalah jarak. Anda bisa membayangkan apa yang bisa kita lakukan pada jaman dahulu sebelum telepon ponsel diciptakan, bagaimana kita ingin menghubungi kerabat yang berada di luar kota, luar pulau, atau bahkan luar negeri?

Use Your Phone Wisely

Seiring dengan berkembangnya teknologi informatika, fungsi ponsel kini tidak hanya digunakan untuk sebatas komunikasi saja, namun juga digunakan untuk hiburan serta diversifikasi cara komunikasi (jika dulu hanya SMS dan telpon kini ada VoIP (Voice Over Internet Protocol), Video Call, atau pun Social Media). Semua hal itu tentu saja diciptakan untuk mempermudah masalah komunikasi.

Namun, faktanya kini ponsel sudah tidak "mendekatkan yang jauh" namun lebih ke "menjauhkan yang dekat". Anda belum menyadarinya? Coba cek studi kasus di bawah ini.

Apa yang anda lakukan ketika berada di cafe bersama teman?


Secara teori, anda tentu menjawab cangkruk atau bersantai bersama. Tapi, kenyataannya anda malah sibuk dengan ponsel yang sudah terhubung dengan wifi gratis di cafe tersebut bukan? Atau mungkin anda malah sibuk mengecek jumlah like yang anda dapatkan dari berfoto di cafe tersebut. Atau yang lebih parah lagi anda melakukan geo-tagging atau pun melakukan check-in di sosial media untuk pamer bahwa anda ada di cafe tersebut.

Masih kurang? Coba periksa ini juga:

Apa yang anda lakukan di rumah bersama keluarga?


Bercakap-cakap dengan keluarga? Bagus, anda masih sehat. Namun, bagaimana kalau yang terjadi justru masing-masing anggota keluarga malah asik dengan ponsel sendiri selama seharian penuh? Satu sama lain tidak saling berinteraksi. Hasilnya? Anda pasti tahu.

Bagaimana? Apakah anda masih menggunakan telepon ponsel di dalam ambang kewajaran? Atau anda malah sudah berubah menjadi Cell Phone Addict? Telepon ponsel harusnya digunakan untuk mempermudah komunikasi dengan orang terdekat, bukannya malah menjauhkan orang-orang terdekat anda lalu anda mencari teman "maya" baru.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
March 27, 2016 at 3:02 AM delete

sebetulnya sih kegunaanya untuk membuat yang jauh jadi dekat tapi ya sekarang gitu lagi dekat malah main gadget, sebaiknya kalau dekat ya di simpan dulu gadget ehehe

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *