Mengenal Pixlr Online Graphic Editing Tool Lengkap Sederhana

December 21, 2015
Biasanya kita menggunakan software untuk mengedit gambar bukan? Sebut saja Corel Draw, Photoshop, Photoscape, GIMP, dll yang biasa kita gunakan untuk berkreasi dengan gambar. Tapi, bagaimana jika kita secara kebetulan berada di warnet dan tidak bisa menggunakan software diatas dan kita ingin mengedit gambar (secara sederhana misalnya untuk kepentingan posting blog)? Atau tiba-tiba program kita error dan tidak bisa digunakan, namun kita ingin melakukan editing gambar?

Nah, Pixlr Online Photo Editor bisa menjawab masalah tersebut. Tampilan antar mukanya oke banget seperti tampilan aplikasi editing gambar pada umumnya, fiturnya juga cukup lengkap mulai dari text tool, erase tool, crop, paint bucket, sampai effect blur juga ada. Cara kerjanya juga mirip seperti Adobe Photoshop, dimana dia bekerja dengan prinsip Layer.

Autodesk Pixlr
Pixlr Autodesk

Cara kerjanya juga cukup mudah, anda hanya perlu mengupload gambar (bisa lewat komputer, URL, atau penyimpanan Pixlr) dan secara otomatis gambar tersebut menjadi layer pertama. Anda juga bisa membuat layer baru dengan menggunakan shortcut Ctrl + N atau lewat menu file lalu pilih new image.

Bilah navigasi juga mirip dengan photoshop, dimana anda bisa menggunakan berbagai macam effect di menu Filter. Anda juga bisa mengaktifkan Cloud Storage dengan melakukan registrasi. Bahkan shortcut keyboard juga berfungsi hampir sama seperti photoshop seperti Invet selection (Ctrl + I) atau undo (Ctrl + Z).

Effect yang disediakan juga cukup lengkap. Mulai Blur, Gaussian Blur, Find Effects, dll. Pengaturannya memang sedikit berbeda dengan photoshop (tidak disertai Preview).

Sayangnya ada beberapa kekurangan seperti tidak adanya Pen Tool, F(x), dan pengaturan warna (RGB atau Grayscale). Namun, untuk fasilitas yang bisa dinikmati langsung tidak begitu masalah bukan?

Sebenarnya, Pixlr juga menyediakan aplikasi editing dalam 2 versi yaitu versi express (versi yang paling sederhana dan cepat) serta versi biasa (yang saya bahas), selain fasilitas editing Foto Online, Pixlr juga menyediakan aplikasi editing untuk PC dan Mobile. Namun, jika kita bandingkan dengan aplikasi editing foto profesional, tentu saja Pixlr masih kalah jauh.

Hebatnya lagi, semua aplikasi tersebut bisa digunakan tanpa membayar biaya apapun (tentu saja disertai iklan sebagai kompensasi).

Sekarang tidak takut lagi kan kalau tiba-tiba program editing gambar mengalami error? Namun, bagi anda yang sudah profesional, tentu saja tetap masalah karena fasilitas ini hanya bisa mengakomodasi kebutuhan secara umum. Semoga membantu. Salam!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
saliman store
AUTHOR
December 21, 2015 at 11:09 PM delete

pixlr online graphic cocok tidak gan untuk membuat logo blog?

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *