Berikut Daftar Layanan Di Bawah Naungan Google

December 20, 2015
Google semakin lama semakin besar saja, benar tidak? Sebagai salah satu raksasa internet, tentu saja Google juga terus konsisten merilis produk baru guna membantu aktivitas umat manusia di seluruh penjuru dunia.

Nah, saking banyaknya produk-produk tersebut, kadang kita tidak mengenal semuanya. Ya, beberapa produk Google ternyata masih belum awam di telinga (terutama yang bukan anak IT). Produk Google sendiri dikategorikan dari yang untuk pelajar (Google Docs contohnya) sampai profesional (Gmail for Work).

Google Products


Beberapa produk Google sudah sangat terkenal, sebut saja Youtube, Search Engine, dan Blogger. Siapa yang tidak kenal? Namun, bagaimana kalau saya tiba-tiba menyebut Google DoubleClick? Anda mengenalnya kah? Nah, agar anda mengenal Google lebih jauh lagi, bagaimana kalau saya membahas beberapa produk Google baik yang sudah awam (agar kenal lebih dekat) maupun yang asing? Yuk disimak.

1. Google Search Engine


Tidak bisa dipungkiri lagi, segmen search engine dan kumpulan data sudah dikuasai oleh Google. Search Engine-nya sendiri sudah dipersenjatai dengan berbagai macam algoritma (Penguin, Panda, Hummingbird, Mobilegeddon, dll) guna memberikan hasil penelusuran paling relevan dengan kata kunci. Google juga menyediakan laman komplain DMCA guna mendepak situs-situs yang dirasa melanggar hak cipta seseorang dari hasil penelusurannya. Detail laporan nanti akan ditampilkan di ChillingEffects.

Google Search Engine bersinergi dengan Google Webmasters dalam kinerjanya. Setiap Blogger atau Webmasters yang ingin memasukkan situsnya ke hasil penelusuran Google, maka bisa menggunakan tool Google Webmasters tersebut.

2. Google Webmasters


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tool Google Webmasters berguna untuk menampilkan situs di hasil penelusuran Google. Di dalamnya terdapat berbagai macam laporan seputar situs dan kinerjannya. Bisa juga dikaitkan dengan Google Analytics (semacam tool untuk memantau perkemabngan blog). Jika anda seorang Webmaster atau Blogger, wajib menggunakan tool ini
Baca Juga : Menyulap Google Chrome Menjadi Penjelajah Direktori

3. Youtube


Google juga telah men-trademark-kan situs berbagi video. Ya, Youtube adalah situs berbagi video terbesar. Anda bisa dengan bebas menjadi penonton atau membagikan video yang anda miliki (asal tidak melanggar kebijakan dan hak cipta).

Youtube juga bisa dijadikan "passive income" dengan mengintegrasikan channel dengan Google AdSense (Nanti akan dibahas singkat). Video yang ada di Youtube juga bisa didownload hanya saja anda perlu software pihak ketiga untuk melakukannya. Youtube juga menyediakan layanan edit video (walaupun tidak secara profesional).

4. Gmail


Gmail bisa jadi merupakan layanan email terbaik selain Yahoo. Ya, tampilan tanpa iklan, integrasi dengan Google Chrome di berbagai perangkat, serta kemampuan untuk menggunakan domain pribadi (berbayar) menjadi keunggulan Gmail. Selain itu, untuk menggunakan semua produk Google anda mutlak memerlukan akun Gmail.

Penyimpanan yang disediakan adalah 15 GB (sudah digabung dengan Google Drive).

5 Google Drive


Layanan penyimpanan Cloud dari Google. Google Drive memberikan batasan penyimpanan sebesar 15 Gb untuk versi gratisnya, jika kurang anda bisa membayar dengan sejumlah uang untuk memperluas storage. Sama seperti cloud storage pada umumnya, file yang disimpan di Google Drive juga bisa dibagikan secara bebas, asal link downloadnya sudah disebarluaskan.

Anda juga bisa membuat file presentasi, teks, dan speradsheet lewat Google drive dan hasilnya bisa langsung disimpan ke cloud anda.

6. Goo.gl URL Shortener


Ini adalah layanan short link yang disediakan oleh Google. Tidak seperti layanan short link pada umumnya, dengan menggunakan goo.gl tidak bisa mendapatkan uang. Goo.gl hanya menyediakan layanan short link beserta statistik saja. Setidaknya mempermudah sharing link bukan? Daripada harus panjang-panjang?

7. Google AdSense


Saya pernah membahas ini sebelumnya, namun akan saya jelaskan lagi secara singkat disini. Google AdSense merupakan salah satu jalan untuk mencari uang via online (bisa lewat Youtube atau Blog). Sayangnya, untuk mulai bekerja dengan AdSense, anda harus memastikan apa yang anda publikasikan di internet benar-benar sesuai dengan kebijakan konten yang telah ditetapkan oleh Google, sehingga tidak sembarang orang bisa langsung menggunakan AdSense.
Baca Juga : Pengertian dan Cara Kerja AdSense Serta Bedanya Dengan AdWords

8. Google AdWords


Layanan periklanan yang dimiliki oleh Google. Cara pembayarannya adalah lewat jumlah penayangan (tawaran PPS) atau per klik (tawaran BPK). Setiap pengiklan yang mengiklankan produknya di jaringan AdWords, maka iklannya akan ditampilkan di semua situs yang terdaftar dalam jaringan AdSense tergantung dari kata kunci dan penargetan yang digunakan oleh pengiklan tersebut. Nah, agar iklannya bisa tampil di sebuah situs tergantung dari berapa besar jumlah uang yang dia tawarkan. Semakin mahal, maka semakin tinggi kesempatan iklannya bisa tampil.

9. Google Student Ambassador


Beasiswa yang diadakan oleh Google. Syaratnya anda harus dalam masa studi S1 atau Studi S2 serta aktif dalam kegiatan organisasi. Google Student Ambassador dibuka setiap tahun di berbagai regional di dunia. Menjadi Google Student Ambassador, artinya anda menjadi duta Google untuk mengadakan penyuluhan tentang produk Google yang bermanfaat untuk kehidupan tanpa mengeluarkan banyak biaya (nanti Google yang akan bayari).

10. Google Analytics


Produk Google ini berguna untuk memantau traffic dan perilaku situs atau web. Google sendiri mengklaim kalau Google Analytics adalah tool untuk profesional dengan berbagai fitur di dalamnya, dan itu memang benar. Google Analytics juga dilengkapi dengan filter IP, sehingga anda bisa mengeliminasi trafik yang berasal dari filter IP yang telah didaftarkan tersebut.

11. Custom Search Engine


Berniat membuat search engine sendiri? Google memfasilitasi untuk anda yang berniat membuat search engine sendiri dengan hasil penelusuran dari situs-situs yang anda pilih. Anda nanti diibaratkan seperti "meminjam" data situs dari Google hasil penelusuran. Cukup praktis dan mudah untuk anda yang tidak ingin repot menyeleksi hasil penelusuran Google. Contoh kasus ketika anda hanya ingin melihat berita yang ditayangkan Viva atau kompas, maka anda bisa membuat search engine sendiri yang hanya mendaftarkan situs Viva dan kompas.
Baca Juga : Google CSE Widget Untuk Hasil Pencarian Multi URL

12. Google DoubleClick Manager


Sebuah Cookie manager yang dibuat oleh Google. DoubleClick berfungsi untuk menayangkan iklan sesuai minat yang dilihat dari Cookie yang telah terekam di browser.

Ada beberapa produk Google lagi yang nanti akan saya jelaskan di artikel berikutnya seperti:
  1. Play Store
  2. Developers
  3. AdMob
  4. Google Plus
  5. AdExchange
  6. Product Forums
  7. Translate
  8. Chrome
  9. DFP small business
  10. Domains
  11. Books
  12. Maps
  13. Scholars
  14. Picasa
  15. Hangout
  16. Street Views
  17. And Many More... 
Sangat banyak bukan? Jika Google memiliki gelar sebagai raksasa internet, tentu saja gelar itu sangat pantas dipengang olehnya. Oh ya, Google sendiri juga menduduki peringkat 1 di alexa rank. Benar-benar jawara bukan?

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

4 Comments

Write Comments
December 20, 2015 at 10:40 PM delete

ada lagi google hosting sama googl web business, cuman ane belom paham cara makenya. bisa dijelasin pak? mungkin di lain artikel :D

Reply
avatar
faiz ihsan
AUTHOR
December 20, 2015 at 10:59 PM delete

Wah ternyata banyak juga ya gan, tapi yang paling sering itu search engine .. :D Thanks infonya gan ;)

Reply
avatar
December 20, 2015 at 11:22 PM delete

Nanti di artikel berikutnya akan saya jelaskan lagi yang lebih lanjut :D

Reply
avatar
December 21, 2015 at 10:03 PM delete

kalau menurut aye lebih bagus gmail dri pada yahoo
tpi knp banyak yang pakai yahoo ??

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *