Menyulap Google Chrome Menjadi Penjelajah Direktori

October 25, 2015
Google Chrome merupakan salah satu browser yang paling banyak digunakan oleh masyarakat selain Opera dan Mozilla. Google Chrome sendiri jika dilihat adalah browser dengan kemampuan render yang baik, memeiliki sistem keamanan yang cukup, plugin yang lengkap, serta kemampuan sinkronisasi yang sangat mudah antara perangkat satu dengan yang lainnya.

Penjelajah Direktori Chrome

Jika dilihat sekilas, memang Google Chrome terlihat seperti browser biasa. Namun, ternyata browser ini memeliki kemampuan untuk membantu anda menjelajah file. Ingin tahu caranya?

Lalu apa keuntungan dari fitur ini? Salah satunya yang paling terasa adalah anda tidak perlu terus-terusan mengganti tab yang ada di taskbar, sehingga waktu yang digunakan untuk multitasking juga tidak banyak. Sebagai contoh kalau kita ingin mencari lokasi gambar untuk mencocokkan informasi, kita tidak perlu pusing menukar nukar tab.

Hebatnya lagi, Google Chrome sudah memiliki kemampuan untuk membuka beberapa ekstensi file seperti .jpg (gambar), .mp4 (video), dan .mp3 (lagu). Jelas sekali jika anda ingin browsing sambil mendengarkan musik, anda tidak perlu membuka aplikasi lain yang notabene akan memakan memori anda.

Kemampuan Chrome Untuk Membuka video

Salah satu kemampuan Chrome yang paling saya suka adalah Chrome mengijinkan untuk mengutip teks dari file dengan ekstensi .pdf.

Jika Chrome tidak bisa membuka file dengan ekstensi tertentu, maka secara otomatis Chome akan memunculkan kotak pop up download. Tidak masalah, karena yang penting Chrome sudah bisa mengakomodir sebagian besar format file yang sering digunakan untuk multitasking.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur ini? Caranya mudah, untuk membuka direktori atau file tertentu silahkan klik dan drag ke dalam jendela Google Chrome, maka Chrome akan secara otomatis membuka direktori atau file tersebut. Beberapa kekurangannya adalah tidak bisa melakukan up hingga My Computer (maksimal hanya sampai root hard disk) dan tidak bisa memunculkan hidden items.

Tertarik untuk menggunakannya? Namanya saja fitur tambahan, tentu saja banyak kekurangannya jika dibandingkan dengan windows explorer atau program penjelajahan direktori lainnya. Namun, untuk kepraktisan Chrome sudah cukup memadai.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
November 7, 2015 at 10:01 PM delete

wah baru tau ternyata klo bisa jdi penjelajah direktori nih chrome

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *