Google CSE Widget Pencarian Untuk Hasil Multi URL

August 09, 2015
Memiliki banyak blog dengan banyak artikel sepertinya terdengar menyenangkan, apalagi jika masing-masing blog tersebut memiliki topik sendiri-sendiri. Salah satu kesulitan jika memiliki blog dalam jumlah banyak adalah keseimbangan pengunjung. Apalagi kalau hanya satu yang ramai sedangkan yang lainnya sepi, maka anda harus memikirkan bagaimana caranya mempromosikan blog anda yang lainnya di tempat blog yang sudah ramai.

google custom search (CSE)
Google CSE

Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan backlink atau feed. Namun jika anda menggunakan backlink yang berlebihan, anda bisa terkena sanksi PBN (Private Blog Network) sedangkan jika anda menggunakan feed yang terlalu banyak maka kecepatan loading blog anda bisa dipastikan menjadi super lambat.

Lalu adakah cara praktis untuk mengatasinya? Salah satu cara yang efektif adalah dengan menggunakan kotak pencarian custom (CSE atau Custom Search Engine) dari Google! Apa kelebihannya dibanding kotak pencarian biasa? Banyak. Berikut rinciannya.

  1. Bisa menampilkan hasil pencarian dari banyak URL. Inilah kelebihan yang bisa dimanfaatkan jika anda memiliki banyak blog. Dengan menggunakan kotak pencarian Google Custom Search Engine, maka semua laman dari URL yang didaftarkan saat pembuatan kotak pencarian dan memiliki relevansi dengan kueri yang dimasukan, akan muncul sebagai hasil plus dengan gambar thumbnailnya.
  2. Tes apakah artikel telah terindex atau tidak. Google CSE menggunakan database google dalam menampilkan hasil pencarian. Artinya artikel anda harus terindex dulu. Nah, untuk menguji apakah artikel sudah terindex atau belum, anda bisa menggunakan kotak pencarian ini dengan memasukan kueri yang relevan dengan artikel yang sudah anda buat sebelumnya.
  3. Integrasi dengan AdSense. Bagi anda yang sudah memiliki akun AdSense namun belum mengerti apa itu iklan kotak pencarian, maka saya akan memberitahu anda apa itu iklan kotak pencarian. Anda bisa memasang kode AdSense pada kotak pencarian dan iklan akan muncul pada setiap hasil pencarian yang dilakukan oleh pengunjung (dalam bentuk link dan deskripsi). Anda hanya boleh menerapkan maksimum 2 kotak pencarian Google CSE per laman. Sebelumnya anda harus mengaitkan akun AdSense anda dengan kotak pencarian yang telah anda buat.
  4. Sistem yang sama persis dengan SE Google. Google CSE memiliki sistem yang sama dengan Google SE biasa. Anda bisa menggunakan fitur SafeSearch, penelusuran gambar, dan lain-lain.
  5. Lebih banyak fitur. Fitur seperti promosi (menyematkan link yang ingin anda promosikan) di posisi teratas pada hasil pencarian, google instan, dan lain lain. Anda juga bisa merubah tampilan dan nuansa dari halaman hasil pencarian. Sangat mudah dan efisien.
Tertarik? Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memasang google CSE di situs atau blog anda. 

google custom search
Halaman utama Google CSE
1. Buka https://cse.google.co.id
2. Pilih "Mesin Telusur Baru"
3. Isikan daftar URL yang ingin ditelusuri oleh Google CSE anda. Tidak ada batasan maksimal jumlah situs yang dapat didaftarkan.
4. Pilih bahasa situs anda.
5. Isikan nama mesin telusur. Setelah itu klik "Buat". Jangan lupa untuk membaca Persyaratan Layanan.
6. Jika anda ingin langsung menerapkan Google CSE di situs anda, silahkan klik dapatkan kode dan silahkan salin di tempat manapun anda ingin memasangnya (Untuk blogspot bisa menggunakan widget HTML/javascript). Namun jika anda ingin merubah tampilan atau menambahkan fitur lain di Google CSE anda silahkan klik Panel kontrol. Ada 5 submenu yang dapat anda kustominasi saya akan menjelaskan secara singkat.
  • Dasar-dasar. Tab ini menampilkan konfigurasi dasar pada Google CSE anda. Disini anda bisa mengaktifkan beberapa fitur seperti penelusuran gambar dan penelusuran dengan ucapan. Anda juga merubah informasi dasar Google CSE anda disini.
  • Dapatkan Penghasilan. Punya akun AdSense? Anda bisa mengintegrasikan akun AdSense dengan Google CSE anda di tab ini.
  • Admin. Anda bisa mengundang orang lain untuk mengelola Google CSE anda terutama bila anda tidak begitu mengerti tentang pengaturan yang ada.
  • Pengindeksan. Jika akun google anda sudah terintegrasi dengan Webmaster, maka anda tidak perlu mengutak-atik menu ini.
  • Lanjutan. Anda disarankan untuk tidak mengubah apapun di menu ini, kecuali jika anda benar-benar paham.
7. Jika anda sudah menyelesaikan konfigurasi, anda bisa langsung mendapatkan kode dengan mengeklik Dapatkan kode pada tab Dasar-dasar di menu detail. Namun apabila anda ingin mengganti template skin hasil penelusuran silahkan masuk ke tab tampilan dan nuansa. Anda bisa merubah tema dan model tampilan hasil. Jika sudah silahkan pilih simpan dan dapatkan kode.

cara memasang google CSE

8. Pada tab Fitur Penelusuran, anda bisa mengaktifkan fitur-fitur tambahan pada Google CSE dan membuatnya mirip dengan Google SE. Salah satu fitur yang menarik adalah anda bisa mempromosikan URL yang anda jagokan di hasil pencarian pada Google CSE anda.
9. Jika anda sudah memasang Google CSE di situs anda (Cara pemasangan dijelaskan setelah ini), maka anda bisa melihat performa Google CSE anda di tab Statistik dan Log. Anda bisa mengaitkan data statistik dengan akun Google Analytics anda.

Mudah bukan? Lalu bagaimana cara memasangnya? Tenang saja, cara pemasangannya sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil kode dengan mengeklik dapatkan kode pada menu Penyiapan di tab Dasar-dasar pada bagian Detail lalu silahkan salin kode yang ada. Namun jika anda sudah merubah tampilan hasil penelusuran pada tab tampilan dan nuansa tadi, maka anda mungkin akan diwajibkan untuk mengisi alamat URL tempat hasil penelusuran dipasang (Terutama untuk tampilan jenis 2 laman). Silahkan isi form dengan alamat laman anda (Jika anda menggunakan blogger, maka anda harus membuat laman statis baru dan mengisikan alamat laman statis anda di form tersebut).

cara memasang google CSE

Bagaimana hasil akhirnya? Berikut adalah hasil pencarian multi URL dengan menggunakan Google CSE (Tema Hamparan)

cara memasang google CSE di blog atau website

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *