Codepen.io Waktunya Show Off Dengan Kemampuan HTML CMS dan Script

Sedang mencari lokasi untuk menyimpan file HTML, CMS, atau Javascript? Beberapa orang mungkin masih menggunakan layanan konvensional seperti myjavascript atau googlecode. Fasilitas mereka memang sudah cukup baik sebagai tempat penyimpanan file-file script dan bisa langsung digunakan saat itu juga, baik dengan copy paste atau dengan cara dipanggil (tag scrpt src). Namun, sayangnya mereka tidak bisa langsung menampilkan demo atau hasilnya, sehingga kita harus memasangnya terlebih dahulu untuk mengetahui bagaimana hasil dari penerapan kode-kode tersebut (Beberapa tutorial tidak menyediakan demo atau contoh hasil).

Nah, bagi anda semua para master, sekarang bisa memanfaatkan fasilitas dari CodePen. CodePen sendiri merupakan situs tempat berbagi (sekaligus pamer) desain web, bahkan jika anda takut kalau desain dan kode-kode tersebut mengandung bug atau kesalahan, beberapa orang nanti akan memberi feedback kepada anda (karena karya anda akan dipublikasikan).

Codepen Tempat Ajang Pamer Desain


CodePen menyediakan 2 jenis keanggotaan, yaitu reguler dan PRO. Untuk yang PRO, anda akan mendapatkan beberapa fitur tambahan seperti multi user editing, membuka kelas, atau menyimpan berkas secara privat (tidak disebarluaskan). Namun, untuk saat ini saya akan membahas yang reguler saja.

Masuk ke halaman utama codepen.io anda akan langsung disuguhi karya-karya pilihan (yang disebut pens), dimana anda bisa langsung melihat (dan mengkopinya kalau ingin menggunakan). Pada bagian editing, lembar kerja terbagi atas 4 bagian (secara default tersusun 3 diatas dan 1 dibawah), dimana lembar kerja tersebut terdiri dari HTML, CSS, Javascript, dan Preview. Dan tentu saja sebelum membuat karya pertama, anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu.

Anda juga akan difasilitasi layanan statistik (jumlah tayang, komentar, dan like). Jumlah like dan tayangan terbanyak nantinya akan dimasukkan ke dalam daftar populer. Menantang bukan?

Jangan jadi jago kandang doang! Ayo tunjukkan karya desain terbaik di codepen!
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana

3 comments for "Codepen.io Waktunya Show Off Dengan Kemampuan HTML CMS dan Script"

  1. hehehehe thanks gan informasi nya :)

    ReplyDelete
  2. Bisa dikasih tahu tutorialnya gan? mulai dari pendaftaran hingga cara pembuatan demo dengan codepen.io.. maaf saya newbie.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk register bisa diklik di bagian register....lalu untuk membuat pen baru bisa pilih new pen (semuanya ada di bar atas bagian kanan)

      Delete

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.