Sensasi Keliling Kota Dengan Google Street Views

December 26, 2015
Ingin mencoba melihat-lihat keadaan di sekeliling kota? Tapi, sayangnya duit tidak mendukung kegiatan tersebut. Atau anda ingin meninjau sebuah lokasi (untuk mencari tempat berlibur misalnya), namun anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk melihatnya secara langsung, padahal anda masih belum tahu bagaimana penampakan lokasi?

Tenang, anda kan bisa mengakses Google Maps. Namun, sialnya tidak cukup bukan jika hanya dengan bantuan map? Karena anda hanya bisa melihat jalannya saja, tidak melihat kondisi lokasi secara langsung. Mencoba menggunakan Google Earth? Saya jamin anda malah makin bingung karena yang kelihatan hanya atap bangunannya saja, bukan bangunan secara keseluruhan. Anda memerlukan foto, tapi darimana mendapatkannya?

Google Street Views
Pasific Place - Jakarta Selatan


Lalu bagaimana? Ya, anda bisa menggunakan fasilitas Google Street View untuk memecahkan masalah tersebut. Google Street View adalah layanan foto 360 derajat yang menyajikan pemandangan dari lokasi yang dipilih di Google Maps. Layanan ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2007.

Lalu darimana data-data yang berada dalam database Street View? Google sendirilah yang mencari foto-foto lokasi tersebut. Mungkin anda pernah melihat mobil Google melintasi rumah atau daerah anda, kemungkinan tim Google Street View sedang mengambil data gambar di daerah anda! Namun, jangan takut kalau privasi anda terganggu, karena Google telah mengaburkan gambar plat nomor kendaraan dan wajah manusia.

Sayangnya foto-foto di Google Street View tidak jelas kapan diambilnya, sehingga anda juga tidak tahu apakah foto itu masih valid atau tidak. Yah, namun untuk jangka waktu panjang, sebuah daerah takkan berubah dengan begitu cepat bukan?

Google sendiri mengambil data secara bertahap (dan mungkin juga akan diperbarui dalam jangka waktu tertentu). Semua lokasinya diambil pada saat terang, menggunakan mobil yang dilengkapi dengan 8 kamera yang disusun melingkar.

Lalu bagaimana cara menggunakannya, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini.
  1. Buka google.com/maps
  2. Pilih lokasi yang ingin dijelajahi (bisa menggunakan search)
  3. Lalu klik tahan gambar "orang berdiri berwarna kuning" yang ada di pojok bawah, seret ke lokasi yang ingin dilihat. Anda hanya bisa melihat tempat yang sudah bergaris biru.
  4. Taraa, Peta 3D Street View sudah aktif. Anda bisa menavigasi peta dengan menggunakan keyboard dan mouse.
Gambar di Street View tidak bersifat real time, sehingga anda tidak bisa memperkirakan lalu lintas dengan menggunakan Street View.

Google Street View sendiri banyak menemui masalah dalam pelaksanaannya, salah satunya yang terbesar adalah masalah privasi, dimana ada beberapa orang yang tidak suka jika kediamannya diekspos di internet. Google sendiri hanya bisa menawarkan opsi pengaburan gambar untuk mereka yang keberatan jika barangnya ditampilkan di Street Views. Lalu masalah kedua adalah masalah dengan negara, dimana salah satu kasus paling ekstrim yang terjadi adalah tereksposnya pentagon dan basis militer Amerika Serikat di Street Views, namun akhirnya Google menghapus gambar tersebut.

Agar anda bisa menggunakan Street View dengan nyaman pastikan anda memiliki komputer dengan spesifikasi yang mumpuni dan jaringan internet yang handal, mengingat Street View sangat menyedot RAM dan bandwith internet. Semoga artikel ini membantu, selamat menjelajah di Street View! Salam!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 Comments:

Write Comments
AdeHaze
AUTHOR
January 5, 2016 at 2:22 PM delete

ane kadang2 make nih, buat persiapan sebelum jalan2

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *