Pelajaran Di Sekolah Tidak Penting? Tunggu Dulu!

August 25, 2015
Pelajaran sekolah biasanya hanya bersifat teori dan kebanyakan dari materi yang diajarkan tidak bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari kecuali kalau anda menjadi ilmuwan. Menurut pengalaman saya, pelajaran sekolah yang masih bisa diterapkan, hanyalah pelajaran SD. Sejak SMP, materi hanya sebatas teori yang harus dihafal untuk kepentingan ujian.

tujuan sekolah
Deretan buku di perpustakaan sekolah

Lantas, pelajaran sekolah tidak penting? Tunggu dulu, setiap kegiatan yang diwajibkan pasti ada tujuannya baik itu tujuan langsung maupun tidak langsung.

Kita lihat pelajaran yang telah dipelajari sebelumnya. Saya ambil contoh matematika. Jika dipikir-pikir, untuk apa kita mempelajari rumus-rumus trigonometri yang sangat banyak jumlahnya kalau pada akhirnya menjadi wiraswasta? Tidak ada, benar kan?

Namun, jika anda berpikir kalau sekolah tidak berguna, anda salah besar. Seperti yang saya sebut sebelumnya, ada juga tujuan tidak langsung. Dalam hal ini, adalah kerja keras dan belajar berlogika. Anda jelas tidak mungkin menghafal semua rumus yang ada. Salah satu pemecahan yang paling sering saya gunakan adalah menghafalkan rumus awalnya lalu saya mengembangkannya, karena saya juga tahu kalau rumus trigonometri memiliki hubungan satu sama lain.

Itulah salah satu tujuan tidak langsung dari sekolah, dimana anda harus kreatif dalam menyelesaikan masalah. Diharapkan anda bisa menerapkan ilmu tersebut ketika sudah terjun di masyarakat. Lalu kemana ilmunya? Ya, untuk materi sekolahnya memang hanya ditinggalkan begitu saja, kecuali kalau anda mau menjadi guru atau dosen.

Masih banyak lagi tujuan tidak langsung yang ada, contohnya kerja keras. Tentunya anda tahu bahwa sekolah pasti sarat akan tugas dan ulangan. Nah disitulah anda dituntut untuk bisa bekerja keras di bawah tekanan, anda juga dituntut untuk bisa memenuhi target dari guru yang bersangkutan.

Begitu juga dengan guru disekolah. Guru menggambarkan atasan anda saat akan bekerja, dimana ia akan menentukan apa yang harus anda kerjakan dalam target tertentu.

Sekolah adalah cermin dari kehidupan bermasyarakat. Menurut saya, sekolah memberikan gambaran cukup lengkap tentang masyarakat dewasa ini. Sekarang tinggal tergantung anda bagaimana sikap anda saat bersekolah.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 Comments

Write Comments
Saepul Bahri
AUTHOR
August 25, 2015 at 12:43 PM delete

Yappz bneer bgeet gan
Stiap ap yg dlakukan pasti memilik tjuan dan arti sma seperti pelajaran sekolah meskipun hanya teori tpi klo praktek tnpa teori psti sulit jga gan

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *