Kecanggihan Dalam Ruangan Dapur Masa Kini

Siapa yang doyan masak? Kalau pernah saya tanya lagi, siapa yang pernah masak besar-besaran lalu kerepotan sendiri bagaimana cara mengatur waktu memasaknya? Memang, jika dibandingkan era tahun 1990 sekarang kita sudah ada oven listrik, toaster otomatis, dll. Tapi dunia ini semakin berkembang ke depan. Sekarang bahkan dapur pun menggunakan teknologi modern. Penasaran?

internet of things di dapur

Meningkatnya tren perangkat yang menggunakan koneksi internet dalam pengoperasiannya menjadi segmen pasar tersendiri bagi para pelaku industri. Konsep Internet of things pun semakin terealisasi. Sedikit informasi bahwa istilah internet of things atau yang memiliki istilah lain internet of everything ini adalh ambisi untuk menyuntikkan teknologi internet ke berbagai alat yang membantu aktivitas manusia. Konsep ini terbukti sudah mengubah tingkat ekonomi, gaya hidup, serta kebiasaan masyarakat. Berikut perangkat-perangkat yang siap membantu anda saat membuat makanan.

1. Oven Pintar (SmartOven) Mielle


oven pintar miele
Oven yang memiliki diagonal ruang sebesar 48 inchi ini tidak hanya berguna untuk mematangkan makanan yang ada di dalamnya, tapi juga bisa memuat berbagai resep makanan yang enak. Setidaknya oven ini mampu menampung sebanyak 100 program memasak yang bisa anda olah. Miele bekerja sama dengan IBM (International Business Machine) untuk mendaftarkan database resep yang lebih detil lagi yang kemudian dinamai Chef Watson. Dengan bantuan koneksi Wi-Fi, oven pintar ini akan akan memantau nilai kalori serta memberi panduan memasak berdasarkan bahan-bahan yang ada. Untuk pengoperasiannya, oven pintar ini dikendalikan melalui panel touchscreen atau bisa juga secara jarak jauh dari aplikasi yang terinstall di perangkat yang berjalan menggunakan platform iOS atau Android.

2. Lynx Grill


lynx grill pemanggang

Alat pemanggang ini dapat beroperasi hanya dengan menggunakan perintah suara. Lynx grill bisa otomatis mengatur waktu dan suhu berdasarkan jenis bahan yang ada di dalamnya. Bila makanan yang dipanggang sudah matang, maka pemanggang ini akan mengirim pesan pengingat secara otomatis ke smartphone anda.

3. XYZPrinting 3D Food Printer


Pernah mencoba meniru desain table manner yang ada di buku resep? Dan anda merasa kesulitan? Sekarang sepertinya anda takkan menemui kesulitan lagi, karena Food Printer ini bisa mencetak beragam kreasi dalam bentuk 3D seperti kue, coklat, gula, dll. Meski khusus bekerja di dapur, tapi alat ini menggunakan FDM 3D Printer dan software yang sama dengan 3D Printer pada umumnya. Food printer ini bisa membuat seluruh bentuk dan ukuran yang anda inginkan, hanya dengan menginputkan desain pre made dari web atau USB Flash Disk.

xyz food printer dan hasilnya

4. Cooki


Cooki adalah sebuah robot koki yang dapat membantu anda memasak mulai dari persiapan bahan hingga mengolahnya. Anda hanya perlu memberi perintah melalui aplikasi yang terinstal di perangkan berplatform iOS atau Android. Robot ini juga dibekali kemampuan untuk mengenali mimik pengguna dan sangat lincah dalam hal mengiris, menumis, blending, dll. Saat ini Cooki sudah tersedia secara komersil.

Siapkan resep dan bahan terbaik anda. Dengan bantuan alat-alat di atas bukan tidak mungkin anda dapat membuat makanan berdasarkan imajinasi anda.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana

9 comments for "Kecanggihan Dalam Ruangan Dapur Masa Kini"

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.