Beberapa Aturan Nada (Sheng Diao) Dalam Pinyin

May 21, 2019
Pinyin merupakan salah satu hal yang menarik dalam bahasa Mandarin. Dengan adanya Pinyin, maka pengucapan bahasa Mandarin memiliki aksen khusus, yaitu nada-nada yang membedakan kata-kata yang hampir mirip.

Nah, bagaimana aturan nada dalam Pinyin? Perlu diingat bahwa aturan Pinyin China memiliki perbedaan dengan aturan nada Zhu Yin Taiwan. Jadi, apabila anda mempelajadi Zhu Yin Taiwan, jangan menggunakan pos ini sebagai referensi!

Beberapa Aturan Nada (Sheng Diao) Dalam Pinyin

Apa Itu Nada?

Terdapat 3 elemen dalam struktir Pinyin yang lengkap. Misalnya, katakanlah saya memiliki satu kata好 (Hǎo = bagus). Di dalam kata tersebut ada 3 struktur dasar yang harus dipahami, yaitu:
  1. Sheng Mu (Huruf Konsonan), yaitu 'H'
  2. Yun Mu (Huruf Vokal), yaitu 'ao'
  3. dan Sheng Diao atau nada, yaitu tanda yang terletak di atas Yun Mu yang mengalami penekanan. Dalam kata Hǎo, nada diletakkan di atas 'a'
Nah, bagaimana cara menggunakan nada itu sendiri? Berikut saya akan jabarkan sedikit tentang aturan nada dalam Pin Yin

Bagaimana penulisan nada yang tepat?

Anda mungkin sudah menerima pelajaran tentang urutan Yun Mu, yaitu a, o, e, i, u, ü bukan? Anda bisa menggunakan ini sebagai acuan meskipun sebenarnya ini tidak 100% tepat. Mengapa saya katakan demikian? Karena sebenarnya nada diletakkan di Yun Mu yang mengalami penekanan.

Contoh, ketika mengucapkan 久 (jiǔ - lama), maka nada diletakkan di Yun Mu 'u' bukan? Sebenarnya tidak perlu ambil pusing dengan menghafal jenis-jenis aturan penulisan nada, karena anda bisa melihat dan merasakan sendiri.

Kembali lagi dengan huruf 久 tadi, bagaimana jika nada diletakkan di huruf 'i'? Tentu pengucapannya jadi aneh karena anda melakukan penekanan nada di 'i' dan bukannya di 'u'.

Begitu juga dengan huruf 老 (lǎo - tua), apa yang terjadi jika nada diletakkan di huruf 'o'? Tentu pengucapannya jadi kacau karena anda menekan nada di 'o'.

Tapi, terlepas dari kebenaran itu, anda masih bisa menggunakan 3 aturan penulisan nada yang biasa diajarkan di sekolah mandarin khusus pemula. Di antaranya:
  1. Apabila terdapat Yun Mu tunggal, maka nada langsung ditulis di atas Yun Mu tersebut. Contoh: Bǐ, Kùn, dan Fēng
  2. Apabila terdapat Yun Mu majemuk, maka nada diletakkan berdasarkan urutan Yun Mu yang sudah saya sebutkan di atas (a, o, e, i, u, ü) sesuai urutannya. Contoh : Lǎo, máo, gěi, dan pái
  3. Apabila terdapat Yun Mu -ui dan -iu, maka nada diletakkan di Yun Mu yang paling belakang. Contoh : Zuì, huì, liú

Bagaimana pengucapan nada?

Sebenarnya mudah, anda bisa melihat tangga nada yang saya sediakan di bawah ini.

Pengucapan Nada Pin Yin

Ingat! Pengucapan nada yang berbeda memberikan arti yang berbeda pula. Misal 吻 (Wěn - mencium) dengan 问 (Wèn - bertanya). Jadi, pastikan anda benar-benar melafalkan nada dengan baik. Tidak harus sempurna, karena faktanya orang China sana juga menggunakan feeling untuk pengucapan nada.

Nada ulang atau nada ringan (Qing Sheng)

Ini adalah salah satu aturan yang paling rancu setelah revolusi hanzi China. Ada beberapa nada yang dihilangkan entah karena pengulangan atau karena memang dihilangkan. Untuk mengatasi ini, anda perlu banyak berlatih dan membiasakan diri dengan kata-kata umum.

Beberapa contoh kata yang nada keduanya dihilangkan adalah :
  1. 朋友 péng you, sahabat
  2. 例子 lì zi, contoh
  3. 妈妈 mā ma, ibu
Cara pengucapannya tidak sulit. Untuk nada kosong, anda hanya perlu mengucapkan secara ringan dan cepat.

Aturan lain

Tidak semua situs menggunakan format Sheng Diao yang benar. Ada beberapa yang menggunakan angka sebagai tanda nada (contoh ma1 sebagai pengganti mā), termasuk beberapa laman di situs ini. Ini memang tidak salah, dan esensi nada yang disampaikan masih tepat. Namun, ini artinya anda harus menghafal urutan nada dengan baik.

Semoga artikel ini membantu anda yang sedang belajar bahasa Mandarin. Jia You!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *