Bagaimana Jika Kartu Akses Apartemen Hilang?

May 22, 2019
Kartu Akses apartemen hilang? Jujur saja, kartu akses merupakan salah satu barang yang paling sering hilang dan rusak di jagat apartemen. Padahal, kalau tidak ada kartu akses, maka anda tidak bisa masuk ke dalam komplek apartemen! Kalaupun ada petugas yang membukakan, anda juga tidak bisa masuk ke unit karena anda perlu menggunakan kartu akses untuk naik lift!

Nah, tapi kita semua kan masih manusia, tidak luput dari yang namanya keteledoran. Jadi, ada kalanya kartu akses hilang sewaktu-waktu. Bagaimana cara mengatasinya?

Bagaimana Jika Kartu Akses Apartemen Hilang?

Ada Cadangannya?

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah, ingat-ingat keberadaan kartu akses cadangan. Umumnya, setiap pemilik apartemen akan diberikan 2 kartu akses yang sama persis. Jika masih ada cadangannya, maka anda bisa menggunakan cadangannya terlebih dahulu sebelum membuat yang baru.

Minta pertolongan petugas terlebih dahulu

Jika anda baru menyadari kalau kartu anda hilang, anda bisa minta kepada petugas untuk dinaikkan terlebih dahulu. Namun, perlu anda ingat bahwa tidak semua kompleks apartemen memperbolehkan petugas untuk menaikkan orang ke unit kecuali kondisi darurat.

Buat Baru

Membuat yang baru tidak serumit yang dibayangkan kok. Namun ada beberapa prosedur yang harus anda lakukan sebagai pemilik unit.

Pertama-tama, anda perlu mendatangi bagian BPL (Badan Pengelola Lingkungan) untuk memberi info bahwa kartu akses anda hilang. Setelah itu anda akan menerima beberapa surat untuk mengurus kartu akses yang baru.

Jika anda meminta orang lain untuk mengurus yang baru, maka pihak BPL pasti akan memberikan anda sebuah format surat kuasa. Surat kuasa ini harus ditandatangani oleh pemberi kuasa dan bermaterai 6000, lengkap dengan fotokopi KTP.

Setelah itu, anda perlu mengisi berita acara kehilangan kartu akses. Bukan surat berita acara yang berbelit kok, anda hanya perlu memberikan informasi kapan perkiraan kartu hilang dan bagaimana kronologi singkatnya. Sedikit informasi, bahkan jika anda mengarang sekalipun juga tidak ada yang tahu.

Setelah anda selesai dengan dokumen, pihak BPL mungkin akan 'membunuh' kemampuan kartu akses anda yang lama. Ini dilakukan agar tidak ada penyalahgunaan apabila kartu akses anda ditemukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Biaya membuat kartu akses?

Anda akan dikenai biaya yang bervariasi. Sebagai informasi, kebanyakan apartemen di Surabaya mengenakan biaya 200.000 rupiah untuk pembuatan kartu akses baru. Setelah anda menyelesaikan pembayaran, maka kartu akses anda yang baru sudah bisa mulai digunakan.
Ada kalanya kartu akses yang lama rusak dan anda perlu mengganti yang baru. Jika terjadi hal seperti ini, maka anda hanya perlu membayar biayanya saja

Upaya pengelola untuk mengganti kartu akses

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kehadiran kartu akses sudah sangat terkesan kuno dan ribet saat ini. Anda bisa bayangkan jika anda adalah keluarga dengan 2 anak dan 1 pembantu, maka bisa dibayangkan berapa banyak kartu akses yang perlu anda buat untuk masing-masing orang di keluarga anda.

Oleh karena itu, ada banyak pengelola apartemen yang mengganti akses lama ini dengan beberapa inovasi baru. Salah satunya adalah dengan fingerprint dan PIN. Metode ini memang jauh lebih praktis dan aman dibandingkan kartu akses.

Nah, mengingat kartu akses adalah hal esensial dari unit apartemen anda, maka pastikan anda menyimpannya di tempat yang mudah diingat. Anda bisa menyimpannya di dompet atau case ponsel.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *