Cara Melihat Rencana Tata Kota dan Jalan Kota Surabaya Dengan C-Map

March 19, 2018
Suatu kota tentu tak akan berhenti berkembang. Baik dari segi transportasi, fasilitas, kebijakan, sampai infrastruktur. Kalau kita berbicara tentang properti, tentu akan erat kaitannya dengan pembangunan infrastruktur.

Sayangnya, kita mungkin akan menemui kesulitan ketika ingin mengetahui bagaimana rencana pengembangan infrastruktur, khususnya pembangunan dan peliebaran jalan di suatu daerah. Mungkin bisa minta salinan ke kantor pemerintah. Namun pertanyaannya, data tersebut pasti harus rutin minta ulang, apalagi kalau ada perubahan mendadak pada tata kota.

C-map surabaya
C-map Surabaya

Namun, hal ini tidak akan berlaku untuk warga Surabaya. Karena pemerintah kota Surabaya sudah menyediakan layanan untuk mengecek rencana jalan dan tata kota Surabaya secara daring atau online, yaitu lewat situs C-map.

Situs perencanaan tata kota Surabaya ini beralamat di petaperuntukan.surabaya.go.id. Dibuat untuk mempermudah warga Surabaya untuk melihat rencana tata kota Surabaya untuk ke depannya secara online. Sangat disarankan untuk mengakses situs ini lewat komputer, mengingat ukuran website yang sangat berat dan tidak friendly.

Situs ini akan membantu saat akan mengajukan Surat Keterangan Rencana Kota (SKRK), yang nantinya digunakan untuk pengajuan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) suatu properti. Ingat, apabila properti yang akan anda bangun melanggar Rencana Tata Kota (contoh : membangun rumah melebihi batas jalan, membangun gudang di area yang diperuntukkan untuk pemukiman, atau mendirikan bangunan di atas tanah yang diperuntukkan untuk Ruang Terbuka), maka IMB tidak akan keluar.

Memang situs ini masih belum mendukung update real time. Artinya, situs ini hanya sebagai acuan saja dalam nanti anda mengurus SKRK ke dinas tata kota, tapi lebih baik punya gambaran terlebih dahulu kan daripada mengira ngira sendiri?

Fitur yang disediakan C-map bisa dibilang cukup lengkap. Berikut beberapa diantaranya :
  1. Legenda untuk memberikan informasi arti warna di peta C-maps (baik persil maupun jalan)
  2. Tools untuk mengukur panjang, lebar, dan luas area
  3. Mengambil informasi suatu area
  4. Skala peta
  5. Zoom in dan Zoom out
  6. Koordinat peta
  7. Dan lain-lain
Anda bisa langsung menggunakan layanan dengan mudah. Tinggal pilih area mana yang mau dilihat perencanaannya (bisa lewat zoom atau kolom pencarian), lalu tinggal pilih tindakan apa yang mau dilakukan seperti mengukur lebar jalan, melihat peruntukan (lewat warna yang ditunjukkan), atau melihat informasi area yang dipilih.

C-map juga dilengkapi peta lengkap untuk rencana Jalan Lingkar (Ring Road). Sehingga akan jelas nanti Surabaya akan berkembang sampai mana. Sayangnya C-map hanya menampilkan kota Surabaya saja, sedangkan kota tetangganya seperti Gresik dan Sidoarjo tidak bisa ditampilkan.
Lihat juga : Mengenal Jalan Lingkar (Ring Road) dan Keuntungannya
Meskipun mudah dan cepat, pihak dinas tata kota tidak menjamin informasi di C-map 100 persen akurat. Sepertinya yang saya utarakan sebelumnya, situs ini tidak menampilkan update secara real time. Artinya, jika nantinya anda mengajukan SKRK dan terdapat perbedaan dari data di C-map dan Siteplan pemerintah, maka yang berlaku adalah siteplan pemerintah bukan data di C-map.

Satu lagi, anda tidak diperkenankan untuk menyebarluaskan informasi yang terdapat di C-map baik dalam format fisik maupun digital. Data hanya boleh digunakan untuk kalangan pribadi dan pihak tata kota tidak bertanggung jawab apabila ada penyalahgunaan data dari C-map (sudah ada di Disclaimer resmi mereka).

Nah, dengan begini warga Surabaya tidak akan bingung saat akan membangun properti baru di kota mereka tercinta. Semoga layanan C-map selalu ditingkatkan dari waktu ke waktu agar selalu menjadi lebih baik, dan tentunya memberikan kemudahan warga Surabaya dalam mengurus hal yang terkait dengan SKRK

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *