China VS Taiwan, Mana Yang Lebih Baik?

March 20, 2018
Banyak orang tertarik untuk ke luar negeri, dengan tujuan yang berbagai macam pula. Ada yang sekedar melancong dan rekreasi, ada yang ingin menuntut ilmu yang lebih tinggi, ada pula yang ditugaskan khusus di luar negeri, sampai menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Tenaga Kerja Wanita (TKW).

China and Taiwan

Pada artikel kali ini, saya akan membahas sedikit tentang Taiwan (台湾) dan China (中华人民共和国 atau yang sering disingkat 中国 ). Disini saya akan mengulas sedikit tentang perbedaan kedua negara ini baik dari segi kelebihan maupun kekurangannya.

Mata Uang dan Cabang Perbankan

Di negara China, mata uang resmi yang digunakan adalah Ren Min Bi atau RMB (人民币) atau yang disebut China Yuan (CNY). DI mana, Ren Min Bi sudah menjadi salah satu mata uang internasional selain US Dollar. Di Indonesia, anda bisa membuat rekening di beberapa bank China yang tersebar di Indonesia untuk kepentingan perbankan di China nanti. Beberapa di antaranya adalah Industrial and Commercial Bank of China (中國工商銀行 atau ICBC), China Construction Bank (中国建设银行 atau CCB yang mengakuisis bank ANDA), atau bisa juga langsung membuka di Bank of China (中国银行) yang merupakan salah satu bank terbesar di China.

Sedangkan untuk Taiwan, mata uang yang digunakan adalah NTD (New Taiwan Dollar). Untuk pengurusan perbankan di Indonesia, sepertinya masih belum banyak bank Taiwan yang sudah membuka cabang di Indonesia kecuali Cathay United yang hanya ada berada di Jakarta.

Mengurus di Indonesia terlebih dahulu sebelum menuju ke negara tujuan tentunya akan lebih mudah. Bahasa menjadi alasan utama, dan tentu saja anda bisa lebih mudah melengkapi dokumen formalitas daripada mengurus waktu sampai.

Internet

Di China, kebebasan berinternet lebih dibatasi dan bahkan lebih parah dari Indonesia. Contohnya, anda tidak bisa menggunakan layanan Google dan Facebook begitu tiba di China kecuali anda sudah membeli VPN (Virtual Private Network) berbayar. Di China, bahkan hanya aplikasi sosial messaging WeChat dan QQ yang diizinkan beroperasi. Pastikan anda sudah memperiapkan akun untuk dua aplikasi ini, agar komunikasi tetap terjaga.

Sedangkan di Taiwan kurang lebih sama dengan di Indonesia. Anda bisa mengakses Facebook, Google, LINE, dan lain-lain selama anda masih terhubung ke Internet.

Bahasa

Hati-hati untuk penggunaan bahasa baik di China atau Taiwan. Di Taiwan, anda tidak bisa menggunakan Pin Yin dan Hanzi Simplified. Perhatikan juga intonasi dalam berbicara dengan orang Taiwan dan China, karena orang Taiwan tidak menggunakan aksen 'er' atau 儿 dalam percakapan. Juga karena perbedaan aturan Pin Yin dengan Zhu Yin, maka ada beberapa intonasi kata-kata yang berbeda.

Kepemerintahan

Entah mengapa sampai sekarang kemerdekaan Taiwan tidak pernah diakui oleh China, sehingga jangan bingung kalau penulisan Distrik di Taiwan menggunakan akhiran RRC (Republic of China). Hal ini dikarenakan China dan PBB masih menganggap bahwa Taiwan merupakan provinsi dari negara China.

Hal ini juga berlaku untuk Hong Kong dan Macau, yang sebenarnya sudah terpisah dari China. Google berbahasa China yang sekarang beroperasi sebenarnya adalah Google Hong Kong, bukan dari Mainland China.

Itulah beberapa perbandingan antara China dan Taiwan. Tentunya masih banyak perbedaan lain yang belum disebutkan di artikel ini. Namun, kurang lebih sekarang tentunya anda sudah tahu sekilas perbedaan antara kedua negara yang serupa namun tak sama itu. Semoga artikel ini membantu. Salam!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *