Bagaimana Cara Menghafalkan Urutan Goresan Hanzi Mandarin?

March 20, 2018
Urutan goresan merupakan salah satu dasar belajar menulis Hanzi dalam bahasa Mandarin. Pada awalnya, banyak murid merasa sangat kesulitan saat mempelajari urutan goresan, karena mereka menyamakan menulis hanzi dengan menggambar bebas. Akhirnya yang terjadi adalah Hanzi yang tidak karu-karuan bentuknya serta urutan yang diacak.

Menulis hanzi, tentu saja ada standar dan aturan bakunya. Karena hadirnya aturan dan standar ini, orang akan lancar dan tanpa berpikir dalam menulis hanzi. Sebenarnya jumlah aturannya tidak banyak dan tidak sulit untuk diingat dan diterapkan. Berikut diantaranya :

Hanzi Mandarin

1. Perhatikan Bentuk Hanzi

Awal mulai menulis Hanzi ditentukan oleh bentuknya. Ada beberapa bentuk hanzi, dan semuanya menunjukkan perbedaan yang cukup mencolok sehingga tidak sulit dibedakan. Seperti :
  1. Kiri ke kanan, ini merupakan salah satu bentuk hanzi yang paling umum. Contohnya seperti pada karakter 汉 (Han), 双 (Shuang), dan 和 (He)
  2. Atas ke bawah, contohnya adalah karakter 男 (Nan)
  3. Enclosed atau tertutup, contohnya dalam karakter 国 (Guo)
  4. Semi Enclosed atau agak tertutup seperti pada karakter 闹 (Nao)
  5. Dan lain-lain
Karakter dengan penulisan kiri ke kanan tidak boleh dirubah menjadi kanan ke kiri atau atas ke bawah. Begitu juga dengan karakter atas ke bawah tidak boleh dibalik menjadi bawah ke atas. Untuk karakter dengan bentuk enclose, maka anda harus menuliskan urut dari luar ke dalam, baru kemudian boleh ditutup.
Lihat Juga : Cara Mudah Menghafal Dan Mengingat Hanzi

2. Dahulukan Goresan Horizontal (Heng) daripada Vertikal (Shu)

Salah satu aturan yang paling umum dalam penulisan Hanzi. Yaitu, goresan Heng (Horizontal) selalu dituliskan terlebih dahulu daripada goresan Shu (Vertikal). Contohnya pada penulisan karakter Shi (十).

Saya seringkali menemui ada yang dibalik urutannya, sehingga karakter shi ini lebih terlihat seperti tanda tambah.

3. Goresan Horizontal (Heng) Bersusun selalu berbeda panjang satu dengan yang lain

Aturan ini sangat terlihat jelas pada karakter 三 (San). Dimana panjang garis pertama berbeda dengan garis kedua dan ketiga. Acuan panjang garis horizontal bersusun terdapat pada karakter San ini, dan berlaku untuk semua jenis Hanzi.

Untuk urutan penulisannya tetap dari atas ke bawah.

4. Hanzi selalu berbentuk kotak

Tidak ada karakter hanzi yang berbentuk random. Semua hanzi pasti berbentuk kotak. Pastikan untuk tidak melanggar batas saat menuliskan karakter hanzi yang dapat berakibat hanzi menjadi tidak berbentuk.

Dengan menggunakan standar bahwa hanzi berbentuk kotak, maka sudah pasti urutannya tidak akan terlewat atau terlanggar.

5. Jangan main tabrak

Ingat, menulis hanzi berbeda dengan menggambar bebas. Apabila terjadi kesalahan urutan, maka sebaiknya hapus karakter yang salah tersebut lalu tulis ulang dari urutan pertama. Menulis dengan urutan yang tidak teratur dapat membuat sulit terbiasa dengan urutan yang benar.

6. Hafalkan jenis goresan (stroke)

Terdapat banyak sekali jenis goresan yang ada dalam Hanzi. Tapi, hanya ada 5 dasarnya, yaitu Heng (Horizontal), Shu (Vertikal), Pie (Garis diagonal atas ke bawah), Na (Garis diagonal bawah ke atas), dan Dian (Titik). Sedangkan sisanya merupakan pengembangan.

Dengan menghafalkan jenis stroke pada Hanzi, akan membantu dalam melakukan identifikasi dan urutan goresan. Misalnya pada karakter 口 (Kou) terdapat 1 goresan Shu, 2 Goresan Heng, dan 1 Goresan Heng Zhe.

7. Goresan pengembangan selalu menjadi satu

Contoh beberapa jenis goresan yang merupakan pengembangan adalah Heng Zhe atau Shu wan gou. Kedua contoh goresan ini selalu menjadi satu kesatuan dan tidak boleh dipecah. Kesalahan umum yang sering dilakukan adalah memecah-mecah goresan ini, misalnya Heng Zhe dipecah menjadi Heng dan Shu yang tentunya sudah menyalahi aturan dan standar penulisan Hanzi.

Jika hal itu terjadi, segera hapus karakter tadi dan ulang dari awal agar tidak menjadi kebiasaan.
Aturan Hanzi lainnya : Beberapa Peraturan Penulisan Hanzi

8. Sering Berlatih

Tentu saja hal yang paling krusial adalah seberapa sering anda menulis Hanzi? Meskipun sudah memahami poin poin di atas namun tidak pernah menulis, ya jelas tidak mungkin bisa. Sering-sering lah belajar dan terus diulang agar menjadi bisa dan terus ingat untuk ke depannya. Ingat, kalau bahasa Mandarin apabila tidak digunakan maka akan rentan lupa.

Itulah beberapa tips dan cara untuk menghafalkan urutan goresan Hanzi. Tetap pada kebiasaan menulis sesuai urutan agar tidak kembali menjadi ngawur lagi. Sangat disarankan untuk berlatih menggunakan buku kotak-kotak besar agar latihan menjadi lebih mudah.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *