Cara Mudah Menghafal Dan Mengingat Hanzi

September 13, 2015
Belajar Bahasa Mandarin memang tidak mudah. Selain banyak hanzi yang harus dihafal, nada yang sulit dilafalkan terutama oleh orang Indonesia, belum lagi satu hanzi bisa lebih dari satu arti. Hal ini membuat belajar bahasa mandarin menjadi hal yang tidak mudah.

Sebelum membahas yang lebih jauh, anda harus memiliki keuletan tingkat tinggi untuk belajar Bahasa Mandarin. Banyak orang melihat Bahasa Mandarin itu sangat sulit bahkan sebelum mereka mulai menyentuhnya, sehingga pada akhirnya mereka benar-benar kesulitan belajar Bahasa Mandarin pada akhirnya.

Sekarang saya akan memberikan beberapa cara agar anda lebih mudah dalam mempelajari dan menghafalkan Bahasa Mandarin. Tips ini ditujukan untuk pemula yang baru belajar dan bukan untuk MASTER (peace bro). Yuk disimak.

1. Kuasai Goresan



mengingat hanzi dengan mudah



Salah satu yang membuat hanzi tidak mudah untuk ditulis adalah jumlah goresan. Sebagai orang yang belajar Mandarin, anda diwajibkan menguasai semua jenis dan urutan goresan yang ada. Hal ini akan membantu anda untuk menulis hanzi dengan baik dan enak dilihat, di lain sisi menulis sesuai aturan urutan goresan akan meminimalisir kesalahan penulisan hanzi.

2. Kuasai pinyin dan radical


pinyin dan radical

Pinyin dan hanzi memang tidak memiliki hubungan yang terlalu nyambung ya, maksudnya anda tidak bisa menebak hanzi dari pinyin dan sebaliknya. Namun, pinyin dan hanzi dihubungkan melalui radical. Yup, menguasai pinyin dapat membantu pengerjaan ting xie (听写) dan menulis hanzi berdasarkan pinyin. Selain itu menguasai pinyin dan radical bisa membantu agar hanzi tidak tertukar-tukar. Sebagai contoh saja kou (口) dengan radical kou dan kesamaan pinyin sheng mu "ou" akan membantu penghafalan you (右 = kanan) yang terdiri dari radikal kou dan sheng mu "ou" dan menghindari tertukar dengan zou (左 = kiri).

3. Kuasai komponen penyusun hanzi (部件)


Jika anda sudah menguasai komponen penyusun hanzi, maka anda akan lebih mudah lagi dalam menghafalkan hanzi. Pasalnya, komponen-komponen ini juga termasuk dalam radical yang mempunyai hubungan dengan arti dari suatu hanzi. Sekali lagi, hal ini membantu agar anda tidak tertukar-tukar saat menghafal banyak hanzi sekaligus. Fungsinya akan terasa begitu anda sedang mengerjakan tugas 翻译 (fanyi) atau menerjemahkan. Sebagai contoh anda bisa mencegah tertukarnya 快 (kuai = cepat) dengan 块 (kuai = uang).

4. Kuasai bentuk hanzi


Hanzi memiliki beberapa bentuk penulisan. Sebagai contoh kiri ke kanan (Contoh hanzi :汉), atas ke bawah (Contoh hanzi : 最), Semi enclose (Contoh hanzi : 闹), dan lain lain. Untuk apa? Hal ini berhubungan dengan poin nomor 1 tadi, karena bentuk hanzi menentukan awal penulisan goresan.

Dengan menguasai 4 hal tersebut di awal pembelajaran, maka menghafalkan hanzi dalam jumlah banyak dalam sehari (setidaknya) tidak akan begitu menjadi masalah. Yah untuk orang yang baru belajar, tentu hal ini juga tidak mudah tapi jika anda terus belajar tanpa henti maka anda pasti bisa!

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

6 Comments

Write Comments
September 13, 2015 at 1:52 AM delete

gan ... terimaksih sudah share :) .. bisa ngerti sedikit :D

Zen

Reply
avatar
Rio Dharma
AUTHOR
September 13, 2015 at 10:21 PM delete

makasih gan :) mulai ngerti bahasa ginian.. tadinya ane awam banget masalah bahasa cacing ini :)

Reply
avatar
Vera Monica
AUTHOR
September 20, 2015 at 3:05 PM delete

Wow, sangat membantu aku belajar bhs mandarin

Reply
avatar
September 14, 2016 at 7:50 PM delete

Kaga ngerti sama sekali, udah baca terus berulang-ulang blog ini yang awalnya dapat nilai 50 karena baca blok ini jadi dapet nilai 20

Reply
avatar
November 19, 2016 at 4:53 AM delete

Itu hanzi 我 tapi kalau yang 快 dan 块 ternyata berbeda yah...

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *