Presentasi Yang Baik Untuk Anak Sekolahan

August 25, 2015
Presentasi adalah tugas yang sering diberikan guru pada era modern sekarang ini. Sayangnya, banyak dari siswa belum mengerti cara membuat presentasi yang baik. Padahal tugas presentasi tersebut berguna agar saat di dunia kerja nanti, para siswa tidak merasa asing dengan kegiatan satu ini.

presentasi yang baik


Kebanyakan siswa yang baru mengenal presentasi, membuat presentasi dengan format yang sama dengan word dimana presentasinya dipenuhi dengan tulisan. Padahal presentasi sendiri maksudnya adalah menjelaskan.

Itu kesalahan secara struktural, lalu bagaimana dengan metode presentasinya? Ingat, presentasi tidak sama dengan membaca. Presentasi sendiri maksudnya adalah menjelaskan bukan membaca.

Saya akan memberikan beberapa saran untuk anda yang belum mengerti bagaimana cara presentasi yang baik. Yuk disimak
  1. Muat poin yang penting saja. Desain materi presentasi harus sederhana dan poin yang dimuat hanya yang penting saja. Lalu, poin yang dimuat juga harus informatif dan komunikatif. Maksudnya, poin yang ditampilkan adalah ide pokok dari penjelasan yang dikemukakan.
  2. Penjelasan dari pemateri memegang peran penting. Penjelasan yang anda kemukakan haruslah jelas dan lengkap. Satu hal yang terpenting dalam presentasi, penjelasan jangan dimasukkan kedalam layout presentasi yang anda buat!
  3. Kerja tim. Setiap anggota kelompok harus menguasai materi yang disajikan agar dapat menjawab pertanyaan audiens dengan mudah. Satu saja orsng yang tidak menguasai materi, maka nilai yang lain juga ikut turun.
  4. Jangan terburu-buru. Jangan cepat-cepat saat memberikan penjelasan. Kebanyakan dari siswa mempresentasikan makalahnya buru-buru agar cepat selesai. Sayangnya, hal tersebut berakibat pada perolehan nilai yang tidak maksimal. Sebaiknya presentasikan makalah dengan kecepatan yang rasional sesuai dengan bobot makalah dan audiens.
  5. Tambahkan objek pendukung secukupnya. Objek pendukung akan membantu penyampaian materi. Tambahkan gambar, tabel, grafik, atau video agar presentasi anda lebih menarik perhatian. Satu lagi, usahakan sesedikit mungkin huruf yang termuat dalam materi presentasi anda.
  6. Desain komunikatif. Apa maksudnya komunikatif? Contohnya adalah penggunaan warna font hitam diatas background putih. Gunakan warna yang kontras agar materi anda bisa terbaca oleh audiens.
Semoga dengan membaca artikel ini, anda dapat membuat presentasi yang lebih baik dari sebelumnya. Terima kasih kunjungannya, dan sampai jumpa.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *