Sifat Yang Memiliki Pengertian Serupa Tapi Tak Sama

August 29, 2015
Manusia memiliki banyak sifat yang berbeda. Beberapa diantaranya memiliki pengertian yang serupa tapi tak sama. Artinya, jika dilihat sepintas terlihat tidak berbeda namun jika ditilik lebih jauh, maka akan terlihat perbedaan yang mencolok diantara keduanya. Apa saja sifat-sifat tersebut?

sifat manusia yang serupa tapi tak sama

1. Sombong x Percaya Diri


Sepintas terlihat tidak berbeda, orang sombong dan percaya diri akan sama-sama suka menonjolkan kemampuan diri. Namun jika dilihat lebih jauh, orang sombong akan terlihat lebih kearah omong kosong dan semua hal yang diperlihatkannya bersifat fiktif dalam rangka menaikkan harga dirinya dihadapan orang lain. Sedangkan orang percaya diri akan menunjukkan kemampuan dirinya yang memang benar ada dengan tujuan mencari peluang atau memang sedang unjuk diri.

2. Pelit x Hemat


Anda termasuk orang pelit atau hemat? Jika dilihat sepintas, pelit dan hemat memiliki persamaan, yaitu sama-sama tidak mau mengeluarkan uang. Namun bagaimana jika dilihat lebih dalam? Orang pelit akan mencegah uang keluar dari dompetnya sampai semaksimal mungkin, bahkan jika itu untuk sumbangan atau pun iuran wajib. Sedangkan orang hemat mencegah pengeluaran tak terkendali bukannya menghindari iuran wajib atau sumbangan. Oh ya saya akan memberitahu apa itu "hemat" yang sesungguhnya yaitu mencegah pengeluaran tak terkendali tapi tidak sampai mempengaruhi kebutuhan primer atau pun kewajiban. Artinya anda tidak mungkin melakukan hemat makan apalagi hemat tidak bayar listrik.

3. Cerdas x Pintar


Cerdas dengan pintar terlihat hampir sama. Persamaannya terletak dalam wawasan ilmunya yang sama-sama luas. Namun, jika dilihat lebih dalam akan nampak beberapa perbedaannya terutama dalam hal pemecahan masalah. Orang pintar cenderung kaku dan terburu-buru dalam menyelesaikan masalah. Sedangkan orang cerdas akan mencari jalan tercepat dan terbaik saat memecahkan masalah. Begitu pula dengan kondisi sosial. Orang cerdas akan cenderung lebih populer dari pada orang pintar.

4. Tegas x Kejam


Sekilas terlihat sama, yaitu sama-sama berbicara lantang. Namun orang tegas bertindak dengan prinsip disiplin sedangkan orang kejam bertindak dengan prinsip penyiksaan atau ketidaksukaan. Orang kejam selalu ingin menjatuhkan orang lain.

5. Licik x Baik


Kalau yang ini seharusnya semuanya sudah tahu, apa lagi orang yang pernah mendapat teman yang ternyata suka membicarakan orang lain dibelakangnya. Orang licik biasanya akan kelihatan 'baik' di muka namun menjatuhkan dibelakangnya, sedangkan orang baik memang benar-benar ingin melakukan kebaikan dari dalam hatinya. Orang licik terkenal dengan sebutan "bermuka dua".

Bagaimana dengan anda? Saya memiliki prinsip jika mau hancur, hancurlah sekalian. Jika mau baik, yang baik sekalian. Jangan setengah setengah. Untuk apa memiliki hal yang mirip-mirip kalau ada yang lebih baik? Barang KW bukanlah sesuatu yang bisa dibanggakan bukan?

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 Comments

Write Comments
Saepul Bahri
AUTHOR
August 29, 2015 at 11:58 PM delete

Yaapz
Ane agak mendekati pelit x hemat gan
Kata org pelit tpi kta ane mah hemat tah
He

Reply
avatar
saliman store
AUTHOR
August 30, 2015 at 1:19 AM delete

emm sesuatu yang mendekati ya, kaya benci sama cinta beda tipis ya gan ehhe

Reply
avatar
Anas07
AUTHOR
August 30, 2015 at 4:19 AM delete

Wah, bnr bgt tuh yg Sombing vs percaya diri. Saya punya tmn byk omong kosong nya, tpi ga ada bukti..

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *