Avanza Dan Mio Ternyata Memiliki Arti Lho!

Anda tahu merk mobil Toyota Avanza dan Yamaha Mio kan? Berani taruhan, nada pasti tidak tahu arti dari dua seri otomotif tersebut karena memang mana ada orang tanya arti nama seri sebelum beli mobil atau motor kan? Tapi, ternyata dua kata ini memiliki yang mendalam.

Baca Juga : Zat Zat Berbahaya Knalpot Beserta Efeknya

Avanza

avanza
Avanza Generasi Pertama


Mobil ini sudah memiliki label 'Mobil Sejuta Umat' sehingga sudah tidak asing lagi di telinga kita. Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada acara Gakindo Auto Expo pada tahun 2003,  dan pada tahun yang sama mobil ini terjual sebanyak 100 ribu unit. Avanza banyak digunakan sebagai kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum (Biasanya antar jemput), karena mobil ini dipatok dengan harga yang tidak begitu tinggi (Sekitar 160 juta rupiah).

Lantas apa arti dari kata 'Avanza' ini? Kata Avanza sendiri berasal dari bahasa italia 'Avanzato' yang berarti peningkatan atau kemajuan. Sepertinya kita sudah bisa mulai menebak mengapa pihak Toyota memberikan nama Avanza ini.

Avanza juga memiliki saudara kembar yaitu Daihatsu Xenia. Kenapa? Karena kedua mobil tersebut memiliki struktur yang hampir sama mulai dari mesin sampai body.

Mio

Mio
Mio Classico 1
Kalau Avanza adalah 'Mobil Sejuta Umat', maka Mio memiliki label 'Motor Sejuta Umat'. Motor ini digunakan oleh banyak orang dari seluruh lapisan masyarakat. Awalnya motor ini ditujukan untuk para pengendara wanita, namun seiring berjalannya waktu, motor ini juga mulai digunakan oleh kaum pria.

Yamaha Mio pertama kali dirilis untuk pasar low end pada tahun 2003. Yamaha Mio sendiri juga sudah merilis 3 generasi. generasi pertama disebut M1, kedua disebut M2, dan ketika disebut M3 . Oh ya, Mio juga berhasil mengukir sejarah sebagai produksi unit yang ke 20 juta tepat pada tanggal 21 April 2011. Wah keren ya?

Sedangkan kata 'Mio' sendiri juga berasal dari bahasa Italia yang berarti 'cantik'. Jelas dong, kenapa produk ini disasarkan untuk para pengendara wanita.

Info Menarik Lainnya : Google Garap Teknologi Infrastruktur
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

5 comments for "Avanza Dan Mio Ternyata Memiliki Arti Lho!"

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog.