Aristoteles SI Ahli Filsafat Dari Yunani

June 24, 2015
"Kemiskinan adalah bapaknya revolusi dan kejahatan". Itulah, salah satu quote dari ahli filsafat dari Yunani ini. Yups, Aristoteles merupakan salah satu tokoh dunia yang disegani karena kejeniusannya dan berbagai kalimat-kalimatnya yang dapat memotivasi serta memiliki bobot kebijakan yang sangat tinggi. Ingin tahu bagaimana riwayat lengkap sang Bapak Ilmu Pengetahuan ini? Baca terus artikel ini!

Latar Belakang


Aristoteles adalah pria yang lahir di Stagmirus, Macedonia. Pada tahun 384 SM. Ayahnya bernama Nocomachus  berprofesi sebagai dokter di istana Amyntas III. Sang ayah meninggal saat Aristoteles  masih berusia 15 tahun. Karena itu, kemudian ia dirawat oleh Proxenus, pamannya (Saudara dari ayahnya). Pada usianya yang ke 17 ia masuk akademi milik Plato di Athena. Kemudian menjadi murid Plato selama 20 tahun

Sepeninggal Plato


Dengan meninggalnya Plato pada tahun 347 SM, Aristoteles meninggalkan Athena dan mengembara selama 12 tahun. Dalam jenjang waktu itu ia mendirikan akademi di Assus dan menikah dengan Pythias yang tak lama kemudian meninggal. Ia lalu menikah lagi dengan Herpyllis yang kemudian melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Nicomachus seperti nama ayah Aristoteles. Kemudian ia juga mendirikan akademi di Mytilele. Saat itulah, ia sempat menjadi guru Alexander Agung selama 3 tahun.

aristoteles quotes and history sejarah

Karya Besar


Aristoteles adalah orang pertama yang mengatakan bahwa bumi itu bulat (Sebelum kemudian dicetuskan oleh Copernicus berdasarkan penjelajahan) melalui pengamatannya tentang terjadinya gerhana. Ia juga yang mengeluarkan pendapat bahwa manusia adalah makhluk sosial. Dia juga yang mengeluarkan sepuluh jenis kata yang dikenal oleh orang-orang jaman sekarang.

Kabur karena takut dihakimi para pembenci Alexander Agung


Pada tahun 323 SM, Alexander Agung meninggal. Karena takut dibunuh orang Yunani yang membeni pengikut Alexander, Aristoteles akhirnya melarikan diri ke Chalcis. Aristoteles akhirnya meninggal setahun kemudian setelah pelarian di usianya yang 62 tahun.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 Comments

Write Comments
Dicha dwi
AUTHOR
June 24, 2015 at 5:57 AM delete

wih ternyata jaman dulu pun sudah ada para ahli toh :)

Reply
avatar
Faidzin 22
AUTHOR
June 24, 2015 at 7:34 AM delete

wahh, kemarin ane baru presentasi ini gan bulan april, sama, nice post

Reply
avatar

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *