Mark Elliot Zuckerberg Sang Pencipta Facebook

June 23, 2015
Siapa yang belum pernah menggunakan Facebook? Semua pasti sudah pernah menggunakan layanan jejaring sosial terbesar di dunia tersebut. Lantas, siapakah pembuatnya? Yak, Mark Ellliot Zuckerberg lah jawabannya! Ingin tahu kisah lengkapnya? Yuk simak artikel ini.

Latar Belakang


Mark Elliot Zuckerberg lahir pada 14 Mei 1984, di kawasan Dobbs Ferry, Westchester County, New York, Amerika Serikat. Ia adalah anak dari pasangan Edward dan Karen Zuckerberg. Ayahnya berprofesi sebagai seorang dokter gigi sedangkan ibunya berprofesi sebagai seorang psikiater.

Sejak kecil, Mark Elliot Zuckerberg sudah mengenal dan suka mengutak-atik komputer. Ketika berusia 8 tahun, ia dibelikan komputer oleh orang tuanya. Ia mulai mecoba melihat-lihat berbagai program komputer dan belajar membuatnya.


Awal dari facebook


mark eliot zuckerberg quotes and historyAwal mula idenya tentang Facebook adalah saat ia mulai bersekolah di Universitas Harvard, yaitu ketika universitasnya tidak membagikan facebook ( buku mahasiswa yang memuat foto dan identitas). Ia mencoba membuat facebook tersebut agar tersedia secara online dalam rangka sebagai ajang pertemanan diantara seluruh mahasiswa di universitas tersebut, namun ide ini ditolak ole pihak universitas.

Divonis mencuri data


Penolakan inilah yang membuat Mark Elliot Zuckerberg bertekad untuk membuatnya sendiri dan hasilnya, ia berhasil membuat Course Match (www.coursematch.com), yang memungkinkan teman-teman sekelasnya saling berkomunikasi di website tersebut. Selanjutnya, ia membuat website yang bernama Facemash, namun tragis nasibnya, karena Pihak Harvard mengetahui hal ini, maka Zuckerberg diperkarakan dengan kasus pencurian data. Maka, Mark Elliot Zuckerberg pun meminta maaf kepada rekan-rekannya yang fotonya terpajang di Facemash.

Tidak kapok, Mark Elliot Zuckerber mencoba yang lagi, kali ini ia meluncurkan website baru dengan nama Facebook (www.thefacebook.com). Website ini merupakan penyempurnaan dari Facemash namun tetap dijadikan tempat pertemuan bagi sesama mahasiswa di Universitas Harvard. Web ini diluncurkan tanggal 4 Februari 2004.

Facebook
Antarmuka Facebook Saat Ini

Beberapa waktu kemudian, Mark Elliot Zuckerberg pindah ke Palo Alto, California, bersama beberapa rekannya. Mereka menyewa rumah kecil yang kemudian dijadikan kantor pertama mereka. Pada tanggal 5 September 2006, Facebook meluncurkan News Feed, yaitu sebuah produk untuk menunjukkan segala sesuatu yang dilakukan oleh orang - orang di situs.

Karena News Feed ini belum sempurna, maka program tersebut menuai banyak kritikan. Untuk itu, Mark Elliot Zuckerberg meluncurkan Facebook Platform, yakni sebuah platform pengembangan bagi para programmer untuk membuat aplikasi sosial dalam Facebook.

Kesuksesan


Pada awal tahun 2008, Mark Elliot Zuckerberg mendapat penghargaan Young Global Leaders. Ia juga berada pada jajaran 400 orang terkaya di Amerika versi Forbes, dan dinobatkan sebagai orang kaya yang paling muda?

Sungguh sebuah kisah yang inspiratif bukan? Salah satu kunci keberhasilan sang pendiri Facebook ini adalah ia tidak menyerah meskipun terlibat berbagai masalah saat ia berusaha menciptakan jejaring sosial. Semoga kita juga tidak menyerah saat ingin mencapai suatu tujuan ok?

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *