Checklist Yang Perlu Diperhatikan Oleh SEO Specialist

Ada banyak hal yang bisa dibahas di dunia SEO (Search Engine Optimization). Seperti yang kita ketahui, SEO merupakan salah satu cabang dalam digital marketing yang membahas cara menampilkan website di halaman pencarian Google. Karena keefektifannya, SEO menjadi semakin diminati dan bahkan banyak perusahaan yang mulai mempekerjakan para professional di bidang ini.

Karena banyak permintaan dengan harga tinggi tersebut, maka tidak heran banyak orang yang berlomba-lomba masuk ke dunia SEO. Saya sendiri awalnya cukup skeptis dengan ini, dan tidak memikirkan kalau skill SEO akan menjadi sangat berguna di kemudian hari. Namun faktanya sekarang hampir semua orang yang belajar digital marketing, selalu menanyakan prospek dunia SEO.

Mengapa SEO?

Padahal ada banyak sekali cara pemasaran yang lebih cepat di luar sana, seperti Facebook dan Google Ads. Tapi kenapa SEO masih tetap tinggi peminatnya?

Checklist Yang Perlu Diperhatikan Oleh SEO Specialist

Jawabannya simpel. Ada kalanya orang tidak ingin berinteraksi dengan iklan, dan hanya mau membaca hal yang diproduksi secara organik (tidak melibatkan faktor lain, konten dibuat murni dari hati si pembuat).

Contohnya ketika anda ingin mencari review tentang HP Xiaomi, tentu anda tidak akan mau membaca konten yang diiklankan oleh brand tersebut. Anda tentu mencari tulisan para reviewer yang ditulis murni bukan?

Selain karena perilaku pasar tersebut, SEO juga memberikan banyak keuntungan bagi bisnis. Beberapa di antaranya:

  1. Tidak membutuhkan biaya iklan. Anda tidak perlu melakukan top up saldo seperti saat menggunakan digital ads. Cukup dengan membuat website saja, maka brand anda bisa tampil di Google
  2. Karena tidak membutuhkan biaya iklan, maka brand anda bisa tetap tampil di hasil pencarian sampai kapan pun. Artinya, anda bisa mendapatkan hasil jangka panjang dari SEO ini.
  3. Website anda bisa tampil dari berbagai keyword yang relevan. Apabila situs anda bisa tampil terus-menerus dengan frekuensi yang cukup tinggi, maka bisa meningkatkan brand image anda secara signifikan

Memang banyak kelebihan yang bisa didapat. Tapi tentu saja SEO ini bukan masalah yang mudah. Google terus merubah dan melakukan upgrade pada algoritma mereka, sehingga tidak semua pemilik website bisa serta merta mendapatkan hasil dari SEO begitu saja. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika akan menjalankan startegi SEO.

Checklist-cheklist Penting dalam SEO

Bagi anda yang mau terjun ke dunia SEO namun tidak tahu harus mulai dari mana, berikut saya berikan beberapa checklist yang bisa anda gunakan sebelum terjun ke dunia per-SEO-an ini.

On Page SEO

On Page SEO merupakan cabang SEO yang membahas tentang bagaimana cara mengoptimasi faktor internal website kita. Di dalam On Page SEO, berikut hal-hal yang perlu anda perhatikan:

  • Heading, heading berfungsi seperti index di dalam buku. Susunan heading yang tepat dan teratur, bisa membantu Google dalam memahami isi konten yang anda buat
  • Judul artikel, semua artikel pasti memiliki judul. Agar artikel anda bisa tayang di Google dengan mudah, maka anda wajib membuat judul yang baik. Baik dari sisi keyword maupun baik dari sisi keterbacaan
  • Alt tag, Google tidak bisa membaca gambar. Namun Google bisa memahami konteks gambar melalui tag ALT yang anda tambahkan di dalam gambar tersebut
  • URL, susunan URL haruslah teratur dan tidak terkesan random generated. Ada banyak konten di luar sana yang menggunakan susunan URL yang kurang baik, sehingga sulit tampil di hasil pencarian.
  • Internal links, internal links membantu pembaca untuk menjangkau artikel lain yang relevan tanpa membuang banyak waktu. Tentu Google juga akan lebih mengapresiasi konten yang tidak buntu
  • Content Pillar, dari sisi pembaca, tentu mereka jauh menyukai website yang memiliki spesialisasi di satu bidang tertentu saja. Sehingga mereka bisa mendapatkan informasi yang relevan lebih mendalam, tanpa kesulitan. Content pillar juga membantu pemilik website untuk tidak membuat konten yang keluar dari jalur.

Off Page

Kalau On Page adalah masalah internal, maka Off Page adalah masalah dari sisi eksternal atau dari luar website. Apa saja faktor yang perlu diperhatikan?

  • Backlink, meskipun sering dibilang bahwa backlink bukanlah faktor penentu, namun faktanya Google masih menggunakan backlink sebagai salah satu indikator dari reputasi sebuah website. Backlink merupakan link dari luar website yang masuk ke dalam website anda. Cara kerjanya hampir sama seperti referensi di dunia nyata.
  • Competitor research, anda tentu tidak mungkin bisa menjadi nomor 1 di ladang yang tidak anda kuasai. Karena itu, sebagai seorang SEO specialist, wajib untuk memahami siapa saja kompetitor yang berada di bidang yang sama dengan anda
  • Guest posting, guest posting merupakan aktivitas menulis di website orang lain dengan tujuan untuk membangun jaringan link (link building)

Technical SEO

Technical SEO adalah bidang SEO yang membahas urusan teknis dari website. Untuk bisa menangani technical SEO secara lancar, anda perlu memahami sedikit tentang coding dan pemrograman.

  • Stabilitas server, baik Google maupun pengunjung, keduanya tidak menyukai halaman website yang langganan down alias tidak bisa diakses. Seorang SEO Specialist memang tidak perlu merangkap sebagai Server Specialist juga, namun setidaknya harus memahami mengapa server bermasalah
  • Broken link, tidak ada yang menyukai jalan buntu. Begitu juga dengan dunia SEO, bayangkan jika pembaca atau Google menemukan sebuah link yang menjanjikan namun ternyata tidak bisa diakses. SEO Specialist wajib mampu mengidentifikasi broken link dan memperbaikinya dengan baik
  • Crawling report, Google memiliki budget untuk merayapi sebuah situs dan memberikan laporannya kepada pemilik website. Di sinilah kemampuan SEO specialist dibutuhkan, yaitu memonitor mana saja halaman yang berhasil dan gagal dirayapi
  • Core Web Vitals, digaungkan sejak 2018, core web vitals merupakan metrik UX (User Experience) yang dibuat oleh Google untuk mengukur seberapa ramahnya sebuah website terhadap pengalaman pengguna. Core web vitals membahas seputar kecepatan muatan website, dan SEO specialist wajib mengerti apa saja faktor yang dinilai oleh metrik ini, kemudian mengoptimasikannya.

Mulailah Dari On Page SEO Terlebih Dahulu

Tidak tahu dari mana memulai? Maka mulailah dari On Page terlebih dahulu! Sama seperti ketika anda akan membangun bisnis, tentu anda akan mengurus internalnya terlebih dahulu bukan?

Setelah On Page beres, baru anda bisa menangani masalah lainnya. Dan tentu saja ada banyak strategi yang harus terapkan juga selain dari yang disebutkan di artikel ini. Namun checklist ini sudah cukup jika anda merupakan SEO pemula yang baru saja memulai karir.

Ingat, SEO bukan strategi yang bisa memberikan hasil dalam waktu yang singkat. Di beberapa kasus, bisa saja SEO baru memberikan hasil setelah lebih dari 6 bulan. Karena itu, tetap konsisten dan sabar! Anda pasti akan mendapatkan hasil ketika waktunya tiba.

Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana

Post a Comment for "Checklist Yang Perlu Diperhatikan Oleh SEO Specialist"