Bagaimana CRM Bisa Membantu Efektivitas Digital Marketing

Memasarkan produk di dunia digital dan mendapatkan prospek dari sana memang merupakan masalah yang kompleks. Sekarang, bagaimana nasib prospek-prospek yang anda dapatkan dari strategi yang anda lakukan dengan susah payah tadi? Apakah akan anda tinggalkan begitu saja?

Salah satu kesulitan yang juga menjadi isu besar adalah bagaimana cara merawat prospek-prospek yang sudah didapatkan ini. Tidak mungkin dong semua prospek yang sudah didapatkan itu, tidak diolah lagi sampai menjadi pelanggan. Karena jika seperti itu, maka untuk apa pusing-pusing menyusun strategi digital marketing sejak awal?

Berkenalan dengan CRM (Customer Relationship Management)

Masalah digital, tentu harus diselesaikan dengan cara digital juga. Jangan sampai prospek/leads yang didapatkan dari digital marketing dicatat manual di buku, karena secara tidak langsung ya itu mengurangi efisiensi dari digital marketing itu sendiri.

Bagaimana CRM Bisa Membantu Efektivitas Digital Marketing

Mengapa? Tentu kita tahu bahwa database yang kita miliki bisa diolah lagi. Apa poinnya jika kita ingin mengolah database kita sendiri, kita harus membongkarnya secara manual? Tidak efektif, buang-buang waktu, dan tentu saja melelahkan.

Di sini CRM atau biasa disebut sebagai Customer Relationship Management hadir untuk memberikan solusi. Secara garis besar, CRM berfungsi sebagai software untuk mengelola prospek dan database yang kita miliki. Database itu nantinya bisa kita gunakan untuk tujuan apapun, termasuk untuk targeting digital ads. Bagaimana caranya?

Cara Kerja Software CRM

Simpelnya, CRM merekam setiap prospek yang masuk ke channel pesan kita secara otomatis. Misalnya ketika ada prospek yang masuk ke WhatsApp, maka CRM akan secara otomatis mencatat prospek tersebut dan menandainya berdasarkan meta data yang kita tentukan.

Setupnya mungkin akan sulit di awal, tapi setelah itu semua strategi pengelolaan customer kita akan berjalan secara otomatis. Karena itu CRM menjadi bagian vital dalam bidang marketing automation.

CRM membantu proses email marketing

CRM seperti HubSpot bisa mencatat dan menandai customer berdasarkan dari label yang kita inginkan. Misalnya kita bisa menandai customer yang masih bertanya namun belum membeli sebagai Potensial. Setelah itu, kita bisa melakukan follow up otomatis sesuai dengan label yang kita tentukan.

Dari label Potensial tadi misalnya, kita bisa mengirimkan broadcast secara berkala yang terpersonalisasi. Dan ketika ada customer yang mengambil langkah lebih lanjut, maka CRM bisa otomatis mencatat langkah tersebut dan mengelompokkan customer tadi ke kategori yang baru. Semuanya berjalan secara otomatis.

CRM juga bisa membantu mencatat transaksi

Di beberapa sistem yang lebih kompleks, CRM juga bisa membantu mencatat transaksi berikut dengan kategori barang yang dibeli beserta ID order dan nominalnya. Dengan begitu, anda sebagai pemilik toko bisa mendata dengan mudah mana saja customer yang memiliki masalah dengan pembeliannya.

Dan juga bisa membantu pihak customer service untuk melakukan follow up apabila masalah terjadi.

Bisa juga dipakai untuk targeting 

Salesforce merupakan salah satu contoh CRM yang bisa diintegrasikan dengan Google Ads dan Facebook Ads untuk digunakan sebagai targeting maupun untuk tracking conversions. Karena menggunakan data di CRM, otomatis akurasi tracking-nya akan 100% akurat karena data yang digunakan adalah data yang nyata.

Kunjungi link ini untuk mendapatkan penawaran khusus dari CRM Qontak Indonesia: bit.ly/LKDwinandha 

Integrasi semua channel perpesanan menjadi 1 dashboard

Dari semua fungsi di atas, justru fungsi inilah yang paling penting.

Bayangkan ketika anda memasarkan bisnis anda lewat IG Ads, dan kemudian ada user yang menanyakan melalui DM Instagram. Apakah anda akan lewatkan begitu saja hanya karena anda tidak sempat memantau dasbor DM Instagram? Bagaimanapun customer yang mengajukan pertanyaan adalah prospek yang potensial, terlepas di mana pun dia bertanya.

Namun tentu saja memantau banyak dashboard chat dalam satu waktu bukan permasalahan yang mudah. Apalagi jika anda adalah seorang yang sangat sibuk dan harus menangani ratusan prospek setiap harinya.

Masalah ini bisa dijawab oleh CRM, dimana CRM bisa mengintegrasikan seluruh dashbaord menjadi satu. Bahkan CRM bisa saja mengirimkan jawaban otomatis agar customer tidak merasa dicuekin dan kemudian memilih channel perpesanan yang tersedia.

Banyak Sekali Kelebihan yang Bisa Didapatkan dari CRM

Memang harga CRM yang beredar di Indonesia tidak bisa dibilang murah. Namun dengan kelebihan yang ditawarkan, rasanya harga yang ditawarkan cukup masuk akal. Apalagi jika bisnis anda sudah memiliki banyak pelanggan dengan ragam kebutuhan yang kompleks.

Apabila skala bisnis anda masih termasuk dalam usaha mikro, kemungkinan anda belum memerlukan CRM yang terlalu kompleks. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa menyesuaikan kebutuhan anda ke representatif masing-masing CRM.

Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana

Post a Comment for "Bagaimana CRM Bisa Membantu Efektivitas Digital Marketing"