Ini Dia 7 Situs Terpercaya Untuk Melamar Kerja, Sudah Coba Semua?

7/02/2020
Mencari pekerjaan memang bukan masalah simpel, apalagi ketika jumlah tenaga kerja berkualitas yang terus bertambah sedangkan pertambahan jumlah lowongannya tidak begitu banyak. Bagi pencari kerja yang tidak begitu mengerti darimana sumber informasi lowongan, tentu akan menemui kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan.

Untungnya teknologi selalu berkembang, dan sekarang cukup banyak jobsite atau situs lowongan kerja berkualitas yang telah beroperasi. Dan ini berarti, para pencari kerja bisa menemukan informasi lowongan lewat situs online dimana ini sangat menghemat waktu, biaya, dan bisa diakses oleh semua orang!

7 Situs Lowongan Kerja Terpercaya

Nah, kira-kira apa saja sih situs lowongan kerja yang bisa dipercaya dan diandalkan? Berikut saya infokan 7 situs terpercaya untuk melamar kerja, gratis!

1. Jobstreet

Mungkin semua orang sudah tahu situs lowongan kerja yang sering kirim email dengan judul 'Lina dari Jobstreet' ini. Ya, Jobstreet merupakan salah satu situs lowongan kerja yang paling sering digunakan baik dari perusahaan (startup sampai kelas dunia) dan pencari kerja.

Cara pakainya juga tidak sulit. Cukup daftar di situs resminya di jobstreet.com, lalu isi data yang diminta. Setelah itu kita bisa langsung mulai melamar kerja langsung lewat situsnya tanpa perlu repot lagi. Jobstreet juga memberikan informasi rata-rata respon dari setiap perusahaan yang akan dilamar, mulai dari cepat (1-3 hari) sampai lambat (lebih dari 2 minggu).

Mungkin ada orang yang mengalami kesulitan saat melamar kerja di situs ini (tidak pernah dapat panggilan interview atau yang lainnya). Tenang dan jangan menyerah! Coba cek data-data pribadi dan perkenalan diri sebelum lanjut melamar lagi, siapa tahu belum lengkap.

2. Indeed

Indeed juga hampir sama dengan situs lowongan kerja di atas, tinggal daftar dan kita bisa langsung melamar lewat web/aplikasinya. Bedanya, Indeed juga menyertakan lowongan yang tidak terdaftar di dalam situsnya (lowongan dari situs luar, misalnya dari situs internal perusahaan). Beberapa lowongan di Indeed juga mensyaratkan beberapa data tambahan (seperti tes kognitif dan cover letter).

Di bagian CV, Indeed juga menyediakan kolom pencapaian dan sertifikat. Sehingga kita bisa mencantumkan semua prestasi dan sertifikat yang diperoleh langsung di dalam CV Indeed. Semua ini tentu berguna untuk meyakinkan recruiter agar mau memanggil kita untuk menghadiri wawancara kerja. Oh ya, CV di Indeed juga bisa diunduh jika kamu masih belum punya file CV sendiri loh!

Indeed juga memberikan beberapa tanda khusus untuk lowongan spesial, yaitu responsive employer (perusahaan yang selalu merespon dengan cepat), urgently hiring (butuh cepat) dan hiring multiple candidates (mencari kandidat lebih dari 1 untuk posisi yang sama). Tanda-tanda ini tentu sangat membantu kita untuk mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah.

3. Glints

Glints merupakan situs lowongan kerja asal Singapore. Situs ini berfokus pada perusahaan startup di Asia Tenggara, sehingga sebagian besar lowongannya berasal dari perusahaan startup (terutama yang berbasis teknologi). Di Glints, kamu juga bisa menemukan forum tanya jawab dan kelas online untuk membantu perkembangan karirmu.

Tidak jauh berbeda dengan situs lowongan kerja lainnya, kamu bisa mengisi CV langsung di sana yang bisa digunakan untuk melamar tanpa perlu kirim-kirim berkas lagi. Namun ada bagian dimana kamu bisa meng-upload dokumen penting seperti sertifikat atau transcript nilai agar bisa dilihat langsung oleh recruiter. Jika dilengkapi dengan baik, ini bisa meningkatkan kemungkinan kamu dipanggil interview. Kamu juga bisa menyetel privasi profil ke 'publik' agar profilmu bisa diakses oleh HRD/Talent Hunter, dan mereka bisa mengontakmu jika sewaktu-waktu mereka ingin menawarkan pekerjaan.

Glints juga menawarkan fitur TalentHunt/VIP Member untuk pencari kerja dengan pengalaman minimal 1 tahun di bidang yang terkait. 

4. TechInAsia

TechInAsia atau biasa disingkat TIA memiliki kemiripan karakteristik yang cukup dekat dengan Glints. Yaitu sama-sama berfokus pada startup, terutama teknologi dan fintech. Bedanya, di TechInAsia kamu tidak akan dimintai cover letter atau surat lamaran.

TechInAsia juga menyediakan berbagai insight tentang pertumbuhan startup, barangkali jika kamu membutuhkannya. Sayangnya ada beberapa berita yang hanya ditulis untuk pelanggan premium, jadi jika kamu hanya pelanggan biasa maka kamu memiliki batasan untuk mengakses berita dari sana.

5. AMBIZ

AMBIZ merupakan platform spesialis magang dan internship. Namun belakangan ini AMBIZ juga menyediakan pekerjaan full-time bagi para kandidatnya. Salah satu hal yang menarik dari platform ini adalah, kamu tidak diminta untuk mengisi GPA/IPK maupun membuat CV. Sehingga pertimbangan untuk penerimaan di AMBIZ benar-benar bergantung pada seberapa jauh kemampuan dan skill kamu.

AMBIZ juga menyediakan kelas dan webinar untuk kamu yang mau belajar lebih jauh. Mereka juga sering mengirimkan undangan via e-mail, dimana ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

6. LinkedIn

Yang satu ini cukup spesial, sebab LinkedIn ini adalah gabungan antara jobsite dengan sosial media. LinkedIn cukup terkenal di kalangan profesional dan B2B (Business to Business) Marketers. LinkedIn bisa menjadi CV berjalan kamu, dimana kamu bisa mempromosikan profil di Timeline. Jika kamu menggunakannya dengan tepat, bukan tidak mungkin malah HR perusahaan yang menghubungi kamu tanpa perlu melamar.

LinkedIn juga menyediakan fitur easy apply yang artinya kamu hanya perlu melamar langsung lewat LinkedIn, tanpa perlu menyediakan dokumen aneh-aneh dan cukup menggunakan profil LinkedIn-mu saja. Nantinya semua notifikasi status lamaran akan langsung muncul di dalam aplikasi LinkedIn-mu.

Dan LinkedIn juga mendukung community building seperti layaknya social media lain (Instagram, Facebook, atau bahkan TikTok). Bedanya, kamu harus menggunakan bahasa profesional dengan data yang valid mengingat pengguna LinkedIn semuanya adalah profesional.

Kamu juga bisa membuat group, fanspage, atau mengakses kursus online gratis (lengkap dengan sertifikatnya juga!). Kamu juga bisa mengambil tes yang nantinya jika kamu lulus, maka statusnya akan muncul di profil kamu. Lumayan kan untuk lebih meyakinkan HR saat kamu melamar kerja.

Sebelumnya, tim xinfczd sudah pernah menulis tentang LinkedIn secara lengkap. Kamu bisa mengaksesnya di link ini:

7. Kalibrr

Kalibrr memberikan sentuhan berbeda pada proses penyortiran kandidat. Beberapa di antaranya adalah, kamu bisa langsung menghubungi perusahaan lewat fitur chatting di dalam aplikasi, atau bahkan mengikuti psikotes online langsung di Kalibrr! Ini tentu juga mempermudah kandidat dalam mengerjakan tes, sebab kandidat bisa mempersiapakan diri sebaik-baiknya sebelum mengambil tes.

Dan sama seperti jobsite yang lain, Kamu juga bisa melamar langsung di Kalibrr tanpa perlu mendesain CV yang merepotkan, sebab Kalibrr sudah menyediakan tempat untuk menuliskan pengalaman dan latar belakang kamu.

Itulah 7 situs terpercaya untuk melamar kerja. Pastikan kamu sudah membaca seluruh persyaratan dan deskripsi lowongannya terlebih dahulu sebelum melamar dan gunakan fitur search untuk mencari lowongan di posisi tertentu. Terakhir, jangan lupa lengkapi semua berkas dan selalu aktif merespon pesan yang diberikan oleh perusahaan. Semoga sukses!

A person who loved to learn and share
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *