Butuh Tempat Konsultasi Karir? Coba Glints Community!

7/18/2020
Masalah karir memang bisa bikin kepala pusing, apalagi kalau kamu baru lulus kuliah dan masih belum tahu bagaimana kondisi lapangan kerja yang sebenarnya. Memang sih sudah pernah magang, tapi magang kan masih dibantu universitas. Belum lagi persyaratan magang tidak seruwet syarat melamar pekerjaan full-tmie.

Nah sekarang bagaimana cara mengatasi hal ini? Apakah ada tempat untuk bertanya dan konsultasi soal karir? Well, admin xinfczd akan merekomendasikan Glints Community yang bisa kamu gunakan untuk bertanya apapun seputar karir.

Mulai dari persiapan wawancara, cara melamar yang baik dan benar, sampai menangani lingkungan toxic di kantor sekalipun juga ada. Di samping itu, kamu juga bisa langsung apply kerja yang ada di sana, karena Glints juga termasuk salah satu dari situs pencari kerja terpercaya di Indonesia.

Glints Community

Cara Menggunakan Glints Community

Pertama-tama tentunya kamu harus mendaftar akun baru terlebih dahulu. Kamu bisa mendaftar dengan e-mail atau dengan akun sosial media seperti Facebook dan LinkedIn. Setelah pendaftaran selesai, silahkan lengkapi profil kamu terlebih dahulu (sangat disarankan, akan dijelaskan di bagian lain artikel ini). Setelah itu, kamu bisa langsung mengakses forumnya di glints.id/community.

Kamu bisa melihat ada banyak sekali orang yang saling berdiskusi di sana, dan diskusinya juga dibagi-bagi menjadi beberapa kategori. Kamu pun juga bisa membaca-baca terlebih dahulu, siapa tahu ada yang sudah bertanya dan kamu bisa mendapatkan jawaban dengan lebih cepat. Jika ternyata memang tidak ada, maka kamu bisa mulai bertanya dengan tombol "Ask Question"

Antarmuka Glints Community

Selanjutnya kamu tinggal isi saja kolom-kolom yang diminta. Oh ya, kamu juga bisa membuat polling kalau sewaktu-waktu kamu mau melakukan survey di dalam forum. Pilihan untuk polling-nya juga bisa cukup banyak dan menyesuaikan kebutuhan.

Setelah selesai, kamu tinggal klik "Submit" dan pertanyaanmu akan langsung terpos.

Tanya Jawab dan Beraktivitas di Dalam Glints Community

Tentu saja kamu juga bisa menjawab pertanyaan atau sekadar memberi "like" (seperti di Reddit atau KasKus) kepada pertanyaan atau jawaban yang menarik bagimu. Dan tentu saja ada yang cukup menarik, dimana setiap pertanyaan yang cukup populer di dalam komunitas akan diangkat dan dipajang di homepage Glints.

Profil setiap penanya dan pemberi jawaban juga akan dimunculkan. Ini cukup menarik, sebab kamu bisa aktif di dalam forum sambil melakukan personal branding. Admin sendiri sudah pernah mencoba, dan hasilnya sangat baik sekali (bahkan admin sampai dijadikan responden untuk UI/UX Glints Community selanjutnya).

Status Aktivitas Glints Community

Dan tentu saja sangat disarankan untuk melengkapi profil Glints kamu terlebih dahulu sebelum aktif di dalam forum. Semua pertanyaan, komentar, dan jawaban yang kamu pasang akan tercatat di dalam profil! Dan semua itu bisa diakses oleh seluruh pengguna Glints! Jadi, pastikan kamu hanya memberikan pertanyaan dan jawaban yang terbaik ya!

HR Juga Bisa Memantau Kamu di Dalam Glints Community, Jadi Pastikan Hanya Berikan Impresi Terbaik!

Perlu diingat bahwa Glints merupakan platform atau website tenaga kerja, yang artinya semua pengguna bisa melamar/memasang lowongan pekerjaan. Ada HR dari ribuan perusahaan yang cukup aktif di dalam Glints, dan admin sarankan kamu jangan pernah melakukan tindakan yang tidak perlu (seperti asal menjawab atau asal bertanya). Salah-salah namamu bisa ditandai dan ini bisa menimbulkan masalah bagi karirmu!

Sekali lagi, semua riwayat kegiatanmu di dalam forum akan tercatat di profil. HR juga sewaktu-waktu bisa saja mengecek profilmu jika mereka merasa kamu memiliki potensi. Ingat, jangan melakukan spam komentar/jawaban/pertanyaan hanya untuk semata-mata terlihat aktif, sebab sekali lagi HR tidak pernah tertarik pada hal yang tidak memiliki nilai tambah.

Gunakan komunitas dari Glints ini dengan bijak. Dan sekarang kamu sudah tidak buta ketika ingin mencari nasihat karir, bukan? Selamat mencari petunjuk karir dan semoga sukses!

Indonesia Certified Digital Marketing Specialist
Owner of xinfczd.com

Follow me at: Instagram and LinkedIn

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *