Membongkar Kekuatan Dari Digital Marketing, Teknik Pemasaran Baru Berbasis Teknologi

Dunia promosi dan periklanan semakin lama semakin berkembang jauh. Pada jaman dulu, dunia internet mungkin tidak diperhitungkan sebagai tempat untuk media promosi. Bahkan, orang cenderung memandang sebelah mata pada dunia internet. Mereka beranggapan bahwa dunia internet hanyalah sekadar hiburan dan tidak cocok untuk para professional.

Namun, sekarang apa yang terjadi? Dunia internet banyak dipenuhi oleh para professional! Bahkan di media sosial yang katanya hanya untuk mainan anak muda alay yang baru masuk pubertas seperti Instagram sekalipun, sekarang banyak dihuni oleh akun perusahaan besar. Ini menunjukkan bahwa kekuatan dunia internet bukan hanya isapan jempol!



Dunia internet pun terus berkembang dan sekarang kita mengenal istilah Digital Marketing. Topik ini menjadi trending seiring dengan menguatnya bisnis di dunia internet. Bahkan, sekarang perusahaan memberikan posisi tersendiri bagi orang yang memahami dunia ini.

Apa itu Digital Marketing?

Simpelnya, Digital Marketing merupakan kegiatan pemasaran melalui media digital (teknologi). Dunia digital ini bisa mencakup Sosial Media, Website, Content, Video Kreatif, Copywriting, SEO (Search Engine Optimization) dan apa pun yang berbau dunia teknologi. Orang-orang zaman sekarang berlomba-lomba untuk menjual barang dan jasa lewat media digital.

Apa itu Digital Marketing?


Seorang Digital Marketing Specialist dituntut untuk memahami dunia digital dengan baik. Mulai dari demografi pengguna internet, sampai peka terhadap konten viral. Digital Marketing ini bisa dipelajari dan dikuasai siapa pun yang memiliki minat terhadap dunia digital, termasuk bagaimana mengolah big data atau kumpulan data pengguna yang dimiliki
.

Mengapa Digital Marketing bisa menjadi sangat populer?

Jawabannya mudah, karena tidak memerlukan biaya yang besar namun memiliki engagement yang sangat tinggi. Terutama di sosial media, dimana iklan bisa langsung menyasar ke pengguna yang ditargetkan. Dibandingkan dengan iklan papan reklame yang sangat random target, tentu anda lebih memilih beriklan di media sosial bukan?

Kita ambil contoh sederhana, ketika ada seseorang membuat sebuah akun media sosial bertemakan Teknologi, maka pengikut akun kita sudah pasti tertarik dengan dunia teknologi bukan? Nah, jika anda adalah sebuah perusahaan teknologi yang ingin beriklan, anda tentu akan memasang iklan di akun tersebut dan rasio konversinya tentu akan jauh lebih baik. Jika dibandingkan dengan beriklan di papan reklame yang terletak di tengah jalan, dimana tidak semua orang yang melihat memiliki ketertarikan terhadap dunia teknologi.

Mengapa Digital Marketing bisa menjadi sangat populer?


Alasan ini yang menjadikan dunia digital marketing menjadi semakin berkembang, dan kemudian diadopsi menjadi salah satu strategi dalam membangun sebuah perusahaan. Jaman sekarang, perusahaan besar mana yang tidak memiliki media sosial?

Bahkan menurut survey dari We Are Social, pengguna internet di Indonesia per Januari 2018 sudah mencapai 132,7 Juta atau 50% dari total populasi Indonesia sendiri! Sudah bisa membayangkan seberapa besar kekuatan dari dunia digital?

Statistik Pengguna Platform Digital di Indonesia
Statistik Pengguna Platform Digital di Indonesia

Apa saja kunci dari Digital Marketing?

Kebetulan saya juga bekerja menjadi Multi Channel Network, dimana tugas saya juga menerapkan strategi digital marketing dalam mengembangkan perusahaan. Sejauh ini, ada beberapa poin penting yang saya percaya menjadi kunci dari kesuksesan kampanye digital.

1. Konten adalah yang utama

Digital marketing berorientasi pada konten. Semakin menarik konten yang dibuat, maka semakin besar peluang suksesnya. Konten yang baik harus mengandung beberapa unsur seperti :
  • Mengundang feedback dari audiens
  • Memberikan informasi, baik hiburan atau product knowledge
  • Komposisi desain kata dan visual yang sempurna
  • Tertarget dan tidak mengambang
Keempat poin itu yang saya gunakan sebelum memutuskan untuk merilis suatu konten untuk kampanye. Kampanye yang tepat sasaran akan menghasilkan engagement yang lebih baik, dan tentunya menghasilkan konversi yang lebih baik juga bagi usaha anda.

Jika anda melakukan kampanye di media sosial, maka anda harus memastikan gambar yang anda buat serta narasi/caption yang ditulis sudah harmonis dan tidak bertolak belakang. Konten juga tidak boleh terlalu berat, sebab siapa yang mau melihat iklan yang harus dipikir terlebih dahulu?

2. Optimasi konten

Konten yang sudah dibuat perlu dioptimasi. Ada banyak cara melakukan optimasi konten, seperti beriklan. Anda perlu mempelajari bagaimana beriklan yang baik dengan platform yang cukup besar seperti IG Ads, FB Ads, atau Google Ads. Anda juga bisa memilih beriklan dengan influencer.

Namun, anda tidak bisa asal-asalan beriklan! Target audiens harus disesuaikan dengan tools yang sudah disediakan dari platform. Parameter seperti jenis kelamin, tempat tinggal, dan minat dari calon audiens harus disetel baik-baik.

Mengingat digital marketing juga berkaitan dengan big data, dimana salah satunya adalah penggunaan cookies (jejak pengguna di internet), maka anda wajib melakukan riset terlebih dahulu target minat audiens seperti apa yang anda butuhkan.

Ini juga berkaitan dengan dunia SEO atau Search Engine Optimization. Anda perlu melakukan riset kueri-kueri pencarian apa yang sering dicari oleh orang-orang di mesin pencari seperti Google. Tentu saja, hanya kueri yang berkaitan dengan usaha anda yang perlu dicari tahu.

Terakhir, jika anda bekerja sama dengan influencer, maka pastikan anda memilih influencer yang tepat. Berbagai tools pencari bakat seperti SociaBuzz bisa membantu anda untuk menemukan influencer yang tepat.

3. Desain dan kualitas platform

Jika anda menjalankan digital marketing di media sosial, maka anda harus memastikan bahwa desain feeds atau halaman akun usaha anda sudah sedap dipandang. Komposisi warna dan gambar harus diperhatikan baik-baik, jangan sampai ada satu gambar saja yang tidak menyatu dengan gambar lainnya.

Jika anda menggunakan website, maka anda harus menjaga kualitas desain dan performa website. Jangan sampai website sering down dan tidak bisa diakses, sebab ini dapat menimbulkan potensi hilangnya calon pelanggan.

4. Integrasi antar platform

Dunia digital marketing sangatlah luas. Jangan sampai anda hanya berfokus pada satu platform! Tidak, bukan berarti anda harus menggunakan semua platform dalam satu waktu. Namun, saya lebih menitikberatkan pada integrasi beberapa platform populer sekaligus.

Contoh jika anda memiliki situs web dan sosial media, maka anda perlu mengintegrasikan keduanya. Salah satu cara yang paling sering digunakan adalah menerbitkan teaser di sosial media dan memberikan link versi penuhnya di caption. Anda bisa melakukan riset untuk variasi dari kombinasi antar platform ini.

Digital marketing adalah metode pemasaran masa kini, jangan sampai anda tidak menguasainya!

Marketing merupakan kunci utama dalam keberhasilan suatu usaha. Sebab, bagaimana usaha anda bisa berkembang jika tidak dikenal oleh orang lain? Sekarang, anda hanya perlu menguasai bagaimana cara mengembangkan digital marketing menurut brand anda sendiri, tentunya tanpa melanggar kaidah yang ada.

Dengan digital marketing, maka anda bisa mengembangkan usaha lebih luas dan lebih tertarget, namun dengan harga yang lebih efisien. Bila perlu, anda juga bisa membuka lowongan untuk posisi digital marketing specialist untuk meyakinkan bahwa kegiatan digital marketing anda berjalan sesuai rencana.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Membongkar Kekuatan Dari Digital Marketing, Teknik Pemasaran Baru Berbasis Teknologi"