Menggunakan Domain Untuk Meningkatkan Profesionalitas Usaha

Berbicara bisnis, tentu kita berbicara tentang peluang dan profesionalitas. Di dalam bisnis, ada banyak faktor yang perlu kita perhatikan demi keberlangsungan bisnis kita. Setiap faktor selalu berkenaan dengan perkembangan, baik tren, ekonomi, sosial, politik, sampai teknologi.

Sekarang, kita akan membahas sisi teknologi untuk bisnis, dan saya akan membahas seputar domain dan pengaruhnya untuk bisnis skala kecil maupun skala besar. Sebelumnya, apakah anda sudah mengenal pengertian domain?

Menggunakan Domain Untuk Meningkatkan Profesionalitas Usaha

Apa itu domain?

Domain bisa diartikan sebagai "rumah" kita di internet. Anda tentu pernah mendengar berbagai alamat website dengan akhiran .com (seperti Google, Yahoo, sampai Blogger. Ada juga yang menggunakan akhiran .net, .org, dan sebagainya. Domain ini nantinya akan menjadi "alamat" Anda di internet.

Setiap akhiran domain memiliki fungsi sendiri-sendiri. Tapi umumnya kita bisa menggunakan akhiran .com untuk tujuan umum. 

Bagaimana cara mendapatkan domain?

Domain ini bisa anda beli di penyedia layanan sewa domain, dan yang saya gunakan adalah rumahweb karena mendukung pembayaran via virtual account BCA. Usahakan memilih nama domain yang unik, menarik, dan mempresentasikan isi situs anda, karena domain akan menjadi identitas anda di internet.

Apa Itu Domain

Lalu apa fungsi dari domain?

Sudah saya utarakan sebelumnya, bahwa domain akan menjadi alamat anda di internet. Mengingat sekarang semuanya sudah serba digital, maka anda benar-benar perlu mempertimbangkan dunia internet sebagai salah satu platform usaha anda.

Sebenarnya jika kita tilik lebih dalam lagi, kegunaan domain ini sangat banyak sekali. Dan dalam pos ini, saya akan mengulasnya satu-persatu.

Branding di Internet

Ini adalah salah satu kekuatan domain. Anda tentu sudah tahu bahwa pengguna internet di dunia semakin hari semakin meningkat. Bahkan, sekarang kita bisa mengakses internet kapan pun dan di mana pun yang kita mau, hanya dengan menggunakan smartphone. Di sinilah salah satu peluang terbesar untuk menjaring klien sebanyak-banyaknya!

Untuk itu, anda perlu melakukan branding di internet dimana anda tentu memerlukan sebuah situs guna mempresentasikan usaha anda kepada calon pelanggan. Di sinilah kegunaan utama domain. Anda bisa membuat iklan apa pun yang langsung menuju domain anda sendiri.

Memang anda bisa mendapatkannya secara otomatis dengan CMS seperti blogger yang saya gunakan. Tapi perlu anda ingat, jika anda menggunakan CMS gratisan, anda akan mendapatkan akhiran dari host yang anda gunakan (seperti .blogspot.com atau .weebly.com).

Ditambah lagi, jika anda bisa mengkreasikan nama domain yang unik, menarik, dan mudah diingat, maka peluang bisnis anda menjadi viral dan terkenal sangat lah besar.

Integrasi dengan social media

Zaman sekarang, siapa yang tidak punya akun social media? Bahkan mulai dari orang super kaya seperti Bill Gates, sampai anak-anak SD yang masih bersekolah, semua punya akun social media! Di sinilah muncul peluang untuk menjaring calon pelanggan!

Jika anda memiliki usaha seperti toko online yang menjual jasa atau barang, maka anda bisa lebih leluasa memperkenalkan bisnis anda dengan mengintegrasikan domain situs bersama dengan akun sosial media anda.

Anda bisa menampilkan sebuah landing page untuk memperkenalkan usaha anda dengan memberikan sedikit perkenalan ditambah dengan beberapa portofolio, dan bahkan anda bisa menambahkan formulir kontak untuk memancing pelanggan menghubungi anda. Dengan begitu, maka kegiatan promosi akan jauh lebih efektif bukan?

E-mail Professional

Anda pernah mendengar e-mail yang menggunakan domain sendiri (contoh : admin@google.com)? Apa yang anda pikirkan?

Menggunakan e-mail dengan domain sendiri tentu lebih menambah kesan professional, dibandingkan jika menggunakan domain pihak ketiga seperti Gmail atau Yahoo. Selain itu, bisa mencegah oknum tidak bertanggung jawab yang bisa menggunakan nama usaha anda untuk mengelabui orang lain.

Jadi, sudah siap untuk melakukan branding di internet bersama domain sendiri?
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Menggunakan Domain Untuk Meningkatkan Profesionalitas Usaha"