Mengapa Perlu SSL Dan Protokol HTTPS?

May 30, 2019
Perkembangan keamanan internet menjadi fokus utama belakangan ini. Tentu saja mengingat jumlah pengguna internet yang semakin lama semakin banyak, ditambah dengan banyak sektor yang sangat bergantung pada internet. Keamanan tentu menjadi masalah yang sangat serius, terutama jika kita membahas masalah keamanan data.

Salah satunya adalah bagaimana caranya agar data pengguna tidak sampai bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab. Dalam dunia website, saat ini sudah digalakkan sebuah protokol yang dapat mengenkripsi data pengguna secara aman. Yaitu protokol HTTPS atau Hyper Text Transfer Protocol Secure.

Mengapa Perlu SSL Dan Protokol HTTPS?

Apa untungnya menggunakan SSL HTTPS?

Dengan menggunakan protokol HTTPS, maka data pengguna akan dienkripsi dan hanya bisa dibaca oleh situs dan pengguna saja. Jika sewaktu-waktu ada peretas yang berusaha mengintip data anda di jalur internet, maka ia hanya akan mendapatkan kode-kode rumit yang sangat sulit dipecahkan.

Misalnya, jika anda memasukkan tulisan "saya tampan" maka tulisan ini hanya bisa dibaca oleh situs dan anda saja. Jika ada orang tidak bertanggung jawab berusaha mengambil data anda, maka ia mungkin akan mendapatkan kode-kode aneh seperti "AxhcgajsajTWFQ81920" atau lainnya.

Alasan perlu HTTPS

Salah satu peramban browser terbesar di dunia, Google Chrome, sangat memberikan perhatian pada situs dengan atau tanpa HTTPS. Anda bisa melihat kode "Tidak aman" jika situs masih belum dilengkapi SSL HTTPS.
Jangan pernah menggunakan situs yang tidak diawali dengan protokol HTTPS, kecuali jika situs tersebut tidak membutuhkan data pengguna.
HTTPS juga bisa digunakan sebagai parameter apakah situs tersebut asli atau palsu. Namun perlu diperhatikan bahwa SSL HTTPS bisa dibeli oleh siapapun dari perusahaan penyedia hosting.  Jadi, anda tetap harus memperhatikan nama situs dengan seksama.

Google mempertimbangkan HTTPS sebagai faktor SEO

Bagi anda yang membutuhkan pengunjung dari mesin pencari, anda wajib menggunakan HTTPS agar situs anda diprioritaskan dalam hasil pencarian. Memang, untuk blog sepertinya masih belum terlalu darurat untuk menggunakan HTTPS mengingat blog tidak menggunakan data pengunjung seperti password atau nomor kartu kredit. Tapi karena Blogger sudah menyediakan fitur HTTPS secara cuma-cuma, mengapa tidak digunakan?

Anda bisa menggunakan fitur HTTPS via menu 'setelan' di dasbor Blogger.

Pentingnya HTTPS pada dunia perbankan

HTTPS dirasa sangat penting bagi dunia perbankan. Bayangkan saja jika anda memasukkan nomor-nomor kartu kredit anda, lalu lengkap dengan PIN dan kode akses sedangkan data-data anda tidak terenkripsi. Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika data teretas. Uang anda akan lenyap seketika!

Oleh karena itu, jika anda menemukan bahwa fasilitas layanan internet banking masih belum dilengkapi SSL HTTPS, maka saya sangat menyarankan agar anda tidak menggunakan layanan itu sampai pihak bank menyediakan SSL HTTPS demi keamanan data anda.

Catatan akhir

Yang jelas, SSL HTTPS hanyalah satu dari banyak cara untuk menciptakan dunia internet yang aman dan nyaman bagi semua penggunanya. Bagi anda yang ingin mencari SSL HTTPS untuk situs anda, anda bisa mencarinya di berbagai penyedia hosting baik lokal maupun internasional.

Sebagai informasi tambahan, jika anda menggunakan HTTPS, maka anda tidak diperkenankan untuk menggunakan sumber daya (seperti foto, musik, video, dll) dari situs yang masih belum menggunakan SSL HTTPS. Jika anda tetap memaksa, maka sertifikat SSL HTTPS menjadi tidak sah.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *