Download Atau Streaming Mana yang Lebih Menghargai Pembuat?

May 12, 2016
Anda tentunya pernah mendengarkan lagu bukan? Kalau belum anda pasti orang desa daerah pedalaman suku Maya tahun 1000 SM (yang bener aja! Sudah era smartphone belum pernah dengerin lagu). Nah, sekarang ini tentunya anda juga pernah mendengar istilah streaming. Istilah streaming baik lau atau video ini jika diartikan adalah mendengarkan lagu atau menonton video secara langsung dan tanpa disimpan di drive (dinikmati saat itu juga).

Saat ini, sudah banyak cara untuk mendengarkan sebuah lagu, anda bisa memilih streaming lewat berbagai layanan seperti soundcloud, melon, atau yang lainnya. Anda juga bisa mendownloadnya lewat situs official (tentunya dengan membayar sejumlah uang) atau juga bisa lewat iTunes atau Google Play Music. Anda juga bisa membeli kaset atau VCD resminya (kalau anda ingin repot pergi ke toko CD). Atau pilihan terakhir yang murah meriah praktis, yaitu mendownload lewat situs unofficial (atau yang disebut dengan bajakan).

Streaming Atau Download?

Namun ada satu hal yang menjadi pertimbangan, yaitu apakah tingkah laku tersebut menghargai pembuat atau tidak? Kalau anda membelinya via iTunes atau toko kaset, jelas secara langsung anda membayar pembuatnya dan tentunya itu berarti anda juga menghargai pembuatnya. Namun bagaimana dengan download dan streaming?

Kalau download, sebenarnya juga tidak perlu ditanya. Anda tentunya tidak menghargai si pembuat lagu tersebut, karena tujuan mereka membuat lagu selain memuaskan para penggemar, salah satunya adalah sebagai mata pencaharian. Apabila anda mendownload lewat situs-situs tidak resmi (seperti 4sha**d), maka anda secara tidak langsung merampas dan berusaha mematikan kreativitas para pembuat lagu tersebut.

Nah, sekarang bagaimana dengan streaming? Streaming kan juga tidak lewat situs resmi dan tidak membayar? Eits, tunggu dulu! Tempat untuk mengupload lagu yang bisa di-stream seperti Soundcloud, bukan berarti anda bisa menggunakannya sesuka hati, karena lagu-lagu yang ada di Soundcloud hanya bisa didengarkan saat itu juga, begitu juga dengan layanan streaming lagu dan video (Youtube) yang lain.

Selain itu, ada juga layanan streaming yang memberikan royalti kepada orang yang mengupload karyanya di sana (seperti YouTube yang terkenal dengan AdSense-nya). Artinya, dengan kita menikmati konten yang disediakan di sana, kita juga secara tidak langsung memberikan pemasukan bagi si pencipta, karena kita menyaksikan iklan juga dan artnya ada uang yang masuk ke akun pencipta lagu atau video tersebut.

SoudCloud Promotion
Contoh Promosi di SoundCloud

Layanan streaming juga sering digunakan sebagai media promosi. Contohnya, Soundcloud memberikan pilihan untuk membeli sebuah lagu di iTunes apabila anda senang mendengarkan lagu tersebut. Anda juga bisa memberikan likes atau membagikan link streaming lagu tersebut ke orang lain yang tentunya anda juga membantu si pembuat agar lagunya lebih dikenal di seluruh penjuru dunia.

Sekarang mana yang anda pilih, sama-sama gratis, pilih streaming atau download? Tentunya anda tidak mau kalau artis pencipta lagu favorit anda berhenti berkarya hanya karena lagunya banyak dibajak bukan?

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *