Alasan Mengapa Anda Wajib Mampu Melakukan Multitasking

May 13, 2016
Saat ini, perkembangan dunia terus bergerak ke arah modernisasi yang tidak ada ujungnya. Semakin lama, setiap manusia terus dituntut agar semakin pandai, cerdas, dan kompeten dalam mengerjakan segala sesuatu.

Jaman sekarang pekerjaan apa yang tidak menuntut sebuah profesionalitas? Apalagi jika itu adalah pekerjaan yang menuntut kemampuan otak untuk menyesaikannya. Salah satu bentuk profesinalitas itu adalah kemampauan untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus atau yang disebut dengan kemampuan multitasking.

Pentingnya Kemampuan Multitasking

Mengapa kemampuan multitasking itu penting? Coba anda cek beberapa alasan di bawah ini.

Atasan anda pasti lebih senang dengan orang yang bisa mengerjakan macam-macam dalam satu waktu


Satu alasan yang paling utama jika anda adalah seorang karyawan. Seorang atasan, pasti menyukai orang yang bisa menghemat waktu dalam bekerja. Contohnya, seseorang yang bisa mengerjakan 3 laporan dalam satu waktu akan lebih disukai daripada orang yang hanya bisa mengerjakan 1 laporan. Mengapa? Jelas, waktu yang dikeluarkan akan lebih sedikit dan artinya biaya yang ada bisa digunakan untuk membiayai kegiatan lain dan ada kesempatan yang bisa digunakan untuk mengerjakan yang lain dan akhirnya banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam satu hari.

Dan tentu saja atasan anda akan lebih suka pekerja yang bisa berbagai bidang dari pada pekerja yang hanya bisa satu bidang (dengan catatan semuanya sama-sama baik, bukan serabutan).

Efisiensi waktu


Anda tentu tidak ingin ada waktu yang terbuang dalam kegiatan anda bukan? Contohnya jika anda berprofesi sebagai blogger, tentunya akan lebih efektif jika anda bisa melakukan promosi konten sambil menulis. Bayangkan saja jika anda melakukan itu satu-persatu, berapa banyak waktu yang terbuang? Padahal sambil menunggu interaksi antara konten yang dibagikan anda bisa menulis sebuah artikel baru, sangat disayangkan bukan?

Kemampuan multitasking yang baik menunjukkan kalau anda orang yang cekatan


Jelas, karena orang yang lambat bereaksi tidak akan bisa melakukan multitasking (karena hasilnya pasti berantakan). Jika anda bisa melakukan multitasking dan hasilnya baik, tentu nilai anda akan lebih daripada orang yang hanya bisa mengerjakan satu pekerjaan meskipun hasilnya sama-sama baik. Satu lagi, kemampuan anda multitasking tidak hanya sebatas pada ketahanan atau stamina saja, namun juga inisiatif untuk melakukan multitasking itu sendiri (kesadaran kalau beberapa kegiatan tersebut bisa dilakukan bersama-sama), karena ada beberapa orang yang tidak kepikiran untuk melakukan hal tersebut.

Kemampuan multitasking juga menunjukan kalau anda bisa melakukan banyak hal


Anda tidak mungkin bisa mengerjakan editing video dan lagu secara bersama-sama kalau anda tidak mengetahui kedua ilmu dari pekerjaan tersebut. Semakin banyak ilmu yang anda kuasai, tentu saja semakin banyak pekerjaan yang bisa anda lakukan dan ini menandakan kalau anda adalah orang yang punya kemauan belajar yang tinggi.

Tapi ada catatannya


Kemampuan multitasking yang dimaksud di sini bukanlah orang yang bekerja serabutan apa adanya, namun yang dimaksud adalah orang yang mahir di lebih dari satu bidang. Percuma saja anda bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu tapi hasilnya tidak optimal.

Dan orang yang bisa multitasking di sini juga harus memiliki manajemen otak yang baik, karena jika tidak hasil pekerjaannya bisa tercampur-campur. Sebenarnya, hal ini bisa dilatih sejak kecil (seperti mengerjakan beberapa pekerjaan rumah dalam satu waktu).

Sekarang bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah bisa mengetahui mana pekerjaan yang bisa dilakukan secara bersamaan? Apabila sudah, apakah anda melakukannya bersama-sama?

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *