Apa Itu Wattys, Penghargaan Tahunan Wattpad?

Suka menulis di Wattpad? Atau mungkin anda baru mencoba menulis di platform Wattpad? Ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan mempublikasikan karya di Wattpad. Bahkan, bisa dibilang dengan Wattpad anda bisa memulai karir anda sebagai penulis secara mudah!

Secara, Wattpad adalah platform menulis yang gratis dan mudah digunakan. Anda bisa menulis apapun di sana, termasuk microblog. Tapi, sekarang ini saya tidak akan membahas tentang Wattpad. Namun, Wattys!
Saya pernah membahas tentang Wattpad secara mendetail di sini : 

Apa Itu Wattys?

Wattys merupakan ajang penghargaan tahunan yang diadakan Wattpad bagi para penulis di seluruh dunia. Wattys mencari karya-karya yang inovatif, visioner, dan beragam..

Apa Itu Wattys, Penghargaan Tahunan Wattpad?

Tahun ini, Wattys diadakan tepat pada bulan Juli. Saya sendiri sudah mendaftarkan 3 cerita ke dalam Wattys 2019. Tidak peduli apakah cerita anda sudah selesai atau masih on going, anda tetap bisa mengirimkan karya anda ke dalam nominasi Wattys

Syarat Mengikuti Wattys

Tidak sulit untuk bisa mengikuti acara penghargaan ini, anda cukup memiliki karya dengan jumlah  10.000 kata atau lebih di dalam satu buku. Anda akan mendapatkan pemberitahuan jika cerita anda memenuhi syarat.

Jika anda ingin mendaftarkan karya puisi, anda hanya perlu 1.000 kata saja.

Ada 10 kategori yang diadu di dalam Wattys 2019, yaitu Fiksi Penggemar, Fantasi, Fiksi Sejarah, Horor & Paranormal, Misteri & Thriller, New Adult, Romansa, Fiksi Ilmiah, Young Adult. Jika cerita anda masuk dalam kesepuluh kategori di atas, maka anda bisa mendaftarkannya.

Satu lagi, cerita yang bisa diikutsertakan adalah cerita yang diterbitkan di antara bulan Agustus 2018 sampai Agustus 2019. Jadi, anda tidak bisa mendaftarkan karya yang diterbitkan diluar tanggal tersebut.

Bagaimana Cara Mengikuti?

Anda bisa mengeklik banner pemberitahuan yang terletak di atas daftar chapter di dalam dasbor cerita. Setelah itu, anda isikan saja detail cerita yang diminta. Jangan asal mengisi, sebab detail cerita juga digunakan sebagai bahan pertimbangan penilaian.


Setelah selesai, anda bisa mengirim formulir pendaftaran anda dan menunggu penilaian. Semua cerita yang terdaftar pada penghargaan Wattys 2019 akan mendapatkan tag berupa #wattys2019. Ayo, sebarkan cerita anda agar memperbesar peluang untuk menang!

Hadiah Wattys

Nah, bagi anda yang sudah berhasil memenangkan nominasi Wattys 2019, anda akan mendapatkan banyak privilege. Dan beberapa di antaranya adalah :
  1. Sertifikat penghargaan pemenang Wattys
  2. Promosi gratis di halaman Wattys official Wattpad
  3. Lencana spesial
  4. Dan banyak lagi
Yang cukup menarik adalah anda bisa mendapatkan kesempatan untuk menerbitkan karya. Ini tentu bisa menjadi langkah yang baik bagi anda yang berniat meniti karir di dunia kepenulisan. Jadi, anda siap untuk memenangkan Wattys 2019?

Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Apa Itu Wattys, Penghargaan Tahunan Wattpad?"