Tips Menunggu PIN AdSense dan Apa Yang Harus Dilakukan

4/30/2019
Google AdSense merupakan salah satu cara paling mudah untuk melakukan monetisasi (mendapatkan uang) dari website atau YouTube. Saking terkenalnya, Google AdSense saat ini sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna (baik penayang dan pengiklan). Google AdSense menjadi jalan yang paling sering dipilih oleh kreator untuk mendatangkan penghasilan.

Nah, salah satu syarat dari AdSense adalah verifikasi PIN (Personal Identification Number). Saat ini, AdSense benar-benar menyeleksi dan mengawasi para penayang dan pengiklan secara ketat, mengingat banyaknya perlakuan tidak pantas terhadap kebijakan program yang ditetapkan oleh Google.

Tips Menunggu PIN AdSense dan Apa Yang Harus Dilakukan

Salah satunya adalah verifikasi alamat, yang dilakukan dengan menginputkan 6 digit PIN yang dikirimkan oleh Google ke alamat terdaftar.

Apa Itu PIN AdSense?

PIN AdSense digunakan untuk memverifikasi apakah benar si penayang memiliki alamat asli, atau hanya tipu-tipu. PIN ini dibuat oleh Google dan dikirimkan dalam bentuk surat fisik. PIN akan dikirim setelah penayang mencapai 10% dari ambang batas pembayaran (sekitar 140.000 untuk kurs 1 dolar = 14.000 rupiah). PIN akan dikirimkan otomatis oleh Google tanpa perlu diminta.

Menunggu PIN AdSense

Saya sendiri sudah melakukan verifikasi PIN pada bulan Februari 2019 lalu, tepatnya pada waktu saya masih berada di kota Surabaya (sekarang Pontianak). Sekali anda melakukan verifikasi alamat, maka keabsahan penayang sudah dipercaya.

PIN AdSense
PIN AdSense
Saya tidak mendapatkan PIN itu dengan mudah, meski saya tinggal di kota besar. Saya bahkan harus menunggu sekitar 5 bulan (dari sekitar awal Oktober 2018). Ternyata ada beberapa fakta yang perlu diketahui saat anda menunggu PIN AdSense

Bagaimana Pos Memperlakukan PIN AdSense?

Saya berhasil mewawancarai customer service dan kurir dari Kantor Pos DC Surabaya Selatan (area layanan Rungkut dan sekitarnya) yang kebetulan sudah menerima training seputar surat Google. Mereka memberikan beberapa pengakuan kepada saya terkait dengan surat yang dikirimkan oleh Google dan bagaimana cara Pos Indonesia memperlakukan surat penting tersebut.

Pertama, surat Google (termasuk PIN AdSense) ternyata dikategorikan sebagai "Kiriman Prioritas". Ini artinya, begitu surat PIN AdSense datang maka pihak pos akan langsung mengantarkannya kepada penerima yang tertulis di surat tersebut.

Kedua, pihak pos akan mengirimkan beberapa kali dan surat PIN AdSense harus diterima oleh orang yang tertera di PIN tersebut. Oleh karena itu, pastikan anda menuliskan nama dan alamat dengan benar, termasuk kode pos dan nomor telepon untuk mempermudah kerja pos.

Ketiga, PIN yang gagal diantarkan (misalnya karena orangnya sudah pindah rumah atau karena alamat tak jelas) maka akan dikumpulkan di dalam laci pos DC Pusat untuk area tertentu bukan Agen Pos! khusus PIN AdSense. Jadi, kalau anda mau mengambil PIN AdSense, jangan mengambil di agen pos karena PIN-nya tidak diletakkan di sana. 

Wow! Sungguh professional kan? Ini artinya, anda tidak memerlukan waktu lama jika anda ingin mengambil PIN AdSense anda di kantor pos. Cukup katakan bahwa anda mencari surat Google sambil tunjukkan nama dan alamat domisili anda, maka petugas pos akan mengantarkan anda ke kurir yang menangani area pengiriman anda dan PIN bisa anda dapatkan jika memang sudah tiba di kantor pos tempat domisili anda.

Keempat, semua surat Google (termasuk PIN AdSense) dikirim tanpa perangko. Ini artinya, PIN AdSense tidak akan bisa di-tracking keberadaannya. Jadi, jangan sekali-kali anda menanyakan dimana lokasi PIN AdSense anda karena bahkan Google pun tidak bisa mengetahui dimana lokasi pasti PIN AdSense.

Estimasi Waktu Yang Diperlukan PIN Untuk Sampai

Estimasi datangnya PIN AdSense adalah 1 sampai 2 bulan sejak PIN dibuat dari dasbor AdSense. Tapi, kenapa ada yang bisa lebih cepat? Disini, saya juga berhasil mengetahui fakta tentang pengiriman PIN AdSense.

Google akan mengumpulkan semua surat berdasarkan kuota negara terlebih dahulu. Katakanlah Indonesia memiliki kuota sebesar 500.000 PIN setiap bulannya. Maka Google baru akan mengirimkan PIN ke Indonesia setelah kuota 500.000 PIN terpenuhi. Salah satu penyebab mengapa ada yang lebih cepat adalah karena mereka mendapatkan jatah di kuota akhir, dan artinya mereka menunggu lebih singkat daripada yang berada di kuota awal.
Catatan : Pihak pos tidak akan mau mencari PIN anda jika anda masih belum menunggu di atas 1 bulan.

Bagaimana Jika PIN Tidak Kunjung Tiba?

PIN tidak akan nyasar dan pasti akan dikirimkan segera setelah tiba di pos DC tertentu. Namun, ada kalanya kita melakukan kesalahan seperti salah menginput nama jalan atau nama penerima. Anda bisa melakukan pengeditan di halaman pengiriman PIN (anda bisa edit semuanya, termasuk nama penerima).

Setiap penayang diberikan batas maksimum meminta PIN sebanyak 3 kali dengan jarak setiap 1 bulan. Gunakan ini dengan bijak. Anggap setiap kali anda meminta PIN adalah kali terakhir anda meminta PIN. 
Jangan menghabiskan jatah meminta PIN jika anda belum memastikan bahwa PIN sebelumnya memang bermasalah!
Setiap PIN yang diminta oleh penayang adalah duplikat dari PIN yang dikirim Google pertama kali. Artinya, tidak peduli mana PIN yang tiba terlebih dahulu maka isi dari PIN tetap sama dan bisa digunakan.

Catatan Tambahan

Saya pernah mendapatkan pengalaman menarik, yaitu ketika meminta verifikasi Google Bisnis. Waktu itu, alamat saya masuk ke dalam area pengembangan baru yang tidak begitu familiar. Dan tahu apa yang terjadi? Pos mengirimkan surat tersebut lewat kurir JNE!

Google Bisnis Verifikasi
Surat Google Yang Dikirim Via JNE
Jadi, anda tidak perlu khawatir kalau surat Google tidak sampai pada anda! Terus bersabar dan berusaha! Salam dari admin tercinta.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *