Menggunakan Google Keep Sebagai Media Pencatatan Portabel

4/29/2019
Google Keep merupakan alat untuk menyimpan catatan kecil dan bisa tersinkronisasi dengan perangkat lain secara seamless atau tanpa perlu aksi tambahan. Cukup dengan satu akun Google, maka anda bisa menggunakan Google Keep di semua perangkat apapun.

Google Keep bisa menjawab kebutuhan pencatatan anda secara mudah dan cepat. Saya sendiri sering menggunakan Google Keep untuk menghubungkan komputer dengan ponsel saya, biasanya saya menggunakan Google Keep sebagai perantara untuk menampung caption foto Instagram saya di Feichangzhidao, karena saya merasa lebih mudah mengetik di komputer dan laptop daripada di ponsel yang kecil

Menggunakan Google Keep Sebagai Media Pencatatan Portabel

Cara menggunakan Google Keep

Anda tidak perlu mengunduh aplikasi Google Keep di Komputer dan cukup mengunjungi laman resminya di keep.google.com setelah itu anda sudah bisa langsung mengetik dan menyimpan catatan mini anda.

Sedangkan untuk ponsel, ada baiknya anda mengunduh aplikasinya via Play Store. Ini karena jika anda mengakses Google Keep via browser ponsel, maka tampilan dan User Experience-nya agak kurang kalau menurut saya. Pada ponsel entry level, mungkin anda akan mengalami lag dan macet karena situsnya cukup berat.

Tampilan Google Keep Desktop
Tampilan Google Keep Desktop

Google Keep akan menyimpan catatan secara otomatis setiap beberapa detik, sehingga anda tidak perlu khawatir kalau catatan anda akan hilang jika terjadi hal yang di luar kendali (seperti konslet atau error). Namun, anda harus terhubung internet untuk menggunakan fitur ini. Pastikan internet tetap aktif saat menggunakan Google Keep,

Mulai bekerja dengan Google Keep

Anda cukup membuat catatan baru. Catatan bisa berbentuk mini notes atau checklist. Tampilannya sendiri sangat user friendly, dan jika anda sudah menggunakan salah satu Google Keep baik via ponsel atau komputer, maka anda tidak akan kesulitan untuk menggunakan Google Keep di platform lainnya.

Anda juga bisa mengumpulkan catatan berdasarkan label untuk mempermudah pengarsipan. Saya sendiri masih tidak terlalu sering menggunakan label, mengingat catatan saya tidak terlalu banyak. Namun, saya pernah menggunakannya saat saya masih bekerja sebagai agen properti (salah satunya untuk mengelompokkan listing berdasarkan daerah).

Ada beberapa fitur menarik dari Google Keep ini, yaitu anda bisa merubah latar dari catatan menjadi berwarna warni. Cukup membantu jika anda memiliki catatan dengan prioritas tinggi, namun sebaiknya anda jangan mewarnai semua catatan anda karena akan membingungkan anda di kemudian hari.

Anda juga bisa menambahkan gambar pada catatan dengan menekan tombol tambahkan gambar.

Anda bisa sewaktu-waktu mengambil catatan dari perangkat lain. Cukup lakukan copy dan paste di tempat yang diinginkan. Oh ya, anda juga bisa membuat pengingat dari Google Keep dan pengingat ini akan tersinkronisasi ke semua perangkat secara langsung selama anda memiliki koneksi internet dan terhubung dengan akun Google yang sama.

Tertarik untuk menggunakan?

A person who loved to learn and share
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *