Mengenal Nomor CVC Pada Kartu Bank

Anda mungkin pernah memperhatikan kartu bank anda bukan? Baik itu kartu kredit maupun kartu debit. Jika anda lihat, ada banyak sekali angka di sana. Salah satunya adalah CVC atau Card Verification Code. Nomor ini terletak di balik kartu anda.

Apa itu Kode CVC Kartu?

CVC merupakan 3 digit kode keamanan tambahan sebagai salah satu syarat untuk mengotorisasi transaksi. CVC hanya dibutuhkan pada transaksi online, dan sejauh ini baru kartu Visa dan MasterCard saja yang memiliki fitur CVC.

Mengenal Nomor CVC Pada Kartu Bank

Fitur ini sebenarnya sudah hadir sejak tahun 1997, jaman dimana transaksi online masih belum segempar sekarang. Kode ini diciptakan sebagai tidakan preventif terhadap kasus kriminal kartu kredit dan debit yang sering terjadi.

Bagaimana memperlakukan kode CVC?

Kode CVC kartu bersifat rahasia. Artinya, kode ini tidak boleh diketahui oleh orang lain yang tidak berhak atas kartu anda.

Kode CVC bisa anda temukan di bagian belakang kartu. Tepatnya di sebelah tanda tangan pemilik dan nomor ini tidak tercetak timbul. Anda wajib memasukkan kode CVC pada setiap transaksi online yang anda lakukan. Dan jika kode CVC anda salah, maka transaksi akan ditolak dan kartu bisa diblokir!

Perbedaan CVC dengan PIN?

CVC berbeda dengan nomor PIN. Nomor PIN hanya digunakan untuk penarikan tunai di ATM atau saat anda membayar transaksi dengan EDC (Electronic Data Capture).
Ingat! Jangan menginput nomor PIN ke dalam kolom CVC!

Informasi tambahan

CVC bisa juga disebut sebagai CVV, CID, atau lainnya. Seiring berkembangnya waktu, kode CVC pada kartu yang lebih canggih bisa diperbarui setiap jam (anda mungkin memerlukan nomor handphone atau alamat e-mail untuk menerima kode CVC dinamis tersebut). Namun, mengingat teknologi tersebut masih belum diimplementasikan secara menyeluruh, maka kode CVC biasa masih banyak digunakan.

Akhir kata, pastikan anda menjaga kerahasiaan kartu anda dan tentu saja untuk selalu membayar tagihan tepat waktu untuk menghindari denda dan bunga. 
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Mengenal Nomor CVC Pada Kartu Bank"