Asuransi Jadi Ladang Paling Legit Untuk Money Laundry?

12/13/2018
Money Laundry adalah salah satu tindak pidana yang mengaburkan atau menggelapkan uang hasil kriminal ke sektor-sektor tertentu. Misalnya, uang hasil korupsi dihilangkan jejak korupsinya dengan dimasukkan ke investasi properti.

Berbagai peraturan undang-undang telah disiapkan untuk menangkal money laundry, dan salah satunya adalah wajib melaporkan semua aset yang dimiliki ke dalam Surat Pajak Tahunan (SPT). Namun, tetap saja ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh para oknum.

Asuransi Jadi Ladang Paling Legit Untuk Money Laundry?

Salah satunya adalah asuransi. Asuransi menjadi ladang paling bagus untuk melakukan money laundry. Meskipun memang pihak agen asuransi sudah mencoba mengantisipasi dengan form KYC (Know Your Costumer) atau wawancara langsung, tetap saja ada kebobolan.

Mengapa asuransi sering digunakan sebagai media money laundry?

Tentu saja karena asuransi bukan termasuk aset yang bisa dimasukkan ke dalam Surat Pajak Tahunan karena manfaatnya baru bisa dinikmati jika terjadi kerugian finansial. Tidak ada batasan investasi berapapun dalam asuransi. Artinya, setiap orang boleh menginvestasikan uangnya sampai titik tidak terbatas.

Berbeda dengan investasi umumnya yang memerlukan NPWP dari calon nasabah, Asuransi tidak memerlukan semua itu. Bahkan persyaratan untuk masuk asuransi, hanyalah form polis, KTP, dan KK. Kemudahan ini yang kemudian menjadi alasan mengapa asuransi menjadiladang modey laundry paling wahid.

Antisipasi

Semua agen asuransi wajib lulus dalam training KYC (Know Your Customer) dan money laundry sebagai tindakan antisipasi terhadap kriminalitas ini. Agen yang turut serta membantu oknum dalam melakukan tindakan kriminal money laundry, juga akan terjerat pasal yang sama dengan pelaku.

Selain itu, pihak underwriter juga akan melihat bagaimana form polis diisi, terutama rasio pembelian premi dengan pendapatan bulanan calon nasabah. Jika dirasa tidak masuk akal, maka ada kemungkinan form akan ditolak.

Jadi, bagi anda para agen asuransi pastikan anda sudah mengenal baik atau setidaknya mengetahui asal dana yang ditanamkan ke dalam asuransi yang akan dibeli. Atau demi amannya, selalu lapor dan koordinasikan setiap polis yang terjual ke pihak agensi untuk menghindari jebakan money laundry.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *