Profesi Baru Generasi Milenial

Kalau kita berbicara tentang profesi, tentu yang terbesit di benak adalah Guru, pilot, karyawan swasta, PNS, nelayan, dan banyak lagi. Yah, tidak salah sih tapi ternyata perkembangan jaman juga mempengaruhi perkembangan profesi loh! Tidak percaya?

Anda tentu sudah melihat berbagai fenomena seperti Jess No Limit dengan kemampuan gamingnya, Awkarin dengan akun Instagram fenomenalnya, Atta Halilintar dengan channel YouTubenya, dan banyak lagi. Terlihat bukan kalau perkembangan jaman mempengaruhi perkembangan profesi baru?

Profesi Baru Generasi Milenial

Ya, berikut beberapa profesi baru yang terbuka bagi generasi milenial jaman now apa saja itu?

1. YouTuber (kreator YouTube)

Ada banyak sekali kreator YouTube yang berhasil mendapatkan penghasilan fantastis. Mulai dari yang menggunakan personal branding seperti Raditya Dika dan Atta Halilintar atau yang menggunakan brand khusus seperti Calon Sarjana.

Tapi ada yang perlu diingat, jangan pernah membuat channel YouTube yang berisi konten copasan. Selain karena rawan banned, anda juga tidak mungkin menjadi kreator besar karena akan panen hujatan terutama dari kreator yang anda ambil kontennya

2. Influencer

Influencer banyak menjamur di Instagram. Influencer bekerja dengan mencari followers sebanyak-banyaknya (entah dari foto, kisah pribadi, atau pun kreasi lainnya). Dimana ketika followers-nya sudah sangat banyak maka bisa berkesempatan untuk mendapatkan kontrak iklan berbayar maupun kerja sama.

Banyak Influencer yang berhasil mendapatkan uang dari sosial media (terutama Instagram). Perlu diingat, setiap Influencer dituntut untuk menciptakan karya unik yang mengundang like dan pengunjung sosial media. Terkadang, kemampuan menciptakan sensasi juga bisa digunakan untuk mendapatkan popularitas

3. Gamer

Jaman dulu, bermain game diidentikan dengan menghabiskan uang dan waktu. Banyak orang tua yang kemudian melarang anaknya bermain game karena beresiko pada kompetensi sekolah. Yah, memang tidak salah sih.

Namun, sekarang game ternyata bisa dijadikan ladang profesi. Salah satu YouTuber Swedia, PewDiePie bahkan menjadi channel YouTube terbesar di dunia karena konten gamenya!

Mencari uang via game bisa dengan cara menjual item in-game atau pun dengan kemampuan yang tinggi dan memenangkan turnamen. Perlu diingat, diperlukan skill gaming yang tinggi dan jangan harap dapat menghasilkan uang dari game dengan skill pas pasan

4. Konten Creator

Sebelumnya, menjadi seorang kreator konten butuh jaringan luas dan modal yang tidak sedikit. Namun, sekarang membuat konten bisa hanya dengan memanfaatkan media sosial atau blog!

Bisa dengan konten berupa pengetahuan, humor (termasuk shitpost), sampai komik. Namun, lagi-lagi ada yang perlu diperhatikan yaitu jangan membuat konten plagiarisme dan konten SARA, dan selalu ikuti panduan komunitas yang dibuat oleh media tempat anda membuat konten. Sudah banyak kreator abal-abal yang dibanned karena melanggar panduan komunitas ataupun membuat konten sensitif.

Perkembangan dunia kerja sekarang semakin dinamis. Namun, apapun profesinya yang terpenting adalah konsistensi dan totalitas.
Dwinandha Legawa
Dwinandha Legawa Author blog yang lagi sibuk berkelana. Temukan saya di LinkedIn:

Post a Comment for "Profesi Baru Generasi Milenial"