Mengenal Apa Itu RHK (Ruang Henti Khusus)

November 04, 2018
Perkembangan dunia lalu lintas terus menerus dibenahi setiap hari. Dilansir dari data kepolisian angka kecelakaan tahun 2018 turun sebesar 28 persen dibandingkan dengan tahun 2017. Tentu ini sebuah pencapaian yang cukup baik.

Berbagai macam simbol dan tanda lalu lintas terus diciptakan. Mulai dari zebra cross hingga Yellow Box Junction, sampai yang terbaru yaitu RHK atau Ruang Henti Khusus.

Apa Itu RHK (Ruang Henti Khusus)?

RHK atau Ruang Henti Khusus adalah daerah khusus untuk sepeda motor saat menunggu lampu merah di persimpangan. Konsep ini pertama kali digunakan di kota Bandung.

Apa latar belakang diciptakannya Ruang Henti Khusus? Anda tentu sering menemui sepeda motor yang selalu ingin berada di posisi terdepan saat di persimpangan. Saya sendiri sebenarnya juga paham, karena pengendara sepeda motor tidak mau menunggu jalannya roda empat yang memakan waktu beberapa menit. Belum kalau antriannya panjang.

Mengenal Apa Itu RHK (Ruang Henti Khusus)

Tanpa adanya RHK, maka lalu lintas di persimpangan akan kacau karena posisi kendaraan selang seling antara roda dua dan roda empat. Oleh karena itu, pemerintah kemudian mengimplementasikan RHK di persimpangan-persimpangan utama di jalan kota.

Dengan adanya RHK, maka roda dua bisa leluasa berhenti di posisi terdepan tanpa harus selang seling dengan kendaraan roda empat, karena roda empat dilarang berhenti di daerah RHK.

RHK juga berguna untuk mengurai kemacetan karena imbas volume kendaraan roda empat. Dengan posisi roda dua di depan, maka roda empat akan memerlukan sedikit waktu tambahan sebelum melewati persimpangan, ini akan memberikan waktu ekstra untuk persimpangan lain agar bisa menyelesaikan perjalanannya.

Ide ini memang bagus, namun sayangnya \implementasi RHK memang masih belum merata seluruh Indonesia. Hanya beberapa kota di Jawa Barat saja yang sudah menerapkan RHK, bahkan Surabaya pun masih belum ada persimpangan yang dilengkapi dengan RHK sehingga masih banyak kendaraan selang seling dan semrawut saat di persimpangan.

Sebagai tambahan, RHK bukan untuk tempat parkir! Anda dilarang memarkirkan sepeda motor anda di RHK. Selalu taati peraturan lalu lintas. ingat bahwa keselamatan adalah yang utama.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *