Asal Usul "P" Di Chatroom

November 17, 2018
Ada yang pernah merasa sebal karena mendapatkan huruf "P" saat chatting? Ternyata huruf "P" ini ada asal usulnya lho!

Sebelum itu, mari kita kembali ke masa-masa lampau saat smartphone android masih belum terlalu beken seperti akhir-akhir ini. Sebelum android menjamur, ponsel yang paling banyak digunakan adalah Blackberry dan Nokia Symbian Series. Satu hal yang perlu diingat, jaman dulu masih belum ada ponsel canggih dengan harga miring seperti sekarang.

Karena tidak ada harga miring, maka hanya tidak semua orang memiliki ponsel dengan fitur yang powerfull seperti sekarang. Nah, pada jaman dulu hanya ada satu sosial messaging yang cukup populer yaitu BBM atau Black Berry Messenger.

Asal Usul "P" Di Chatroom

BBM memberikan segudang fitur yang mempermudah pengguna untuk berkomunikasi. Saya masih ingat pada tahun 2010, orang akan kelihatan keren jika sudah memegang ponsel BB atau Black Berry ini. Dengan BBM, maka setiap orang bisa menikmati chatting gratis dimana pun dan kapan pun.

Nah, dari BBM inilah asal usul "P" ini muncul. Seperti yang kita ketahui, hanya BBM yang memiliki fitur "PING!!" untuk memanggil lawan bicara yang tidak kunjung membalas. Fitur PING ini ternyata bisa diakses lewat shortcut keyboard Black Berry hanya dengan mengetikkan huruf "P" saja. Setelah huruf "P" diketik, maka PING otomatis terkirim.

Sayangnya fitur ini tidak ada di android, sehingga kebiasaan orang-orang di BBM malah terbawa ke ranah android. Dengan mengirim "P" di chatroom malah terkesan tidak sopan, karena huruf "P" ini tidak memiliki arti apa-apa (mengingat tidak adanya fitur PING di aplikasi chatting selain BBM).

Berbeda dengan jaman dulu, kita mengirimkan "P" untuk memanggil seseorang dengan PING. Jika mengirim "P" dengan WhatsApp atau Instagram Direct Message (DM) yang tidak dirubah menjadi PING, ya jelas tidak ada artinya dong.

Mengapa mendarah daging?

Karena fitur PING di BBM dianggap sangat inovatif dan membantu. Saya sendiri juga sering menerima PING dari teman ketika sedang chatting. Saking terkenalnya BBM, maka kebiasaan "P' ini masih terbawa bahkan setelah redupnya BBM di android saat ini.

Namun, ternyata tidak ada lagi vendor social messaging yang menyediakan fitur PING. Karena dinilai dapat mengganggu kenyamanan lawan bicara yang menerima pesan ini.

Jangan lagi pakai "P" ya! Apalagi kalau sedang berbicara dengan orang tua, dosen, atau atasan. Bisa bisa anda langsung dipecat atau terkena SP (surat peringatan), hehe.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *