Apa Sih IHSG Itu?

November 16, 2018
Mungkin anda sering mendengar istilah IHSG di berita-berita. Terutama berita bisnis. IHSG merupakan singkatan dari Indeks Harga Saham Gabungan dan merupakan perimeter yang penting untuk investor asing maupun lokal yang ingin menginvestasikan modalnya di Indonesia.

IHSG menggunakan semua jenis saham dan emiten yang ada di Indonesia. Artinya, angka di IHSG menunjukkan jumlah rata-rata harga semua saham yang terdaftar dalam listing BEI (Bursa Efek Indonesia).

Namun, harga IHSG nampaknya masih didominasi oleh saham-saham yang harganya tinggi. Hal ini terlihat ketika harga IHSG turun, tidak semua saham yang terdaftar di listing turun dan terutama saham-saham yang harganya hanya puluhan sampai ratusan (karena tidak memiliki efek yang besar). Sehingga IHSG sepertinya masih terlalu umum untuk melihat kondisi ekonomi Indonesia secara luas.

Apa Sih IHSG Itu?

Fungsi IHSG

IHSG biasanya digunakan oleh para investor untuk melihat bagaimana performa saham-saham yang mereka pegang dibandingkan dengan pergerakan saham lainnya. Contohnya, jika harga suatu saham naik, sedangkan IHSGnya sedang turun maka performa saham tersebut sedang baik dibandingkan dengan saham-saham lainnya secara global, dan begitu juga sebaliknya.

Pergerakan IHSG Indonesia ternyata cukup sensitif. Setiap isu yang berkembang di Indonesia bisa mempengaruhi pergerakan IHSG. Mulai dari isu Politik hingga kecelakaan transporasi.

Pergerakan IHSG akan dicatat ketika pasar buka (jam 9 pagi) dan ketika pasar tutup (jam 4 sore). Harga IHSG bisa dengan mudah dicek di aplikasi trading smartphone atau di Google.
Catatan : Jika IHSG naik, belum tentu semua harga saham yang terdaftar ikut naik dan begitu juga sebaliknya. Mengingat IHSG adalah harga rata-rata untuk semua daftar saham yang terdaftar di BEI
Nominal IHSG didapatkan dari menjumlah semua harga saham terdaftar dan membagi jumlah tersebut dengan total saham 

Produk yang terkait dengan IHSG

Banyak penawaran reksa dana IHSG yang ada di berbagai lembaga keuangan. Jika anda mengikuti program investasi IHSG, maka uang yang anda setorkan akan digunakan untuk diinvestasikan ke saham yang terdaftar dalam IHSG. Pastikan anda sudah memahami produk yang ditawarkan sebelum melakukan investasi.

Selain Indeks IHSG, masih ada macam-macam Indeks saham lain. Contohnya : Indeks LQ45, JII )Jakarta Islamic Index, yang mendaftar daftar harga saham usaha Syariah), KOMPAS100, dan lain-lain.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *