Lebih Mudah Membuat Situs Dengan CMS (Content Management System)

November 15, 2018
Membuat website sepertinya masih identik dengan coding. Padahal, ada banyak cara membuat situs website professional tanpa perlu keahlian coding tingkat tinggi. Beberapa diantaranya adalah Blogger dan Wordpress. Kedua tools ini cukup populer di kalangan web builder.

Apa sih CMS itu?

Seperti namanya, CMS adalah sistem manajemen konten berbasis Graphic User Interface. Pada jaman dulu, jika seseorang ingin membuat sebuah website, maka mutlak wajib menguasai semua code dan teknik logika coding yang ada.

Tentu anda pernah belajar cara membuat website sederhana dengan Notepad bukan? Ya, pelajaran membuat website dengan Notepad adalah cara jadul untuk membuat website dimana si pembuat wajib memahami semua code dalam bahasa HTML (Hyper Text Markup Language). Salah sedikit saja, maka situs tidak bisa berjalan.

Karena coding menggunakan Text User Interface, maka pembuat website tidak bisa melihat hasil websitenya secara langsung tanpa menyimpannya ke format HTML terlebih dahulu. Belum lagi kalau ada code yang salah, maka tidak bisa dicek dan diperbaiki secara langsung tanpa menerka-nerka bagian code mana yang salah. Ini jelas sangat rumit dan memakan waktu.

Munculnya sistem CMS membuat pekerjaan membuat website menjadi mudah dan menyenangkan. Contohnya adalah situs ini, yang dibuat dan dikelola menggunakan CMS Blogger yang cukup mudah dan ringan. Bahkan sudah banyak anak SMP dan SMA yang membuat blog tanpa menguasai ilmu HTML secara mendalam.

Dengan menggunakan sistem Graphical User Interface, maka akan sangat jauh lebih mudah dalam membuat website. Anda bisa langsung melihat dan mengedit website layaknya mengedit gambar. Tinggal klik dan geser maka pengaturan akan mengikuti keinginan pengguna.

Kekurangan CMS

Sayangnya meskipun praktis, masih sangat banyak kekurangan dari CMS. Beberapa CMS ternyata masih mewajibkan pengguna untuk menguasai code HTML (meskipun secara singkat saja) karena beberapa bagiannya masih harus menggunakan edit kode.

Lebih Mudah Membuat Situs Dengan CMS (Content Management System)

Blogger contohnya, jika anda ingin mengedit website anda lebih dalam maka wajib membuka struktur website yang terdiri dari kode-kode rumit yang salah sedikit saja maka akan membuat website tidak bekerja. Maka, perlu update dan inovasi lebih lanjut lagi dari pengembang aplikasi CMS.

Nah, dengan segala kemudahan ini maka tidak ada lagi alasan bagi usaha anda untuk tidak memiliki situs pribadi.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *