Berkenalan Dengan Aplikasi Kontak Terintegrasi: Google Contact

September 30, 2018
Kebutuhan professional tentu tidak lepas dari kemampuan integrasi aplikasi antar perangkat. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan bisnis semakin berkembang dan membutuhkan dukungan integrasi yang lebih untuk penyimpanan data penting, salah satunya adalah kontak dari pelanggan setia.

Namun, apakah anda sudah yakin jika setiap kontak di ponsel anda telah ter-backup dengan baik? Anda tentu tidak akan tahu kapan ponsel anda harus diganti atau terjadi error sistem secara tiba-tiba yang membutuhkan proses reset pabrik. Dan tentu saja apabila anda memerlukan ponsel baru apakah kontak dari ponsel lama sudah secara otomatis pindah ke ponsel baru? Awas, salah-salah malah data kontak anda hilang sebagian atau bahkan seluruhnya karena tidak di-backup dengan baik!

Google sebagai salah satu vendor sistem operasi ponsel nomor satu di dunia saat ini, ternyata juga memberikan kemudahan untuk backup kontak bagi pengguna android lho! Anda bisa menemukan aplikasi besutan Google bernama "Google Contacts".

Google Contacts
Google Contacts Diakses lewat Komputer Windows

Tampilan Google Contacts pun tidak jauh berbeda dengan aplikasi kontak default pada kebanyakan vendor smartphone. Sangat disarankan untuk menetapkan aplikasi Google Contacts sebagai aplikasi manajemen kontak default untuk meyakinkan setiap kontak yang disimpan selalu terbackup di akun Google.

Aplikasi Google Contacts akan secara otomatis melakukan backup secara berkala untuk setiap kontak yang disimpan di setiap perangkat yang sudah terinstall aplikasi ini. Apabila ada kontak yang kembar, maka aplikasi akan memberikan saran untuk melakukan penggabungan (merge).

Dengan adanya aplikasi Google Contacts ini, maka anda tidak perlu bingung apabila akan melakukan pergantian perangkat atau perangkat yang digunakan sewaktu-waktu rusak/error. Google contacts juga bisa diakses lewat komputer atau perangkat non-Android. Jadi, data kontak tetap aman meski menggunakan perangkat iOS.

Detail daftar kontak setiap perangkat pun sudah didaftar secara otomatis per akun oleh aplikasi ini. Anda bisa mengaksesnya di menu Settings - Restore untuk melihat daftar kontak yang telah terbackup dan waktu backup terakhir.

Tentu saja anda memerlukan akun Google untuk menggunakan aplikasi ini. Sebagai tambahan, satu akun Google bisa untuk semua aplikasi dan perangkat, jadi anda tidak perlu membuat banyak akun.

Meskipun sudah terbackup secara otomatis, namun anda tetap disarankan untuk membuat backup manual di kartu SD atau memori tambahan lainnya. Anda bisa melakukan backup manual lewat aplikasi kontak default yang ada di ponsel (dalam bentuk file .VCF) dan menyimpannya ke memori eksternal. Oh ya, file .VCF ini juga bisa sewaktu-waktu dibuka atau dipulihkan ke aplikasi Google Contact tanpa masalah.

Professional One Stop Property Advisor And Expert.
Your trusted financial planner and consultant
Owner of xinfczd.com

"Keep Calm And Tranquill Settlement"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

No spam please! Be a good netizen. Komentar dengan link aktif akan dihapus oleh admin blog. EmoticonEmoticon

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *